6 Bahaya Kista Bagi Wanita dan Gejalanya

By Categories : Kesehatan

Bahaya kista – Wanita memiliki organ yang tidak dimiliki oleh laki-laki, bisa dikatakan bahwa organ wanita itu lebih kompleks dibandingkan laki-laki. Karena keunikan organnya tidak mengherankan jika berbagai macam penyakit rentan untuk mengintai organ wanita tersebut.  Organ unik pada wanita adalah rahim sebab hanya wanita saja yang memiliki rahim tersebut. Meski unik, banyak sekali penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa menyerang rahim wanita salah satunya adalah kista. Mungkin kista sudah tidak asing lagi, namun belum tentu semua wanita mengetahui apa itu kista dan bahayanya. Pengetahuan dan informasi yang tepat bisa membuat wanita menjadi lebih waspada akan penyakit kista ini. Simak bahaya kista bagi wanita berikut ini:

Menimbulkan Nyeri Tidak Tertahankan

kista rahim

kista rahim

Salah satu bahaya kista adalah menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Rasa nyeri itu bisa datang kapan saja namun akan lebih terasa menyakitkan saat menstruasi datang. Kista ini bisa tumbuh di organ maupun saluran reproduksi wanita biasanya banyak muncul di dinding rahim maupun di indung telur atau ovarium. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika saat menstruasi tersebut datang, kontraksi akan terasa lebih menyakitkan.

Mempengaruhi Siklus Menstruasi

siklus menstruasi

siklus menstruasi

Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur sebaiknya memeriksakan dirinya ke dokter, apakah organ maupun saluran reproduksinya bersih dari penyakit kista. Sebab siklus menstruasi yang tidak teratur ini bisa disebabkan oleh kista. Kista tersebut bisa membuat hormon wanita menjadi terganggu sehingga membuat siklus menstruasi menjadi terganggu.

Kemandulan

kemandulan

kemandulan

Tidak boleh menyepelekan kista. Hal itu dikarenakan kista bisa menyebabkan kemandulan. Kista yang menempel di dinding rahim wanita bisa menjadi penghalang sel sperma untuk membuahi sel telur. Selain itu dengan adanya kista yang menempel di dinding rahim membuat proses ovulasi menjadi terganggu. Ovulasi adalah saat dimana dinding rahim melepaskan sel telur untuk dibuahi sehingga jika sperma berhasil membuahi sel telur nantinya akan terjadi kehamilan.

Komplikasi Kehamilan

Bagi wanita yang sedang hamil dan mengalami kista akan sangat berbahaya sebab bisa memicu komplikasi kehamilan. Sehingga ketika janin tersebut sudah besar sebisa mungkin kista harus diangkat dari rahim sebab janin yang semakin membesar akan membuat kista tertekan dan menyebabkan pecah di dalam rahim. Selain itu memiliki kista saat hamil akan memicu keguguran.

Infeksi Organ

kista pecah

kista pecah

Kista merupakan benjolan yang bisa muncul di rahim maupun saluran reproduksi wanita dan biasanya di dalam kista tersebut terdapat cairan berupa darah atau nanah. Jika sampai kista tersebut pecah akibatnya darah dan nanah tersebut bisa menyebar ke seluruh rahim bahkan organ-organ yang ada di sekitarnya. Bahaya kista yang pecah akan menyebabkan infeksi organ bahkan bisa menjadi ancaman jiwa bagi wanita yang memiliki kista tersebut.

Kanker Ovarium

Sebenarnya kisa tersebut tidak ganas, namun kista yang tidak segera ditangani akan menyebabkannya menjadi ganas terutama bagi kista yang muncul di indung telur atau ovarium. Awalnya sel-sel jinak yang ada pada kista akan berubah menjadi ganas akibat tidak segera diobati. Oleh sebab itu penting sekali wanita untuk mengetahui gejala-gejala kista supaya kista tidak terlambat ditangani.

ovarium kanker

ovarium kanker

Gejala umum dari kista ovarium maupun kista rahim adalah munculnya perut sering kembung, frekuensi buang air kecil yang lebih sering, siklus menstruasi berubah bahkan bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi lambat, mual muntah, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi lainnya. Jika wanita merasakan gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Penanganan lebih dini akan menghindarkan waanita dari bahaya kista seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Loading...
pengaruh kista bagi kesehatan -