5 Gejala Kanker Payudara yang Wajib Diketahui Wanita

By Categories : Penyakit

Gejala kanker payudara wajib untuk diketahui wanita. Pasalnya wanita sangat rentan untuk mengalami penyakit ini. Selain rentan untuk terkena kanker serviks, wanita pun rentan untuk terkena kanker payudara. Bahkan kanker payudara ini dinyatakan sebagai pembunuh wanita nomor dua setelah kanker serviks. Berbeda dengan kanker serviks yang gejala awalnya tidak diketahui, kanker payudara ini justru bisa dideteksi secara dini. Hal itu dikarenakan letak payudara yang mudah dilihat dan diraba berbeda dengan leher rahim yang letaknya tersembunyi. Oleh sebab itu penting bagi wanita untuk melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) setiap harinya. Melakukan SADARI ini bisa mendeteksi apakah payudara dalam keadaan normal atau abnormal.  Berikut ini adalah gejala kanker payudara yang wajib untuk wanita ketahui:

Payudara Terasa Nyeri

Gejala kanker payudara

Gejala kanker payudara

Gejala kanker payudara yang pertama adalah payudara sering terasa nyeri, meski tidak semua rasa nyeri disebabkan oleh kanker. Penyebab payudara nyeri lainnya adalah hormon ketika mengalami menstruasi, penggunaan pil KB, bra yang tidak pas, kista payudara, stres dan lain sebagainya. Ketika wanita sering merasakan nyeri di payudaranya dan berkelanjutan patut untuk memeriksakan diri ke dokter dan kalau perlu melakukan mammography atau rontgen payudara.

Benjolan di Payudara

Benjolan di Payudara

Benjolan di Payudara

Salah satu tanda pasti kanker payudara adalah adanya benjolan yang ada di payudara. Salah satu fungsi SADARI yang dilakukan oleh wanita ini bertujuan untuk melakukan deteksi apakah di payudara ada benjolan atau tidak. Jika tidak melakukan SADARI wanita tidak akan pernah tahu apakah di payudaranya terdapat benjolan. Semakin cepat benjolan tersebut terdeteksi semakin cepat pengobatan yang akan didapatkan. Wanita yang sudah mendapatkan benjolan pada payudaranya sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, jangan menunggu sampai benjolan tersebut membesar.

Ketiak Muncul Benjolan

Tidak hanya muncul di payudara saja, namun benjolan tersebut juga bisa muncul di ketiak. Oleh sebab itu selain memeriksa payudara wanita sebaiknya memeriksa bagian ketiaknya, apakah di ketiak tersebut terdapat benjolan yang mencurigakan. Kadang kanker payudara tersebut bisa menyebar atau metastasis ke ketiak.

Puting Sakit dan Mengeluarkan Cairan

payudara mengeluarkan cairan

payudara mengeluarkan cairan

Gejala kanker payudara yang wajib untuk diketahui wanita selanjutnya adalah puting terasa sakit dan mengeluarkan cairan. Meski sedang tidak menyusui, wanita yang terkena kanker payudara putingnya akan mengeluarkan cairan. Cairan tersebut bukanlah ASI sehingga ketika menemukan tanda atau gejala ini sebaiknya wanita segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab wanita yang mengalami gejala atau tanda ini banyak didiagnosis menderita kanker payudara.

Kulit Payudara Mengalami Perubahan

Salah satu tanda yang wajib diwaspadai bagi wanita adalah kulit bagian payudara yang mengalami perubahan. Wanita yang mengalami perubahan kulit ini sering mendiagnosa sendiri bahwa dirinya terkena infeksi, padahal perubahan kulit ini bisa disebabkan oleh sel kanker yang ada di payudara.

kulit payudara berubah warna

kulit payudara berubah warna

Kulit payudara yang terdapat sel kankernya sering berubah menjadi kemerahan, kulit berubah menjadi mengerut seperti kulit jeruk, kulit payudara terlihat menebal dan payudara yang terkena sel kanker akan terlihat berlekuk-lekuk. Meski tidak selamanya tanda ini bisa muncul, namun wanita harus waspada ketika menemukan gejala ini. Saat melakukan SADARI bandingkan juga kulit payudara kanan dan juga yang kiri, jika kulitnya berbeda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Kanker Payudara ini selalu mengintai wanita berbagai usia terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Karena pola makan dan hidup yang kurang sehat, kanker payudara kini bisa ditemui pada usia wanita yang masih produktif. Dari beberapa gejala kanker payudara yang telah disebutkan diatas akan membuat wanita tahu bahwa SADARI itu sangat penting dilakukan sebab beberapa gejalanya hanya akan diketahui lewat SADARI.

Loading...
benjolan di kepala payudara - kanker payudara - kulit jeruk pada payudara - Payudara abnormal - payudara sebelah kiri sakit dan kembang - www ciri ciri payudara masih perawan -