Beberapa Jenis Makanan Baik Untuk Kesehatan Ginjal

By Categories : Kesehatan

Menjaga ginjal kita selalu sehat dan berfungsi baik adalah hal yang penting. Selain sebagai organ yang berfungsi menyaring berbagai zat berbahaya bagi tubuh, keberadaan ginjal juga sangat penting untuk menunjang proses sekresi dalam tubuh sehingga setiap orang dapat melakukan berbagai aktifitas fisik seperti olahraga dan lainnya dengan nyaman dan aman. Bahkan terganggunya kesehtaan ginjal dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti dehidrasi akut hingga resiko gagal ginjal. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan baik untuk kesehatan ginjal. Baca juga manfaat buah salak unutk kesehatan.

Makanan Baik Untuk Kesehatan Ginjal
Berikut adalah beberapa jenis makanan baik untuk kesehatan ginjal:

1. Putih Telur

Disadari atau tidak, dalam setiap putih telur yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan protein sehat yang sangat tinggi di dalamnya, dengan kadar fosfor yang rendah. Mereka yang mengalami masalah ginjal sangat disarankan untuk mengonsumsi protein dan mengurangi asupan fosfor. Dan di antara sekian banyak sumber protein, hanya putih telur yang memenuhi kriteria tersebut. Namun begitu, kuning telur tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal.

2. Kembang Kol

Kembang kol kaya akan kandungan glucosinolates, indoles, dan tiosianat yang berfungsi untuk menetralisir berbagai jenis racun dari dalam tubuh. Kehadiran zat-zat tersebut tentunya meringankan beban kerja ginjal sehingga terhindar dari kerusakan dini.

3. Paprika Merah

Paprika merah sangat di rekomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah ginjal. Berbagai nutrisi dan substance yang terkandung dalam paprika merah berfungsi penting untuk mengurai sisa limbah dalam tubuh yang berpotensi berubah menjadi racun dan pemicu gangguan kesehatan dikemudian hari. Namun begitu, tidak semua jenis paprika baik untuk ginjal dan pastikan Anda hanya memilik paprika merah sebagai salah satu makanan baik untuk kesehatan ginjal.

4. Kubis

Salah satu jenis sayuran yang biasa kita temukan dalam sop ataupun capcai ini ternyata mengandung Phytochemical yang berfungsi untuk menangkap radikal bebas yang dapat merusak sel ginjal. Untuk mendapat manfaat maksimal hendaknya Anda tidak mengolah kubis hingga terlalu matang dan usahakan untuk mengukusnya saja agar kandungan pentingnya tidak hilang.

5. Ikan

Omega 3 yang terdapat dalam ikan berfungsi penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Omega 3 dibutuhkan untuk melindungi ginjal dari berbagai zat korosif serta kandungan protein dalam ikan berguna untuk meningkatkan proses regenerasi sel dalam organ ginjal itu sendiri. Adapun jenis ikan yang disarankan diantaranya salmon, herring, mackerel, tuna, dan lain-lain.

6. Jus Buah dan Sayur

Beberapa jenis buah-buahan juga termasuk dalam makanan baik untuk kesehatan ginjal. Namun tidak sembarang buah, hanya buah tertentu saja yang memiliki kandungan penting untuk menjaga kesehatan ginjal seperti apel, cherry, berries, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi buah secara raw, maka bisa mengakalinya dengan membuat jus buah.

makanan yang baik untuk ginjal - makanan untuk kesehatan ginjal - makanan yg baik untuk ginjal - makanan sehat untuk ginjal - makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal - makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal - jenis buah sehatkan hati - makanan yg sehat bwt kesehatan rambut - makanan yg baik utk Ginjalv - buah u kshtn g - makanan yg bagus untuk ginjal - Jenis Makanan untuk menjaga kesehatan ginjal - makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal -