Anak Terlambat Bicara? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

By Categories : Kesehatan

Saat usia 12 bulan ke atas, seorang anak sudah mulai dapat mengucapkan beberapa kata-kata yang dapat ditangkap oleh setiap orang. Seorang anak yang sudah berusia 18 bulan atau lebih umumnya juga sudah dapat mengucapkan 10 hingga 15 kata. Namun dalam beberapa kasus ada beberapa anak terlambat bicara. Tentu saja hal ini dapat membuat para orang tua panik dan khawatir.

anak terlambat bicara

Meskipun segala hal dapat dipelajari, akan tetapi perkembangan anak butuh dukungan dan stimulasi dari para orang tua untuk mendukung tumbuh kembang anak itu sendiri. Tahukah Anda bahwa orang tua merupakan salah satu sarana untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

Umumnya keterlambatan anak dalam berbicara dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, gangguan pada pendengaran, minimnya komunikasi, faktor televisi serta adanya hambatan perkembangan otak anak itu sendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi anak terlambat bicara? Berikut ulasannya!

Cara mengatasi anak terlambat bicara

Jauhkan anak dari televisi dan gadget

Cara yang pertama adalah dengan cara menjauhkan anak-anak dari televisi dan juga gadget. Anak yang sering menonton televisi dan bermain gadget akan menjadi pendengar yang pasif. Ketika anak menonton televisi ataupun bermain gadget ia hanya menerima tanpa mencerna dan memproses informasi yang ada. Oleh karena itu jauhkan dulu anak dari TV ataupun gadget. Selain dapat menghambat berbicara, menonton televisi yang tidak sesuai dengan umur anak juga dapat menyebabkan anak traumatis dengan tayangan yang ia tonton.

Memberikannya stimulasi

Yang kedua adalah dengan cara memberikannya stimulasi. Stimulasi yang dapat diberikan adalah dengan mengajaknya berkomunikasi meskipun anak belum bisa berbicara dengan baik. berkomunikasi dapat dilakukan dengan cara mengajak anak untuk bernyanyi ataupun membacakan dongeng untuknya.

Memberikan anak kesempatan untuk berinteraksi

Cara mengatasi anak terlambat bicara selanjutnya adalah dengan memberikannya kesempatan untuk berinteraksi. Interaksi dapat dilakukan dengan cara bermain dengan Anda ataupun dengan teman-temannya. Kegiatan yang satu ini tentu saja dapat memberikan motivasi untuk si kecil agar berlajar berbicara. Karena bermain dengan teman-teman sebayanya juga membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

Jangan terima kata yang tidak jelas

Saran dr Tri Gunadi, A.Md. OT., S.Psi jangan menerima kata-kata yang tidak jelas dari anak. Jika anak menginginkan sesuatu hanya dengan menunjuk, sampaikan padanya bahwa ia harus mengucapkan benda yang diinginkan. Jangan langsung memberi anak barang yang ia inginkan kalau anak hanya nunjuk-nujuk.

Konsultasikan dengan dokter anak

Berikutnya adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter anak tentu saja dapat memberikan Anda solusi seperti apa saja hal yang harus dilakukan para orang tua untuk membuat anaknya dapat berbicara sesuai dengan umurnya.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak terlambat bicara yang dapat Anda coba.

Baca juga makanan sehat untuk anak balita.

content -