Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berikut Ulasannya!

By Categories : Kesehatan

Hamil adalah salah satu hal yang paling diidam-idamkan bagi para pasangan suami istri. Karena dengan lahirnya sang buah hati pastinya dapat membuat keluarga lebih lengkap dan harmonis. Seperti yang kita ketahui ibu hamil seringkali mengalami ngidam. Ngidam sendiri merupakan suatu keinginan seorang ibu untuk mengonsumsi beberapa makanan ketika hamil. Dan seringkali ngidam yang dialami oleh para istri terkadang membuat kewalahan.

Mengonsumsi makanan tertentu pada saat hamil adalah hal yang wajar, akan tetapi ketika ingin mengonsumsi sesuatu pastikan Anda pun memperhatikannya. Karena asal-asalan dalam mengonsumsi makanan dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Sebenarnya, ada beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil, seperti makanan yang berbahan dasar ikan mentah, makanan yang berbahan dasar keju ataupun susu yang tidak melalui pasteurisasi, minuman yang mengandung alkohol serta membatasi minuman yang mengandung kafein, seperti teh ataupun kopi.

Lantas bagaimana dengan buah durian? Bolehkan ibu hamil makan durian? Pertanyaan itu yang seringkali ditanyakan oleh sebagian besar ibu hamil. Pasalnya hingga saat ini masih banyak yang memperdebatkan tentang manfaat buah durian bahayanya ketika dikonsumsi ibu hamil.

Pada dasarnya durian tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Akan tetapi ada dua zat dalam buah durian yang berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. kedua zat tersebut adalah alkohol dan asam arachidonat.

Kandungan alkohol dalam buah durian dapar menyebabkan gangguan pada perkembangan janin. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan  bayi lahir prematur dengan berat badan rendah ketika lahir. Sedangkan asam arachidonat dapat membentuk prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah senyawa yang dapat merangsang kontraksi yang dapat menyebabkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir.

Namun Anda jangan khawatir, karena buah durian juga dapat dikonsumsi dengan jumlah yang terbatas. Namun agar tidak terjadi masalah pada kehamilan, sebaiknya jangan mengonsumsi buah durian saat hamil. Nah itulah penjelasan terkait apakah boleh ibu hamil makan durian atau tidak. Tak hanya pertanyaan itu saja yang sering ditanyakan ibu hamil, para  ibu hamil juga sering menanyakan apakah produk olahan makanan dari durian seperti es krim, pancake dan lainnya boleh dimakan?

Durian merupakan salah satu buah yang mengandung gula serta lemak yang tinggi. Dan jika diolah menjadi es krim ataupun pancake, kadar lemak dan gula yang ada pastinya akan semakin tinggi. Tingginya kadar lemak dan gula dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin, seperti diabetes, kolesterol, berat badan berlebih hingga tekanan darah tinggi.

Meskipun sedang hamil, para ibu pun harus tetap memperhatikan berat badan. Karena berat badan yang berlebih beresiko mengalami operasi caesar pada saat persalinannya.