Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar

By Categories : Kesehatan

Mengetahui cara memandikan bayi baik dan benar adalah hal yang sangat penting bagi para wanita, terlebih bagi mereka yang sudah ingin menjadi calon ibu. Memandikan bayi adalah kegiatan yang terbilang gampang-gampang susah dan tidak semua orang dapat dengan mudah melakukannya. Banyak hal yang dapat Anda harus persiapkan salah satunya adalah mental seorang ibu atau keberanian. Memang sekarang banyak kasus yang terjadi sekarang ini banyak ibu yang tidak memiliki keberanian untuk memandikan bayinya. Hal ini dengan alasan karena takut jika melukai tubuh bayi yang masih sangat rentan. Maka dari itulah masih banyak dari mereka yang lebih memilih menggunakan beby sister untuk membantu untuk merawat bayi.

cara-memandikan-bayi
Pada prinsipnya cara memandikan bayi yang baik dan benar adalah harus telaten dan berhati-hati. Jika tidak memperhatikan prinsip tersebut maka akan membahayakan bagi keselamatan bagi bayi Anda. Setelah memperhatikan prinsip tersebut, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara memandikan bayi yang baik dan benar, diantaranya sebagai berikut !

Inilah Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Baik

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika ingin memandikan bayi. Sebelum memandikan bayi, terdapat hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu perlengkapan bayi diantaranya sebagai berikut :

  • Baskom yang telah berisi air hangat.
  • Handuk yang lembut dan tebal, yang berguna untuk menghangatkan bayi Anda ketika selesai dimandikan.
  • Produk memandikan bayi seperti shampo, sabun, lation dan bedak bayi

Nah itulah sebagian dari beberapa perlengkapan bayi yang harus Anda siapkan sebelum memandikan bayi.  Selanjutnya saatnya Anda mengetahui langkah atau cara memandaikan bayi yang baik dan benar. Langsung saja simak ulasan berikut ini !

  • Pertama yang harus dilakukan sebelum memandikan bayi adalah melepaskan pakaian bayi dengan perlahan. Untuk mempermudah Anda bisa meletakkan di tempat dengan  posisi yang aman dan nyaman.
  • kedua mulailah untuk membasuh tubuh bayi dengan air hangat yang sudah disediakan. Basuh semua area tubuh selain mata.
  • Setelah bagian tubuh telah terbasahi oleh air, selanjutnya basuh menggunakan produk bayi sesuai dengan kegunaan.
  • Bersihkan kembali tubuh bayi dan hangatkan dengan menggunakan handuk tebal. Satu hal yang harus dilakukan adalah usahakan selalu menompang pundak dan leher bayi karena bagian ini cenderung sangat rawan.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara memadikan bayi yang baik dan benar yang dapat Anda  ketahui. Untuk sang buah hati jangan pernah melakukan hal dengan coba-coba karena justru akan dapat membahayakan bagi keselamatannya. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi.