Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat Tanpa Obat

By Categories : Kesehatan

Cara menambah berat badan dengan cepat sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Hanya saja ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar usaha yang Anda lakukan tidak sia-sia. Seperti yang kita ketahui memiliki berat badan yang ideal dan proporsional merupakan impian bagi setiap orang, baik pria dan wanita. Sama seperti seseorang yang kelebihan berat badan, seseorang yang kekurangan berat badan tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri.

Sebelum melakukan program peningkatan berat badan, tak ada salahnya Anda periksa kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah berat badan Anda memang berada di bawah normal. Jika iya, maka bisa jadi Anda membutuhkan penanganan medis. Tahukah Anda bahwa ada beberapa kondisi yang menyebabkan berat badan seseorang  mengalami penurunan? Untuk  lebih jelasnya, berikut ulasannya.

cara menambah berat badan dengan cepat

  • Anorexia Nervosa

Anorexia nervosa merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat pengidapnya sangat terobsesi dengan tubuh kurus. Saking takutnya, mereka akan membatasi asupan makanan yang mereka konsumsi dan olahraga berlebihan. Beberapa dari mereka juga akan berusaha memuntahkan kembali makanan yang telah ia konsumsi.

  • Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan suatu kondisi tubuh yang dapat menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Gejala umum yang sering dialami seseorang yang menderita penyakit ini adalah penurunan berat badan yang sangat signifikan, jantung berdebar kencang, mood cepat berubah dan gelisah.

  • Penyakit Coeliac

Berikutnya adalah penyakit coeliac. Penyakit ini membuat tubuh penderitanya tidak dapat menyerap nutrisi makanan yang ia konsumsi. Oleh karena itu seseorang yang mengalami kondisi ini akan mengalami penurunan berat badan.

Nah itulah beberapa penyebab dari turunnya berat badan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cobalah untuk mengikuti cara berikut ini.

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Alami

Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Cara mudah dan efektif untuk menambah berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi yang tepat. Dan sebaiknya Anda menghindari makanan tinggi gula dan lemak. Meskipun sama-sama bisa menaikkan berat badan, akan tetapi makanan tersebut tidaklah sehat dan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat dikonsumsi dalam setiap harinya yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging ayam tanpa kulit dan lainnya.

Baca juga jenis susu penambah berat badan

Menambah Asupan Kalori

Selain mengonsumsi makanan kaya nutrisi, penting sekali untuk menambah asupan kalori dalam tiap makanan Anda. Seperti menambahkan parutan keju dan minum susu. Seseorang yang memiliki berat badan rendah tentu saja bebas dalam mengonsumsi makanan apapun untuk menaikkan berat badannya. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan sebab jika tak berhati-hati dapat mengakibatkan kelebihan gula dan kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi Smoothies atau jus

Berikutnya adalah dengan mengonsumsi smoothies atau jus. Smoothies merupakan minuman berbahan dasar buah yang dicampur dengan yoghurt atau susu serta bahan-bahan lain yang kemudian di blender. Minuman ini tentu saja lebih sehat dan baik jika dibandingkan dengan minuman bersoda, kopi ataupun minuman berenergi lainnya yang tak memiliki nutrisi.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin juga merupakan salah satu cara menambah berat badan dengan cepat dan efektif yang dapat Anda coba. Tak hanya dapat melatih kekuatan dalam membentuk otot, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Beberapa olahraga yang bisa dicoba antara lain senam aerobik, berenang, berlari dan bersepeda statis. Selain berolahraga Anda juga bisa memadukannya dengan mengonsumsi minuman kaya protein, seperti susu rendah lemak sebelum tidur.

Minum 30 Menit Setelah Makan

Minum banyak air sebelum makan tentunya dapat membuat perut terasa kenyang. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda minum di tengah makan ataupun 30 menit setelah makan. Hal ini tentu saja dapat membuat tubuh dapat menyerap kalori lebih banyak.

Istirahat Teratur

Buruknya kualitas tidur yang Anda lakukan dapat membuat sistem metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk menghindari hal ini pastikan istirahat secara teratur dan bangun tepat waktu agar badan tetap fresh dan pastinya berat badan tetap terjaga.

Mengonsumsi Camilan

Tak ada salahnya menambahkan beberapa camilan di sela-sela jam makan utama. Akan tetapi pastikan Anda mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan, salad sayur, kacang kedelai, kagung rebus dan lainnya. Sebisa mungkin hindarilah makanan yang diolah dengan cara digoreng ataupun makanan kemasan. Karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak jahat serta natrium tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.

Konsumsilah Makanan Kesukaan Anda

Mengonsumsi makanan kesukaan juga cara paling efektif agar berat badan bertambah. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang sedang mengikuti program peningkatan berat badan, makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil juga sangat dianjurkan.

Baca juga jenis makanan penambah berat badan

Nah itulah beberapa cara menambah berat badan dengan cepat dan alami.

Loading...
cara menambah berat badan menggunakan obat - cara agar tubuh menyerap nutrisi dengan baik - obat penyerap makanan - Obat apa yang cepat menaikkan berat badan - cara obat penambah berat badan dengan cepat - cara mudah dan cepat menambah berat badan tanpa obat com - Cara menggemukkan badan tanpa menggunakan perawatan dan obat apapun - cara mengatasi metabolisme tubuh tanpa obat - cara menambah berat badan tanpa suplemen - cara menambah berat badan tanpa mengkomsumsi obat - cara menaikan berat badan tanpa minum susu - Cara memperbesar badan tanpa operasi secarah tradisional - obat untuk menambah lemak -