5 Penyebab Nyeri Haid Berlebihan

By Categories : Penyakit

Penyebab nyeri haid yang berlebihan perlu diwaspadai oleh wanita. Banyak yang mengatakan jika nyeri haid ini wajar dialami oleh wanita setiap hari pertama menstruasi, namun sebaiknya wanita mengetahui mana nyeri haid yang wajar dan mana yang tidak wajar. Nyeri haid yang tidak dapat ditahan membuat wanita hanya bisa terbaring di tempat tidur, selain itu ada wanita yang sampai dibuatnya pingsan. Tidak semua wanita mengetahui apa saja yang bisa membuat dirinya merasakan nyeri tak tertahankan saat haid, padahal semakin cepat wanita tahu penyebabnya semakin cepat nyeri haid tersebut bisa diatasi. Simak penyebab nyeri haid berlebihan pada wanita berikut ini:

Kontraksi yang Berlebihan

kontraksi berlebihan

kontraksi berlebihan

Tidak hanya  saat akan melahirkan saja wanita mengalami kontraksi, namun saat haid pun wanita bisa mengalami kontraksi. Sama halnya dengan saat melahirkan, kontraksi saat nyeri haid ini pun sangat menyiksa karena terjadi setiap waktu. Kontraksi secara halus ada di bagian otot dinding rahim dan saat menstruasi kontraksi akan semakin cepat dan kencang karena kontraksi tersebut berguna untuk meluruhkan darah kotor yang menempel di dinding rahim.

Kontraksi juga akan menyebabkan pembuluh darah yang ada di sekitar rahim menjadi tertekan, penekanan bisa membuat suplai darah menjadi terputus. Darah membawa oksigen sehingga jika darah tidak ada di rahim, rahim akan merasakan nyeri yang tidak tertahankan karena kekurangan oksigen.

Prostaglandin Berlebihan

Prostaglandin

Prostaglandin

Prostaglandin yang berlebihan bisa menjadi penyebab nyeri haid berlebihan.  Wanita yang memproduksi hormon prostaglandin berlebihan akan merasakan nyeri dibandingkan dengan wanita yang memproduksi hormon ini dalam kondisi yang normal. Selain itu produksi hormon yang berlebihan akan membuat wanita merasakan mual, lemas, sakit kepala bahkan bisa sampai diare. Ketidak seimbangan hormon pada wanita sebaiknya harus segera diatasi sebab bisa memicu berbagai macam penyakit terutama yang berhubungan dengan kesuburan.

Penyakit Radang Panggul

 Radang Panggul

Radang Panggul

Jika nyeri haid terjadi terus menerus, dokter akan memeriksa kondisi wanita apakah menderita penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan nyeri haid menjadi tidak tertahankan adalah radang panggul. Radang banyak diakibatkan oleh infeksi baik itu virus maupun bakteri. Infeksi tersebut bisa terjadi pada rahim, ovarium dan juga tuba falopi sehingga tidak mengherankan jika wanita dengan penyakit ini akan merasakan nyeri tidak tertahankan.

Tumor

Penyebab nyeri haid berlebihan lainnya disebabkan oleh tumor jinak yang berada di dalam rahim. Dokter yang menerima keluhan pasien berupa nyeri haid yang berlebihan dia akan melakukan USG pada perut pasien. USG tersebut bertujuan untuk memeriksa kondisi rahim pasien tersebut. Jika terdapat tumor maka dokter akan menyarankan untuk mengangkatnya khusus untuk wanita yang sudah menikah dan memiliki anak. Namun bagi wanita yang belum memiliki anak dan belum berkeluarga dokter hanya akan meresepkan obat-obatan agar massa tumor tidak membesar.

IUD

IUD atau spiral merupakan alat kontrasepsi yang praktis sebab wanita tidak perlu setiap bulan melakukan KB. Kontrol IUD ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali atau setahun sekali. Saat awal pemasangan IUD ini biasanya wanita akan merasakan nyeri haid yang berlebihan sebab letaknya dimasukkan ke dalam rahim.

iud spiral

iud spiral

Nyeri haid yang berlebihan banyak berisiko pada wanita yang memiliki volume haid yang lebih banyak, mengalami menstruasi sebelum usianya 11 tahun, wanita dengan obesitas atau kegemukan, wanita yang belum mengalami kehamilan dan yang terakhir adalah wanita yang suka mengonsumsi minuman keras dan rokok. Dengan mengetahui penyebab nyeri haid yang berlebihan, wanita akan mengetahui pengobatan apa yang cocok untuk dilakukan agar nyeri haid menjadi reda.

Loading...