6 Gejala Awal Kanker Serviks yang Tidak Disadari Wanita

By Categories : Penyakit

Gejala awal kanker serviks patut diketahui oleh wanita. Wanita adalah makhluk yang rawan untuk terkena penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker. Dari beberapa jenis kanker yang ada, mayoritas kanker tersebut menyerang wanita seperti kanker rahim, kanker tulang, kanker ovarium atau indung telur, kanker payudara, kanker leher rahim, kanker pankreas, kanker hati, kanker usus dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu sebagai wanita harus mengetahui atau mengenali tubuhnya dengan baik. Ketika tubuhnya dirasa tidak seperti biasanya wanita perlu curiga. Berikut ini adalah gejala awal kanker serviks yang wajib untuk diwaspadai wanita:

Keputihan Berbau dan Berubah Warna

Keputihan Berbau

Keputihan Berbau

Gejala awal kanker serviks adalah keputihan yang abnormal dimana keputihan tersebut menjadi berbau dan berubah warna. Keputihan yang normal warnanya bening sedangkan keputihan yang tidak normal warnanya hijau dan kadang disertai dengan darah. Oleh sebab itulah ketika menjumpai tanda ini sebaiknya segera memeriksakan diri. Biasanya dokter akan mengambil sampel lendir keputihan tersebut dan memeriksa kondisi leher rahim.

Rasa Sakit Ketika Berhubungan Seksual

 Sakit Ketika Berhubungan Seksual

Sakit Ketika Berhubungan Seksual

Gejala awal kanker serviks yang patut dicurigai adalah rasa sakit ketika digunakan untuk berhubungan suami istri. Meski hal ini menjadi awal tanda kanker serviks namun ada hal lain yang bisa menyebabkan hubungan suami istri menjadi sakit misalnya saja adalah foreplay yang kurang. Ketika wanita merasakan foreplay sudah lama namun tetap merasakan kesakitan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Keputihan Cair dan Banyak

Tanda-tanda kanker serviks stadium awal memang tidak bisa dilihat dengan kasat mata namun bisa dilakukan dengan pemeriksaan lendir serviks dan juga kondisi leher rahim itu sendiri. Oleh sebab itu setiap setahun sekali wanita disarankan untuk melakukan pap smear maupun IVA. Keputihan yang normal pekat dan tidak berbau, namun wanita yang mengalami kanker serviks selain memiliki keputihan berbau dia juga akan memiliki keputihan yang cair seperti urine dan volumenya sangat banyak sehingga wanita akan sangat risih ketika mengalami gejala ini.

Serviks Bernanah

Serviks Bernanah

Serviks Bernanah

Gejala ini memang tidak dapat dirasakan namun bisa terlihat ketika dilakukan pemeriksaan. Saat menjalani pemeriksaan, gejala stadium awal kanker serviks terlihat dengan adanya nanah seperti jerawat di leher rahim wanita. Jika wanita tidak rutin melakukan pemeriksaan maka tanda atau gejala tersebut tidak bisa terlihat sehingga saat stadium sudah parah barulah dia menyadarinya dan merasakannya.

Kelelahan

Wanita yang mengalami gejala kanker serviks akan mudah sekali merasakan kelelahan meskipun dirinya tidak sehabis melakukan kegiatan yang berat. Kadang wanita tidak menyadari jika gejala ini adalah gejala awal dari monster kanker serviks tersebut sehingga wanita banyak yang menyepelekan dengan kelelahan ini. Meski begitu tidak selamanya kelelahan adalah tanda dari kanker serviks sebab kelelahan bisa disebabkan oleh anemia, gula darah yang tinggi, dan tekanan darah yang rendah. Untuk memastikan penyebab kelelahan yang wanita alami, sebaiknya wanita memeriksakan gula darahnya, kadar HB nya dan tekanan darahnya. Jika semuanya normal wanita perlu curiga.

Berat Badan Menurun

Wanita dengan kanker serviks akan mudah sekali mengalami penurunan berat badan, hal itu dikarenakan nafsu makan penderita kanker sering menurun. Penurunan berat badan ini bisa terjadi saat stadium awal kanker ini. Wanita yang berat badannya menurun secara drastis dan kehilangan nafsu makan sebaiknya segera berkonsultasi untuk mengetahui penyebab penurunan berat badannya. Sebab selain menjadi gejala awal kanker, berat badan menurun drastis ini juga menjadi gejala awal dari penyakit diabetes, anemia akut, dan penyakit lainnya.

berat badan turun

berat badan turun

Banyak wanita yang memperhatikan penampilan luarnya, namun sedikit sekali wanita yang peduli dengan kesehatan organ intimnya. Wanita suka membersihkan wajah dan memolesnya agar menjadi tampil cantik namun sedikit sekali wanita yang dengan sadar menjaga kebersihan organ intimnya. Selain disebabkan oleh seks bebas, kanker serviks ini juga disebabkan oleh kurang bersihnya organ intim wanita. Semoga dengan penjelasan gejala awal kanker serviks diatas, wanita semakin sadar dan peduli dengan kesehatannya sendiri.

Loading...