Berbagai Manfaat Mahkota Dewa Sebagai Obat Tradisional

By Categories : Manfaat

Manfaat mahkota dewa sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya, padahal jenis tanaman obat yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit baik ringan hingga berat. Selain itu, mahkota dewa juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya. Nah apakah Anda belum mengetahui manfaat dari mahkota dewa? Jika belum simak saja ulasan berikut ini sebab kali ini akan membahas hal tersebut.

Menjaga tubuh agar selalu sehat adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Dengan tubuh yang sehat pastinya kita bisa beraktivitas dengan mudah. Umumnya ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh, mulai dari mengonsumsi makanan sehat bergizi, olahraga secara teratur hingga mengonsumsi suplemen vitamin. Namun tak hanya itu saja, memanfaatkan tanaman obat juga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Salah satu tanaman obat yang dipercaya dapat menjaga kesehatan adalah mahkota dewa. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari tanaman ini. Tak jarang pula mereka meragukan khasiat dari tanaman ini karena belum memilki pengetahuan yang cukup tentang mahkota dewa.

Lantas apa saja kandungan yang terdapat dalam tanaman mahkota dewa? Ada berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya, mulai dari zat alkaloid, flavonoid, polifenol dan juga antioksidan. Nah daripada penasaran, simak saja ulasan khasiat mahkota dewa berikut ini.manfaat-mahkota-dewa

Inilah Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes sebaiknya hati-hati, pastikan Anda sering mengecek kesehatan terutama kadar gula dalam darah Anda. Selain mengurangi asupan gula dan rutin berolahraga jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang dapat menurunkan gula darah Anda, obat alami yang bisa dicoba adalah mahkota dewa.

Baca juga manfaat daun dewa untuk kanker hingga pengobatan tradisional

Cara menurunkan dula darah tinggi dengan mahkota dewa pun sangat mudah, yaitu siapkan buah mahkota dewa secukupnya lalu iris tipis-tipis setelah itu rebus buah tersebut dengan 5 gelas air. diamkan sampai air rebusan tersisa setenganya. Minum tiga kali dalam sehari.

Untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat yang kedua adalah untuk detoksifikasi. Saat ini sudah banyak orang yang mengetahui betapa pentingnya melakukan detoksifikasi tubuh, sebab dengan melakukan hal ini racun dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan mudah. Tak perlu jauh-jauh ke rumah sakit untuk melakukan detoksifikasi, sebab kandungan alkaloid dalam daun dewa bermanfaat dalam detoksidikasi tubuh.

Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine, keringat dan juga feses.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat berikutnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi adalah penyebab dari segala macam penyakit mulai dari darah tinggi, asam urat hingga serangan jantung. Selain itu, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Nah bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, mulailah untuk meminum ramuan tradisional dari mahkota dewa. Zat flavonoid yang terkandung di dalamnya, sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat mahkota dewa selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Umumnya vitamin C dan vitamin B lah yang memiliki peranan ini, namun zat saponin yang terkandung dalam mahkota dewa juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang oleh berbagai penyakit.

Anti Virus dan Anti Bakteri

Kandungan alkaloid pada mahkota dewa bermanfaat sebagai anti virus serta menangkal bakteri di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus dan bakteri. Selain itu, buah ini juga dapat memangkal segala penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri.

Melancarkan Peredaran Darah

Berikutnya adalah bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. mahkota dewa mengandung zat yang dapat melancarkan peredaran darah yaitu zat flavonoid di dalam mahkota dewa. Jika peredaran darah lancar maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga gangguan.

Selain itu, flavonoid yang terkandung pun dapat mengurangi timbunan lemak yang ada di dalam pembuluh darah, sehingga jantung akan lebih sehat dan organ lainnya pun bisa mendapatkan suplai darah yang cukup.

Mengobati Gatal-gatal

Polifenol yang terkandung di dalam mahkota dewa juga bisa bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal. Jika Anda mengalami hal ini, ambilah mahkota dewa lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu Anda bisa menempelkan tumbukan daun mahkota dewa ke bagian tubuh yang gatal. Lakukan secara teratur hingga gatal-gatal tersebut hilang.

Baca juga obat tradisional gatal kulit akibat alergi

Nah itulah beberapa manfaat mahkota dewa untuk kesehatan hingga untuk pengobatan tradisional.

loading...
tanaman temu lawak dan selasih -