Cara Jitu Mengatasi Rambut Mengembang yang Tepat

By Categories : Tips Perawatan

Banyak orang yang menanyakan bagaimana cara jitu mengatasi rambut mengembangĀ  dengan mudah. Melalui artikel ini, akan membahas mengenai masalah tersebut. Memiliki rambut yang sehat, indah dan terawat tentu saja menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun terkadang kebiasaan yang dilakukan, tanpa kita sadari dapat merusak rambut dan membuatnya tampak mengembang serta tidak sehat. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menganggu penampilan seseorang, apalagi jika Anda diharuskan bertemu banyak orang dalam setiap harinya.

Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat membuat rambut rusak dan mengembang, diantaranya yaitu sering terkena paparan sinar matahari, gonta-ganti cat rambut, penggunaan catok rambut, produk perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya dan masih banyak lagi. Nah bagi Anda yang tidak ingin memiliki rambut mengembang, berikut adalah beberapa cara mengatasinya yang dapat Anda coba.

cara jitu mengatasi rambut mengembang

Inilah Cara Jitu Mengatasi Rambut Mengembang dan Kering

Bersihkan Rambut Secara Rutin

Yang pertama adalah bersihkan rambut secara rutin. Disamping dapat mengatasi rambut yang mengembang, membersihkan rambut secara rutin juga dapat menghindarkan Anda dari rambut lepek dan bau tidak enak. Meskipun dianjurkan untuk membersihkan rambut secara rutin, namun jangan tiap hari dalam melakukan hal ini. Karena membersihkan rambut yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Akibatnya hal ini tentu saja dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan mengembang.

Baca juga manfaat lemon untuk rambut, kulit dan diet

Gunakan Conditioner Rambut

Yang kedua adalah dengan menggunakan conditioner. Gunakanlah conditioner setidaknya 1 kali seminggu setelah keramas. Kandungan bahanĀ  yang ada di dalam conditioner dapat membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Dalam memilih conditioner pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Hindari Catok Rambut dan Hairdyer

Berikutnya adalah Anda juga harus kurangi dan hindari penggunaan catok rambut dan hairdryer. Tahukah Anda bahwa alat-alat pemanas rambut tersebut juga merupakan penyebab rambut menjadi mengembang dan tidak sehat. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindarinya. Jika ingin mengeringkan rambut, Anda bisa mengangin-anginkannya dengan menggunakan kipas angin ataupun dengan handuk.

Memotong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut yang sudah panjang secara rutin juga merupakan cara paling efektif untuk mengatasi rambut yang kering dan mengembang. Karena jika Anda memotongnya, rambut bercabang yang merupakan penyebab dari rambut mengembang dapat teratasi dengan baik. Tak hanya itu saja, memotong rambut juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Dengan Menggunakan Bahan Alami

Cara jitu mengatasi rambut mengembang selanjutnya adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami. Jika dibandingkan menggunakan dengan produk perawatan rambut yang dijual di pasaran tak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan alami. Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi rambut yang mengembang:

Santan Kelapa

Selain digunakan sebagai bahan masakan, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Siapkan santan kelapa lalu campurkan dengan sedikit jeruk nipis dan oleskan pada rambut sampai merata. Diamkan selama 30 menit dan bungkus dengan shower cap lalu bilas hingga bersihd engan menggunakan shampo.

Menggunakan Susu

Yang kedua adalah dengan menggunakan susu. Meskipun terlihat tidak masuk akal, akan tetapi perawatan rambut mengembang dengan menggunakan susu secara teratur juga dapat membuatnya tampak sehat. Caranya basahi rambut dengan susu murni sampai merata lalu bungkus dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Menggunakan Mayones

Dapatkah mayones digunakan untuk melembutkan rambut? Banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk mendapatkan rambut yang lembut dan sehat. Hal ini dikarenakan mayones kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat menutrisi rambut. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu bersihkan rambut dengan keramas lalu keringkan dan oleskan mayones pada rambut sampai rata. Bungkus rambur dengan shower cap atau Anda juga bisa menggunakan handuk hangat. Diamkan selama 20 menit setelah itu Anda bisa membilasnya dengan shampo hingga bersih.

Pisang dan Madu

Bahan alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk melembutkan rambut adalah pisang dan madu. Caranya tidak sulit, lumatkan pisang ke dalam mangkok lalu tambahan satu sendok makan madu. Setelah itu aduk hingga keduanya tercampur rata. Setelah itu, oleskan pada rambut dan diamkan sampai mengering. Lalu bilas sampai bersih. Lakukanlah perawatan ini selama 2 minggu sekali agar hasilnya lebih optimal.

Konsumsi Makanan Sumber Vitamin B

Selain perawatan dari luar, Anda juga harus merawatnya dari dalam dengan cara mengonsumsi makanan kaya vitamin B. Makanan tersebut akan membantu Anda dalam menguatkan dan melembutkan rambut.

Baca juga tips perawatan rambut alami dengan bayam

Demikianlah ulasan mengenai cara jitu mengatasi rambut mengembang dengan mudah dan alami.

loading...
apakah sanatan kara bisa mengatasi rambut mengembang - cara memotong rambut yang mengembang - kebiasaan baik yang mengurangi rambut ngembang - makna dari rambut mengembang - mengatasi rambut mengembang karena angin - obat penghalus rambut alami - santan untuk rambut mengembang -