Akibat Kurang Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut dalam air yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan vitamin D memiliki peranan untuk membantu penyerapan kalsium dalam makanan.Akibat Kurang Vitamin D

Tak hanya itu saja, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D juga berperan dalam pengobatan serta pencegahan penyakit diabetes tipe 1 dan 2. Lantas apa saja akibat kurang vitamin D bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Dampak buruk kurang vitamin D untuk Kesehatan

  • Menurunkan fungsi jantung
    Akbibat kurang vitamin D yang pertama adalah dapat menurunkan fungsi dan juga kinerja jantung. Saat tubuh kekurangan vitamin D ini akan membuat darah dalam tubuh menjadi tidak normal dan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga hal tersebut dapat memberatkan dan menurunkan fungsi jantung. Jika hal ini tidak segera diatasi, ini akan menyebabkan kematian akibat serangan jantung mendadak.
  • Mudah lelah dan nyeri otot
    Seperti yang Anda ketahui otot merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang berperan untuk membantu tubuh melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi saat tubuh kekurangan vitamin D ini akan membuat seseorang tersebut menjadi mudah lelah dan nyeri otot saat melakukan sesuatu. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan kemampuan otot karena kekurangan vitamin D.
  • Pengeroposan tulang
    Salah satu manfaat vitamin D adalah untuk membantu menguatkan tulang dan gigi. Akan tetapi jika seseorang kekurangan vitamin D ini akan membuat tulang seseorang menjadi semakin lemah dan beresiko mengalami pengeroposan dan juga kerusakan dini pada tulang.
  • Mudah mengantuk
    Akibat kurang vitamin D selanjutnya adalah mudah mengantuk. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine yang dipublikasikan pada tahun 2000 menyatakan bahwa seseorang yang kurang vitamin D lebih mudah mengantuk ketika melakukan aktivitas seharian dibandingkan oleh seseorang yang tercukupi asupan vitamin D nya.
  • Depresi
    Menurut penelitian yang dicantumkan di The Journal of Crinical Endocrinology and Metabolism, menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan asupan vitamin D akan sering mengalami perasaan sedih dan juga depresi. Oleh karena itu, jika Anda selalu merasa sedih dan depresi mungkin hal ini dapat menjadi sebuah acuan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin D.
  • Menyebabkan kanker
    Selain makanan instan dan makanan tak sehat lainnya, kurang vitamin D juga dapat menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakan vitamin D merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas salah satunya yaitu sel kanker.

Nah itulah beberapa akibat kurang vitamin D untuk kesehatan tubuh. Mulailah untuk mencukupi asupan vitamin D dalam setiap harinya agar terhindar dari penyakit tersebut. Sumber terbaik vitamin D dapat Anda temui pada ikan, susu, telur, minyak ikan, keju, jamur, udang dan lainnya. Baca juga artikel tentang Manfaat vitamin A bagi kesehatan tubuh.