5 Cara Merawat Kuku dengan Bahan Alami

By Categories : Manfaat

Wanita harus tahu bagaimana cara merawat kuku sebab bisa penunjang penampilannya. Kuku mencerminkan kepribadian wanita tersebut. Kuku yang kotor dan tidak sehat menjadi tanda bahwa wanita tersebut malas untuk merawat diri. Merawat kukunya saja malas, apalagi merawat dirinya sendiri. Oleh sebab itulah wanita sangat dianjurkan untuk memperhatikan kukunya dengan baik. Merawat kuku tidak hanya dengan cara manicure pedicure saja, namun ada beberapa cara alami yang murah meriah dan tidak menguras kantong. Jangan jadikan budget sebagai alasan untuk tidak merawat kuku. Simak cara merawat kuku yang penting untuk diketahui wanita berikut ini:

Bawang Putih

bawang-putih untuk merawat kuku

bawang-putih untuk merawat kuku

Bumbu dapur satu ini berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit, selain bisa digunakan untuk mengatasi infeksi bawang putih juga bisa digunakan untuk merawat dan menyehatkan kuku. Kuku yang rapuh pun bisa diatasi menggunakan bawang putih ini. Caranya sangat mudah sekali, ambil satu siung bawang putih kemudian belah siung tersebut menjadi dua bagian. Gosokkanlah bawang putih tersebut ke permukaan kuku, sari dari bawang putih akan keluar melapisi kuku. Diamkanlah selama 30 menit lamanya kemudian cuci tangan menggunakan sabun agar aroma bawang putih hilang.

Minyak Zaitun

minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya berguna untuk mengatasi masalah kesehatan namun juga bisa digunakan sebagai cara merawat kuku. Kuku yang diberikan minyak zaitun akan terjaga kelembabannya sehingga kuku akan terlihat lebih berseri dibandingkan sebelumnya. Caranya adalah campurkan sebanyak satu sendok minyak zaitun dengan lemon yang sudah diperas. Aduk agar kedua bahan tersebut bisa tercampur secara merata. Yang harus diperhatikan di sini adalah wanita tidak hanya mengoleskannya, namun juga harus melakukan massage kuku. Pijitlah kuku secara perlahan selama 5 menit lamanya.

Madu

madu merawat kuku

madu merawat kuku

Madu merupakan bahan herbal yang berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain bisa memerahkan bibir, madu ini berguna untuk merawat kuku dan menjadikannya lebih sehat dibandingkan sebelumnya. Kandungan dalam madu seperti protein, asam amino, enzim, mineral dan asam organik dipercaya bisa menjaga kesehatan kuku. Cara merawat kuku dengan madu ini sangat mudah sekali, wanita hanya perlu menyiapkan madu lebah asli kemudian oleskan pada kukunya, pijat selama 5 menit kemudian didiamkan selama 15 menit. Bilas menggunakan air dan lakukan secara teratur tiga kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan bahan herbal satu ini?, lidah buaya merupakan tanaman yang sangat multifungsi. Selain bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan, kini lidah buaya banyak diolah untuk bahan makanan. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan adalah bisa digunakan untuk menyehatkan dan merawat kuku. Vitamin yang ada pada lidah buaya ini bisa digunakan mengkilapkan kuku. Caranya adalah cukup dengan menggunakan gel lidah buaya tersebut untuk menggosok permukaan kuku. Melakukannya secara rutin selama seminggu sudah akan memberikan hasil signifikan pada kuku.

Jeruk Nipis

Tidak hanya lemon saja yang bisa digunakan untuk merawat dan menyehatkan kuku, jeruk nipis pun bisa digunakan untuk merawat kuku. Harga jeruk nipis lebih murah meriah dibandingkan harga lemon sehingga cocok bagi wanita yang ingin merawat kuku dengan biaya yang minim. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis tersebut dipercaya bisa mencerahkan kuku dan menghindarkannya dari kekusaman. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam setengah gelas air hangat. Rendam kuku selama 10 menit, kemudian keringkan kuku menggunakan lap bersih. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari secara teratur.

jeruk nipis untuk kuku

jeruk nipis untuk kuku

Siapa bilang merawat kuku supaya terlihat lebih sehat dan cantik membutuhkan biaya yang mahal?. Cukup dengan bahan-bahan alami yang murah meriah kini wanita bisa melakukan cara merawat kuku tanpa perlu menguras kantong.

Loading...
obat alami penurun panas pd bayi - cara merawat kuku wanita -