Apakah Cytomegalovirus dapat Menyebabkan Kecacatan Pada Janin?

By Categories : Tanya jawab

Tanya:

Assalamualaikum Wr.Wb

Teman saya punya kakak, melahirkan bayi sakit-sakitan dan kemudian meninggal. Kata dokter karena ibunya terkena citomegalovirus.

Teman saya tersebut cek di salah satu lab ternama dan didiagnosis sama dengan kakaknya yaitu punya penyakit citomegalo virus bahkan berdasarkan lab lebih tinggi dari kakaknya. Apakah kalau punya anak bisa menyebabkan kecacatan? dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit tersebut? Terima kasih

Jawab:

Walaikumsalam Wr.Wb, pemeriksaan cytomegalovirus merupakan pemeriksaan virus yang sering diperiksa sebelum menikah atau hamil atau yang sering kita sebut dengan  pemeriksaan TORCH. Sebenarnya Indonesia merupakan salah satu negara endemic cytomegalovirus, sehingga ketika diperiksa seringkali positif.

Namun Anda jangan khawatir ketika titer positifnya rendah, yang harus dikhawatirkan adalah ketika menunjukkan titer positifnya tinggi. Untuk mengetahui titer hasil pemeriksaan cytomegalovirus sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kandungan.

Umumnya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, seperti nutrisi ibu dan janin, sistem kekebalan tubuh ibu dan faktor lainnya. Pasien dengan titer positif tinggi memiliki peluang (tidak selalu) mengakibatkan kecacatan.

Untuk pengobatannya sendiri, saat ini belum ada pengobatan pilihan utama untuk penyakit tersebut. Namun Anda bisa mencegah kelahiran cacat terkait cytomegalovirus  dengan cara mencukupi asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin, selalu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melakukan pemeriksaan anc secara rutin.

cytomegalovirus dapat menyebabkan cacat janin -