6 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur dengan Bahan Alami

By Categories : Penyakit

Cara mengatasi haid tidak teratur – Wanita memiliki masa subur yang berbeda-beda, hal itu dikarenakan ada wanita yang memiliki masa atau siklus menstruasi yang teratur namun ada juga yang menstruasinya tidak teratur. Selain bisa sulit untuk menentukan masa subur, wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur akan mengalami beberapa keluhan seperti rasa nyeri yang amat terasa karena kontraksi yang sangat kencang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu untuk menghindarkan dari keluhan tersebut banyak wanita yang ingin menormalkan siklus menstruasinya, terlebih lagi wanita yang mendambakan momongan. Selain bisa berkonsultasi kepada dokter, wanita bisa menggunakan bahan alami sebagai obat. Simak cara mengatasi haid tidak teratur menggunakan bahan alami berikut ini:

Biji Wijen

Biji Wijen

Biji Wijen

Selama ini biji wijen hanya dijadikan sebagai bahan pembuatan kue, namun siapa sangka jika biji wijen ini bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur pada wanita. Untuk bisa merasakan manfaatnya wanita harus mencampurkan biji wijen dengan jaggery yang terbuat dari tebu dan jaggery ini adalah pemanis alami.  Caranya adalah dengan menyangrai biji wijen tersebut sampai warnanya sedikit kecokelatan, haluskan biji wijen yang sudah disangrai kemudian campurkan dengan jaggery tersebut, minum secara rutin setiap pagi hari sekali.

Konsentrat Jintan

Konsentrat Jintan

Konsentrat Jintan

Jintan dipercaya sebagai obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah mengatasi haid tidak teratur. Setengah cangkir dari konsentrat jintan bisa digunakan sebagai cara mengatasi haid tidak teratur jika dicampurkan dengan minyak wijen dan juga jaggery. Mengonsumsinya cukup satu kali dalam sehari.

Teh Hijau

teh hijau

teh hijau

Teh hijau disebut juga dengan teh herbal sebab bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, selain bisa digunakan untuk menurunkan berat badan teh hijau ini bisa digunakan untuk melancarkan siklus haid. Caranya adalah dengan mengonsumsi seduhan teh hijau ini secara rutin pada pagi hari. Jika tidak menyukai rasanya yang pahit bisa ditambahkan dengan sedikit gula asalkan jangan berlebihan sebab kandungan gula yang berlebihan bisa mengurangi khasiat dari teh tersebut.

Pare

pare

pare

Pare memiliki rasa yang pahit, justru rasanya yang pahit inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur. Caranya adalah dengan membuat pare sebagai jus kemudian mengonsumsinya secara teratur dua hari sekali.

Jeruk Nipis

jeruk nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan, meredakan batuk dan digunakan sebagai pelancar haid. Jeruk nipis ini mudah ditemukan dan harganya pun murah meriah sehingga wanita tidak peru merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli jeruk nipis ini. Cara membuat ramuannya pun mudah yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras jeruk nipis tersebut. Sari jeruk nipis dicampurkan dengan air hangat dan diminum sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam hari. Sayangnya ramuan ini tidak disarankan bagi wanita yang memiliki keluhan asam lambung.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki rasa yang menyegarkan, selain digunakan untuk campuran pembuatan makanan atau asinan, cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak teratur. Caranya pun mudah saja yaitu dengan meneteskan beberapa tetes cuka apel ke dalam segelas air hangat, kemudian aduk agar tercampur secara merata dan mengonsumsinya sebanyak satu kali dalam sehari secara teratur.

cuka apel

cuka apel

Mengatasi haid tidak teratur tidak hanya sebatas menggunakan bahan herbal saja, namun gaya hidup pun harus sedikit demi sedikit dibenahi seperti menghindari stres, beristirahat dengan cukup terutama saat malam hari, menjaga berat badan agar tetap ideal dan melakukan olahraga. Cara mengatasi haid tidak teratur yang telah dijelaskan diatas tidak akan memberikan dampak yang efektif jika wanita enggan mengubah gaya hidupnya yang tidak sehat tersebut.

 

Loading...
cara mengatasi haid tidak yeratur dengan bahan alami -