Bisakah Olahraga Saat Puasa Menurunkan Berat Badan? Berikut Ulasannya

By Categories : Kesehatan

Olahraga saat puasa bisa menurunkan berat badan? Hal inilah yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Para umat muslim tentu saja tidak hanya menginginkan pahala besar ketika bulan Ramadhan, namun seseorang umat muslim yang memiliki berat badan berlebih pastinya berharap berat badannya akan turun ketika berpuasa. Lantas apakah puasa yang diimbangi dengan olahraga dapat menurunkan berat badan secara signifikan? Nah bagi Anda yang penasaran, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia, Ramadhan merupakan bulan agung  yang sangat dinanti-nanti. Selain  bernilai ibadah, puasa yang dilakukan juga memiliki manfaat lain termasuk dalam aspek kesehatan. Bagi umat Islam sendiri, hubungan antara puasa dan kesehatan tentunya sudah tidak asing lagi. Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, menurunkan risiko penyakt jantung dan mengatasi tekanan darah tinggi, puasa yang Anda lakukan juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui, berat badan berlebih atau obesitas adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Namun meskipun puasa dapat menurunkan berat badan, Anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini pun dibenarkan oleh Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS SpGK, dokter gizi FKUI. Menurut dr Fiastuti, puasa memang bisa membuat seseorang kehilangan berat badan. Namun Anda juga harus mengimbanginya dengan pola makan sahur dan buka yang sehat serta jangan lupa untuk berolahraga.Bisakah Olahraga Saat Puasa Menurunkan Berat Badan

Untuk menghindari dehidrasi Anda bisa olahraga pada sore hari mendekati waktu buka puasa. Atau jika Anda memang tidak kuat, Anda bisa olahraga setelah buka puasa atau setelah sholat tarawih. Lantas olahraga apa yang disarankan untuk dilakukan saat puasa? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Jenis Olahraga Saat Puasa yang Tepat untuk Dilakukan

Yoga

Olahraga yang pertama adalah yoga. Tak hanya dapat dilakukan menjelang buka puasa saja, yoga juga dapat dilakukan kapanpun ketika puasa. Karena yoga merupakan olahraga ringan yang tidak akan menguras habis energi Anda.

Beberapa manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan antara lain dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak serta dapat mempercepat peoses detoksifikasi di dalam tubuh. Ketika ingin melakukan yoga, pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian agar yoga yang Anda lakukan dapat lebih maksimal.

Baca juga menu buka puasa dan sahur yang harus dihindari penderita maag

Bersepeda

Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda, hal ini juga dapat Anda lakukan. Dalam setiap harinya, lakukanlah bersepeda selama 45 menit untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa menggunakan sepeda statis ataupun dinamis.

Bersepeda yang Anda lakukan selama kurang lebih 45 menit dapat membakar 300 kalori untuk wanita dan 350 kalori untuk pria. Anda bisa berspeda setelah sholat shubuh ataupun menjelang buka puasa. Jika dibandingkan dengan olahraga yang lain, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan pastinya menyehatkan.

Naik Turun Tangga

Olahraga berikutnya adalah naik turun tangga. Meskipun terkesan sepele akan tetapi naik turun tangga juga merupakan salah satu olahraga yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Naik turun tangga yang Anda lakukan selama kurang lebih 10 menit dapat membantu menurunkan kalori dalam tubuh sebesar 178 kalori.jenis olahraga saat puasa

Selain menyehatkan, olahraga saat puasa yang satu ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang sering menggunakan lift atau eskalator ketika akan menuju kantor ataupun di pusat perbelanjaan, Anda bisa mencoba menggunakan tangga agar lebih sehat dan bugar.

Treadmill Ringan

Treadmill dengan kecepatan ringan juga dapat Anda jadikan pilihan alternatif olahraga ketika puasa. Jika dibandingkan dengan jogging, treadmill tidak akan membuat Anda terlalu lelah dan lemas. Karena tidak banyak energi yang dikeluarkan. Namun jika Anda tidak terbiasa melakukan treadmill, Anda bisa menggantinya dengan jogging. Namun pastikan Anda tetap memasang intensitas jogging yang ringan agar tubuh terhindar dari dehidrasi yang berlebihan.

Jalan Cepat

Olahraga paling efektif dan tidak menguras habis energi yang dapat Anda lakukan berikutnya adalah jalan cepat ataupun jalan santai. Jika dibandingkan dengan olahraga lainnya, jalan cepat tentunya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Jalan cepat atau jalan santai juga dapat Anda lakukan ketika ngabuburit atau menunggu waktu berbuka bersama teman-teman. Tentu saja hal ini lebih menyenangkan.

Namun meskipun begitu Anda tetap harus mengatur waktu untuk jalan cepat. Jalan cepat yang dilakukan kurang lebih 30 menit dapat membantu Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh serta dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga tips menurunkan berat badan saat puasa

Demikianlah ulasan mengenai menurunkan berat badan dengan olahraga saat puasa lengkap dengan jenis olahraga yang dapat dilakukan.

Loading...
bolehkah jogging menurunkan berat badan ketika puasa? - kombinasi puasa dan olah raga untuk turunkan berat badan - mampukah berpuasa menurunkan berat badan - olah raga saat puasa penambah berat badan - olahraga setelah sahur turunkan berat badan - olahraga yv cicok untuk menurunkan berat bsdan saat puSa - puasa dengan senam bisa menurunkan berat badan - waktu joging saat berpuasa untuk memurunkan berat badan -