Akibat Kekurangan Vitamin K Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Vitamin memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, misalnya saja vitamin C. Vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sedangkan vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Pada umumnya ada beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D dan juga vitamin K. Seseorang yang kekurangan vitamin tentunya akan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu vitamin yang paling esensial bagi tubuh adalah vitamin K. Berikut adalah akibat kekurangan vitamin K pada tubuh.

Akibat Kekurangan Vitamin Ka

Dampak kekurangan vitamin K

Janin Tidak berkembang

Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling diimpikan oleh setiap pasangan suami istri. Saat hamil pastinya Anda harus mencukupi beberapa vitamin salah satunya yaitu vitamin K. Kekurangan vitamin K saat hamil akan sangat berbahaya. Karena hal ini akan menyebabkan pertumbuhan janin tidak akan berkembang dan juga akan mengalami gangguan. Tak hanya itu, wanita hamil yang kekurangan vitamin K juga rentan mengalami pendarahan internal.

Darah Sulit Membeku

Saat seseorang yang kekurangan vitamin K mengalami luka ini akan menyebabkan darah yang keluar dari luka tersebut sulit untuk membeku. Jika tidak segera di atasi, tentunya hal ini akan membuat dia kehilangan banyak darah. Untuk mengatastinya seseorang tersebut harus pergi ke klinik kesehatan untuk meminta suntik vitamin K. Enzim protombin yang terkandung dalam vitamin K dapat membantu Anda untuk mengencerkan dan mengentalkan darah dan pastinya dapat membekukan darah.

Masalah di Usus

Akibat kekurangan vitamin K selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan kesehatan di usus seperti cystic fibrosis, malabsorpsi, reseksi usus kecil ataupun obstruksi billier. Olah karena itu untuk mengindari gangguan kesehatan di usus Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K. Anda dapat menemukan vitamin K pada sumber makanan seperti asparagus, minyak ikan, mentimum, rempah-rempah, daun bawang, kubis, kol, brokoli, tomat, selada, kacang polong dan juga seledri.

Pendarahan

Jika pada tubuh Anda mengalami pendarahan yang tidak normal, hal tersebut dapat diindikasikan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin K. Pendarahan biasanya terjadi pada hidung ataupun gusi. Tak hanya itu saja, jika sudah terlalu parah kekurangan vitamin K juga dapat ditandai dengan urine seseorang yang mengandung darah.

Menyebabkan Kanker

Pada umumnya hampir semua vitamin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Salah satunya adalah vitamin K. Ada sebuah kasus yaitu di mana pasien kanker tersebut tidak mendapatkan asupan vitamin K akan terserang kanker kembali meskipun sudah dinyatakan terbebas dari kanker. Oleh karena itu, vitamin K harus tetap dikonsumsi walaupun pasien tersebut sudah sepenuh ya sehat.

Nah itulah beberapa akibat kekurangan vitamin K untuk kesehatan tubuh.

akibat kekurangan vitamin k - kekurangan vitamin k - penyakit kekurangan vitamin k - kekurangan vit k - akibat kekurangan vit K - darah sukar membeku karena kekurangan vitamin - kurang vitamin k - defisiensi vitamin k - penyakit akibat kekurangan vitamin k - kekurangan vitamin K menyebabkan - apa akibat kekurangan vitamin k dalam tubuh manusia - Apa akibat kekurangan vitamin K dalam tubuh manusia? - penyakit/kekurangan vit/k - apakah kekurangan vitamin k akan menyebabkan darah sukar membeku - apakah penyebab kekurangan vitamin c dan vitamin k -