Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tidur atau istirahat merupakan kegiatan yang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan atau mengembalikan energi yang telah terbuang setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk waktu ideal melakukan istirahat atau tidur adalah 8 jam per harinya. Membahas tentang tidur tentu saja hal ini tidak bisa lepas dengan namanya posisi tidur, setiap orang memiliki posisi tidur sendiri-sendiri seperti contohnya posisi tidur berbaring, miring kanan kiri ataupun posisi terngkurap. Hal ini dikarenakan dengan posisi tidur yang biasa dilakukan dipercaya akan membuat tidur lebih nyenyak.

Bahaya Tidur Tengkurap

Namun perlu Anda ketahui jika tidak semua posisi tidur baik untuk kesehatan. Menurut beberapa ahli, posisi tidur yang tidak disarankan adalah dengan posisi tengkurap. Posisi tengkurap memiliki efek negatif untuk kesehatan jika dilakukan terus menerus. Mengenai posisi tidur tersebut, kali ini akan dijelaskan mengenai bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan. Simak ulasan berikut ini!

Bahaya Tidur Tengkurap yang Perlu Anda Ketahui

Mengganggu Sistem Pernapasan

Posisi tidur tengkurap tentu sudah pasti dapat mengganggu sistem pernapasan. Posisi tersebut secara otomatis membuat hidung akan tertutup yang membuat susah bernafas. Selain itu, posisi tengkurap juga bisa membuat dada beralih fungsi untuk menompang badan, sehingga dengan posisi tersebut kondisi dada akan menjadi tertekan dan membuat nafas menjadi sesak. Apalagi bagi orang yang memiliki penyakit asma sangat dilarang sekali untuk melakukan posisi tidur dengan tengkurap karena itu akan semakin memperburuk kondisi penyakit tersebut.

Membuat Sakit Jantung

Bahaya tidur tengkurap dapat menyebabkan sakit jantung, hal tersebut disebabkan karena jantung menjadi terhimpit ketika tidur dalam posisi tengkurap. Kondisi tersebut juga tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya yang terjadi pada kinerja saraf pusat dan otak. Oleh karena itu, hindarilah posisi tidur tengkurap dan lakukan posisi tidur yang lebih baik lainnya. Baca juga Tips menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Membuat Badan Menjadi Pegal-pegal

Istirahat biasanya memberikan efek rasa segar dan bugar setelah bangun tidur. Namun hal ini berbanding terbalik ketika tidur dalam posisi tengkurap. Hal ini disebabakan karena posisi ini sering disertai dengan posisi memiringkan kepala ke kanan dan ke kiri untuk menghindari posisi hidung tertutup. Jika posisi tersebut dilakukan selama semalaman maka akan mengakibatkan nyeri pada leher ketika bangun tidur.

Demikian dampak atau bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan. Jadi inilah alasan kenapa tidur tengkurap tidak disarankan dan tidak dianjurkan untuk dilakukan. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas posisi tidur tengkurap memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan tubuh seseorang.

tidur tengkurap - tengkurap - posisi tidur tengkurap - bahaya tidur tengkurap - Mengapa kita harus menghindari posisi tidur telungkup - bahaya posisi tidur - https://disehat com/bahaya-tidur-tengkurap-bagi-kesehatan/ - evek tidur tengkurap setelah makan - epek tidur tengkurep - efek tidur tengkurao bagi kese - efek orang yg sedang tengkurap - efek dari tidur tengkurep - apakah baik untuk kesehatan bila tidur tengkurap - apakah asam lambung tdk boleh tidur tengkurap - apakah boleh orang sakit paru tidur telungkup -