Bahayakah Benjolan di Belakang Telinga Pada Bayi? Berikut Penjelasannya!

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Setiap orang tua tentu saja menginginkan anak yang cerdas dan juga sehat. Akan tetapi tak jarang para orang tua menemukan benjolan-benjolan kecil seperti biji kacang hijau dibelakang telinga. Tentu saja kondisi ini membuat para orang tua khawatir dan panik. Apakah benjolan di belakang telinga pada anak tersebut membahayakan?

benjolan di belakang telinga

Seperti yang dijelaskan dr Meta Hanindita, SpA dari RS Dr Soetomo Surabaya, benjolan yang terdapat dibelakang telinga ataupun kepala pada balita kemungkinan besar adalah kelenjar bening yang sedang aktif. Kelenjar getah bening sendiri berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah putih yang berguna untuk melawan dan memerangi mikroorganisme yang membahayakan bagi tubuh si kecil.

Pembesaran kelenjar getah bening tersebut  dan benjolan di telinga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu adanya gangguan pada bagian tubuh di sekitar telinga, misalnya di rambut, kepala, leher ataupun di rambut. Umumnya kelenjar tersebut terdapat pada lipatan paha, jantung, leher dan juga ketiak. Dan jika dibiarkan, pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening tersebut dapat menyebabkan masalah yang lebih serius dan membahayakan.

dr Meta juga menjelaskan bahwa penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengobati gangguan ataupun masalah pada organ yang mempengaruhi dan menyebabkan kelenjar getah bening tersebut membengkak. Jika organ yang terganggu sudah dapat diatasi dan sembuh, maka aktivitas dari kelenjar getah bening tersebut akan berkurang, dan benjolan di belakang telinga tersebut pun akan mengecil dengan sendirinya.

Lalu apakah benjolan  yang ada di belakang telinga berbahaya?

Menurut dr Meta, apakah benjolan yang ada di belakang telinga tersebut  berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya atau tidak adalah tergantung dari apa yang menyebabkan benjolan itu sendiri. Untuk benjolan yang disebabkan oleh gangguan organ lainnya, benjolan tersebut dapat hilang dengan sendirinya jika gangguan yang menyebabkannya sudah diatasi.

Namun sedangkan menurut dr Rini Purnamasari, SpA, dari Divisi Hematologi Onkologi Anak RSUD Tangerang mengatakan bahwa pembesaran kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh infeksi virus TBC. Sedangkan kemungkinan membesar karena kanker kelenjar getah bening itu hanya memiliki persentase yang kecil.

Dalam keadaan normal kelenjar getah being tidak akan teraba, apak tetapi jika kelenjar getah bening telah melampaui ukuran 1 cm, maka hal ini dicurigai akan berdampak  pada kesehatan si kecil. Jika Anda menemukan benjolan di belakang telinga ataupun di tubuh si kecil lainnya maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak. Khususnya jika pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening dibarengi dengan kondisi lainnya, seperti demam, penurunan berat badan, batuk, flu hingga pilek. Karena hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan si kecil semakin memburuk dan membahayakan kesehatannya.

benjolan di belakang telinga bayi - benjolan kecil di belakang telinga anak - obat benjolan di belakang telinga bayi - benjolan kecil di belakang telinga bayi - benjolan dibelakang telinga bayi - benjolan di belakang telinga anak sejak lahir - benjolan di belakang telinga pada bayi - benjolan di belakang telinga anak - benjolan di belakang telinga pada anak - benjolan dibelakang telinga pada anak - cara mengobati benjolan di belakang telinga pada bayi - benjolan kecil di belakang telinga kanan - benjolan di belakang telinga kiri pada anak - benjolan dibawah telinga bayi - benjolan di bawah telinga bayi -