5 Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal Paling Efektif

By Categories : Penyakit

Cara mencegah keputihan tidak normal – Banyak yang mengatakan jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik menjaga diri agar tidak terkena penyakit dibandingkan dengan mengobati tubuh yang terkena penyakit. Mengobati lebih sulit dibandingkan dengan mencegah, dimana mencegah hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Beberapa penyakit yang ada saat ini disebabkan oleh pola makan dan pola hidup kurang sehat seperti mengkonsumsi junk food, makanan instan dan lain-lain. Selain itu wanita yang kurang menjaga kebersihan dirinya rentan sekali mengalami berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit yang berhubungan dengan organ intim seperti keputihan.

Mencegah keputihan tidak normal lebih baik dilakukan karena kasus wanita yang pernah mengalami keputihan tidak normal, dia akan mudah sekali untuk terkena penyakit menular seksual dan meski sudah dinyatakan sembuh nantinya keputihan itu bisa datang kembali. Oleh sebab itulah mengapa pencegahan keputihan ini penting dilakukan. Berikut ini adalah cara mencegah keputihan tidak normal yang penting untuk dilakukan wanita:

Hindari Menggunakan Celana Jeans yang Ketat

dilarang menggunakan jeans

dilarang menggunakan jeans

Menggunakan celana jeans dengan model skinny jeans yang ketat sangat tidak dianjurkan bagi wanita. Boleh saja menggunakan celana jeans namun hindari ketat pada bagian pinggang, paha dan betis. Usahakan menggunakan jeans yang longgar. Selain bisa menyebabkan keputihan tidak normal, skinny jeans yang ketat pada bagian betis bisa menyebabkan saraf betis menjadi terselip atau terjepit sehingga dibutuhkan operasi untuk mengatasinya.

Celana Dalam Katun

celana dalam katun

celana dalam katun

Cara mencegah keputihan tidak normal yang patut diperhatikan wanita adalah menggunakan celana dalam katun. Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan celana dalam yang terbuat dari nilon dan bahan lainnya, namun celana dalam yang terbuat dari bahan katun ini lebih banyak menyerap keringat. Selain itu sirkulasi udara di area kewanitaan menjadi lebih lancar berbeda dengan celana dalam bahan lainnya yang bisa membuat kulit dan organ kewanitaan menjadi lebih lembap.

Hindari Menggunakan Pantyliner

jangan gunakan Pantyliner

jangan gunakan Pantyliner

Memang pantyliner disebut-sebut bermanfaat digunakan saat keputihan. Namun kenyataannya penggunaan pantyliner dalam waktu yang lama bisa menyebabkan bakteri berkembang biak di dalam organ intim wanita. Hal itu dikarenakan kondisi organ intim saat menggunakan pantyliner menjadi lebih lembap. Kondisi tersebut bisa membuat bakteri dan jamur bebas berkembang biak di pantyliner tersebut. Rajin-rajinlah mengganti pantyliner selama dua jam sekali atau jika memang sudah tidak nyaman segera ganti pantyliner tersebut. Hindari menggunakan pantyliner yang mengandung parfum sebab bisa memicu iritasi bagi wanita dengan kulit yang sensitif.

Hindari Pemakaian Sabun Kewanitaan

Saat ini sedang gencar-gencarnya iklan sabun kewanitaan dimana bisa membuat organ kewanitaan menjadi lebih kesat dan lain-lain. Mendengar dan melihat iklan tersebut membuat wanita seperti terkena angin surga sebab siapa sih wanita yang tidak ingin memiliki organ intim yang kesat dan seperti yang di iklankan.

sabun miss v

sabun miss v

Tahukah jika pemakaian sabun kewanitaan tersebut tidak dianjurkan bagi kesehatan organ intim wanita?, alasannya simpel saja karena selain mematikan bakteri jahat, bakteri baik pada organ intim juga akan ikut mati. Bakteri baik menjadi mati karena pH sabun wanita dengan pH  organ intim menjadi berbeda. Bakteri baik tidak bisa hidup di area yang pH nya sudah tidak sesuai lagi akibat pemakaian sabun tersebut. Saat bakteri baik mati maka berbagai macam masalah kewanitaan akan muncul salah satunya keputihan.

Hindari Cara Cebok yang Salah

Cara mencegah keputihan tidak normal lainnya adalah dengan cebok dengan cara yang benar. Cara cebok yang benar adalah dari  depan ke belakang atau dari vagina diarahkan ke dubur. Hal itu dikarenakan jika terbalik, bakteri yang ada pada dubur justru masuk ke vagina dan bisa menyebabkan keputihan.

Memang terlihat sepele, namun jika wanita tahu bagaimana caranya merawat organ intimnya dengan benar wanita akan terhindar dari keputihan. Semoga informasi tentang cara mencegah keputihan tidak normal yang telah dijelaskan diatas bermanfaat khususnya bagi wanita.

mencegah keputihan -