7 Bahaya Obesitas pada Wanita Yang Wajib Anda Tahu

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Tampaknya kini obesitas pada wanita mulai menjadi perhatian serius bagi dunia kedokteran. Tidak hanya anak dengan obesitas saja, namun wanita dengan obesitas pun memiliki berbagai macam risiko yang berbahaya. Ada wanita yang beranggapan gemuk itu cantik, hal tersebut diperkuat dengan selera pria yang memilih wanita dengan tubuh gemuk dibandingkan dengan wanita yang bertubuh langsing. Untuk bisa mengetahui obesitas bisa menggunakan kalkulator BMI, sehingga dari kalkulasi yang dilakukan bisa mengetahui apakah tubuh wanita kurang beat badan, normal, over weight atau justru obesitas. Obesitas bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius sehingga wanita dengan obesitas harus membuat berat badannya menjadi normal. Berikut ini adalah beberapa bahaya obesitas pada wanita yang perlu diwaspadai:

Penyakit Jantung Koroner

jantung koroner

jantung koroner

Wanita dengan obesitas cenderung memiliki napas yang lebih pendek dibandingkan dengan wanita dengan berat badan normal, hal itu dikarenakan wanita dengan obesitas pembuluh darah di jantungnya tertutup dengan lemak. Lemak tersebut membuat aliran darah menuju ke jantung menjadi tidak lancar. Hal tersebutlah yang membuat aliran oksigen di tubuh wanita gemuk menjadi tidak lancar. Penyumbatan pembuluh darah di jantung yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan serangan jantung koroner. Penyakit ini sering dialami oleh wanita dengan obesitas, bahkan pria maupun wanita dengan masalah obesitas sering meninggal diakibatkan dengan penyakit ini.

Tidak Subur

tidak subur

tidak subur

Wanita dengan berat badan yang berlebihan akan membuatnya tidak subur. Hal itu dikarenakan tumpukan lemak yang ada di rahim membuat ovulasi dan pembuahan tidak bisa mudah terjadi. Wanita dengan obesitas pun cenderung memiliki hormon yang tidak seimbang sehingga hormon tersebut membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Saat menstruasi tidak teratur akibatnya masa subur sulit untuk dideteksi.

Otot Lemah

Obesitas pada wanita bisa menyebabkan kelemahan otot. Tidak mengherankan jika wanita yang gemuk akan sering sekali mengeluh sakit otot terutama di bagian punggung. Tumpukan lemak yang ada di dalam tubuhnya membuat kinerja otot menjadi terganggu, hal itu diperparah dengan malasnya berolahraga sehingga otot pun akan menjadi semakin melemah.

Nyeri Sendi

nyeri sendi

nyeri sendi

Keluhan nyeri sendi akan dialami oleh wanita dengan obesitas. Hal itu dikarenakan sendi-sendi yang ada di dalam tubuh tidak mampu lagi menopang berat badan yang sudah sangat berlebihan. Sendi ngilu ini akan sering terjadi pada sendi lutut dan juga sendi jari kaki.

Hipertensi

hipertensi

hipertensi

Obesitas bisa menyebabkan wanita mudah mengalami hipertensi. Hal itu dikarenakan penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Agar darah bisa melalui pembuluh darah yang sempit tersebut maka tekanan akan dipercepat sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Stroke

penyakit stroke

penyakit stroke

Wanita dengan obesitas bisa mengalami stroke. Penyempitan pembuluh darah tidak hanya berada di jantung saja namun juga bisa terjadi di otak, selain itu kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat pembuluh darah di otak. Akibatnya aliran darah di otak menjadi tidak lancar dan stroke tersebut akan muncul.

Diabetes

Obesitas adalah pemicu berbagai macam penyakit-penyakit kronis salah satunya adalah menyebabkan diabetes. Diabetes adalah penyakit yang belum ada obatnya, selama ini obat yang dikonsumsi hanya digunakan untuk menormalkan gula darah. Kadar lemak yang ada di dalam tubuh membuat glukosa tidak bisa dipecah menjadi energi secara sempurna sehingga menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan diabetes.

diabetes

diabetes

Wanita dengan obesitas tidak perlu berkecil hati karena faktanya banyak wanita dengan obesitas yang kini bisa memiliki kehidupan dan berat badan yang normal. Asalkan wanita mau olahraga secara teratur, mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat, berbagai macam bahaya obesitas pada wanita tersebut tidak akan pernah terjadi

Loading...
bahaya obesitas pada wanita - bahaya kegemukan pada wanita - akibat obesitas pada wanita - bahaya obesitas pada kesehatan - pertanyaan yang wajib pada penyuluhunan bahaya obesitas - 7 obesitas yg wajib d ketahui - bahaya obesitas pada wanita produktif - efek obesitas pada wanita - makanan dan minuman yang sehat saat menstruasi -