Bagaimana Cara Mengobati Wasir yang Belum Mengeluarkan Darah?

By Categories : Tanya jawab

Tanya:

Bagaimana cara mengobati wasir yang belum mengeluarkan darah dan belum ada benjolan? Meskipun belum ada benjolan akan tetapi susah sekali kalau mau buang air besar. Saya sudah makan makanan berserat tetapi belum ada perubahan. Terimakasih.

Jawab:

Kali ini akan menjawab pertanyaan dari Abdul K.

Terkait dengan wasir atau hemoroid ada dua macam yaitu interna dan externa. Wasir atau hemoroid sering diawali dengan BAB berdarah dan terkadang keluar benjolan. Jika hanya keluar darah tanpa ada benjolan maka disebut dengan hemoroid interna atau hemoroid grade 1. Jika sudah keluar benjolan tapi benjolan tersebut dapat masuk dengan sendirinya maka disebut dengan hemoroid grade 2.

Untuk  yang keluar benjolan tapi dapat masuk dengan bantuan tangan masuk ke dalam grade 3. Untuk benjolan yang tidak dapat dimasukkan, masuknya ke grade 4 atau juga disebut dengan prolaps ani.

Untuk penanganan grade 1 dan 2 dapat diobati dengan obat antihemoroid, makan makanan berserat dan banyak minum air putih serta menghindari kegiatan yang sifatnya mengejan dan usahakan feses tidak keras.

Sedangkan untuk grade  3, selain cara di atas dapat dipertimbangkan juga untuk melakukan operasi. Kalau grade 4 mau tidak mau harus melakukan operasi.

Untuk obat-obatan yang diberikan berdasarkan keluhannya, seperti antihemoroid supp (lewat anus), obat anti pendarahan (vitamin K, asam traneksama) termasuk obat pelunak feses atau kotoran. Namun usahakan untuk menghindari penggunaan obat pencahar karena dapat memperparah hemoroid.