Bolehkah Mengonsumsi Nanas untuk Ibu Hamil? Berikut Penjelasannya!

By Categories : Kesehatan

Buah nanas atau nanas cosmosus merupakan buah yang berasal dari Brazil. Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga kaya akan vitamin dan nutrisi sama seperti buah lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, bromelain dan masih banyak lagi. Namun bolehkan mengonsumsi nanas untuk ibu hamil? seperti yang Anda ketahui kehamilan tidak luput dari berbagai macam mitos yang berkembang di masyarakat.

nanas untuk ibu hamil

Bahkan seorang wanita hamil yang mengidam makanan tertentu akan dilarang untuk mengonsumsinya karena dikhawatirkan menggaggu perkembangan janin. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, buah nanas merupakan salah satu makanan penyebab keguguran yang harus dihindari ibu hamil. Lantas mengapa ibu hamil dilarang mengonsumsi buah nanas? Berikut ulasannya.

Inilah penjelasan mengapa mengonsumsi nanas untuk ibu hamil dilarang

Kontraksi sebelum waktunya

Umumnya wanita hamil yang sedang memasuki kehamilan trimester pertama sangat rentan terhadap masalah kehamilan, terutama seorang wanita yang memiliki rahim lemah. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari buah yang satu ini meskipun sedang mengidam. Hal ini dikarenakan nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan leher rahim atau serviks. Sehingga jika dikonsumsi berlebihan buah ini dikhawatirkan dapat menganggu kehamilan. Anda bisa mengonsumsinya setelah melewati trimester pertama. Namun meskipun begitu Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang terbatas dan pastikan pilihlah buah nanas yang telah matang.

Dapat menyebabkan keguguran

Buah nanas pada ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keguguran. Benarkah hal tersebut? Seperti yang Anda ketahui buah nanas mengandung bromelain di dalamnya yang dapat menyebabkan hal tersebut. Hindari mengonsumsi nanas yang masih masih muda dengan kulit berwarna hijau. Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan selama kehamilan, tak ada salahnya untuk menghindari buah nanas. Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil, seperti apel, pisang, mangga dan lainnya.

Masalah kesehatan pada kehamilan

Selanjutnya adalah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kehamilan. Rasa asam yang terkandung dalam buah nanas dapat menyebabkan masalah pada lambung. Bagi seorang ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag, buah nanas tersebut dapat menyebabkan asam lambung naik. Meskipun buah yang satu ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, namun seorang ibu hamil yang menderita penyakit gastritis sebaiknya tidak mengonsumsinya selama hamil. Karena selain dapat membuat kesehatan Anda tertanggu,  kandungan yang ada di dalam buah nanas juga dapat mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.

Agar lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan ataupun bidan. Tanyakan juga apa saja makanan yang baik dikonsumsi selama hamil. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk menunjang kesehatan Anda dan janin Anda, mengingat kondisi kesehatan setiap hamil berbeda.

Nah itulah penyebab mengapa tidak boleh mengonsumsi nanas untuk ibu hamil.