6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan Paling Manjur

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan – Rasa nyeri berlebihan membuat wanita sering tidak bisa beraktivitas karena nyeri perut yang dialaminya membuat bergerak pun menjadi sakit. Sehingga tidak mengherankan jika wanita yang mengalami nyeri perut saat haid lebih banyak tidur atau duduk berdiam diri. Jika nyeri haidnya berlebihan dan disebabkan oleh kontraksi yang terlalu kencang atau karena alat kontrasepsi maka wanita bisa meredakannya dengan cara herbal atau obat kimia. Namun jika disebabkan oleh penyakit maka wanita harus memeriksakan diri ke dokter sebab selama penyakit itu ada maka rasa nyeri haid berlebihan akan dirasakannya. Bagi wanita yang mengalami nyeri haid diakibatkan oleh kontraksi maupun alat kontrasepsi, simak cara mengatasi nyeri haid berlebihan berikut ini:

Mengonsumsi Obat

minum obat haid

minum obat haid

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan yang pertama adalah dengan mengonsumsi obat. Obat kimia yang bisa digunakan sebagai pereda nyeri haid adalah anti inflamasi non steroid dan bisa dengan mudah ditemukan di apotek. Tidak hanya itu saja, wanita bisa mengonsumsi obat dengan jenis asam mefenamat maupun  ibuprofen untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Perhatikan dosis yang berlaku pada kemasan obat. Yang penting untuk diperhatikan adalah obat jenis ini tidak bisa dikonsumsi oleh wanita yang memiliki asam lambung yang akut sebab bisa menyebabkan kekambuhan.

Mengonsumsi Cukup Air Hangat

minum hair hangat

minum hair hangat

Saat haid wanita sebaiknya jangan mengonsumsi minuman dingin sebab akan membuat kontraksi semakin kencang. Wanita yang sedang mengalami nyeri haid berlebihan diwajibkan untuk mengonsumsi cukup air hangat. Air hangat selain membuat perut lebih nyaman bisa mengurangi kontraksi yang terjadi di dinding rahim.

Hindari Mandi dengan Air Dingin

mandi air dingin

mandi air dingin

Cara mengatasi nyeri haid berlebihan yang penting untuk diketahui oleh wanita adalah menghindari mandi dengan air dingin. Air dingin bisa membuat kondisi tubuh menjadi semakin tidak nyaman. Berbeda jika wanita mandi menggunakan air hangat, tubuhnya akan menjadi lebih rileks. Akan lebih rileks lagi jika wanita menggunakan sabun aromatherapy dari bahan herbal seperti aroma sereh, lemon dan lain sebagainya. Sabun tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Istirahat

Penting sekali bagi wanita yang sedang mengalami nyeri haid untuk cukup istirahat terutama bagi wanita yang disertai dengan volume haid yang banyak. Ketika istirahat, mengatur posisi tubuh sangat penting untuk dilakukan. Cara agar nyeri haid menjadi tidak bertambah adalah posisi kaki harus lebih tinggi dibandingkan dengan posisi kepala, dengan bantuan bantal wanita bisa mengganjal kakinya agar posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan kepala.

Kunyit Asam

Obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan adalah menggunakan kunyit asam. Kunyit asam ini adalah bahan herbal yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Jangan menggunakan kunyit asam dalam bentuk kemasan, sebab mengandung pengawet dan pemanis buatan dimana  kedua bahan tersebut bisa membuat kontraksi semakin kencang.

Kunyit Asam

Kunyit Asam

Cara membuat minuman kunyit asam ini bisa dengan mudah dilakukan yaitu bersihkan beberapa rimpang kunyit, parut dan peras. Setelah diperas tambahkan sedikit air kemudian rebus bersamaan dengan asam jawa dan gula merah. Minum selagi hangat dan lakukan tiga kali dalam sehari.

Obat dengan Zat Besi

obat zat besi

obat zat besi

Jika perut wanita tidak nyaman mengkonsumsi makanan mengandung zat besi, wanita bisa meminum obat yang mengandung zat besi terutama jika volume darahnya sangat banyak. Zat besi tersebut bisa digunakan untuk memproduksi sel darah merah, sehingga wanita tidak akan terkena anemia saat haid. Anemia hanya akan memperparah kondisi sebab bisa menyebabkan pusing dan berkunang-kunang.

Demikianlah cara mengatasi nyeri haid berlebihan yang bisa dilakukan oleh wanita, semoga bermanfaat.

 

 

Loading...
obat nyeri haid paling ampuh - cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan - obat manjur untuk nyeri haid - obat paling ampuh untuk haid berlebihan -