Cara Menambah Berat Badan Janin di  Dalam Kandungan

By Categories : Kesehatan

Seseorang yang sudah menikah, kehamilan dan kelahiran buah hati merupakan suatu momen terbaik dan membahagiakan. Oleh karena itu ketika hamil salah satu kewajiban yang harus dilakukan adalah menjaga kehamilan serta memeriksakannya ke dokter kandungan secara rutin. Hal ini dikarenakan pemeriksaan kandungan sangat berguna untuk mengetahui keadaan janin.

Cara Menambah Berat Badan

Sehingga jika terjadi suatu masalah,  tentu saja dapat segera diatasi. Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah masalah pada berat badan bayi. Hampir setiap ibu hamil memiliki berat badan janin yang berbeda-beda. Ada yang standar, rendah hingga ada pula yang kelebihan berat badan. Seorang ibu hamil yang memiliki berat badan bayi rendah ada baiknya untuk segera menambah berat badan pada janin Anda. Karena berat badan yang rendah dapat meningkatkan berbagai macam penyakit pada janin Anda.

Beberapa faktor yang menyebabkan berat badan bayi rendah, antara lain kurangnya gizi saat hamil, gaya hidup yang tidak sehat, paritas ibu serta umur ibu yang masih muda. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara menambah berat badan janin di dalam kandungan.

Cara menaikkan berat badan janin dalam kandungan

Menerapkan gaya hidup sehat

Sudah menjadi kewajiban para ibu hamil jika mereka harus menerapkan gaya hidup sehat. Karena hal ini tentu saja memiliki efek posistif bagi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Mengonsumsi ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, tengiri dan lainnya  juga sangat baik bagi perkembangan dan kesehatan janin.  Karena ikan kaya akan vitamin dan nutrisi tinggi. Sebaiknya, hindarilah minuman beralkohol, minuman berkafein, hindari rokok serta jangan menggunakan obat-obatan tanpa resep dari dokter.

Mengonsumsi buah dan sayur

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang Anda konsumsi  memiliki peranan penting dalam menaikkan berat badan janin. Karena kedua makanan tersebut kaya akan vitamin serta nutrisi. Beberapa buah yang baik untuk ibu hamil antara lain, kiwi, jeruk, alpukat dan masih  banyak lagi.

Memenuhi asupan protein

Cara menambah berat badan janin di dalam kandungan selanjutnya adalah dengan cara memenuhi asupan protein. Makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi antara lain daging sapi, daging ayam dan lainnya. Bagi Anda pecinta daging sebaiknya menghindari daging setengah matang, karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada janin.

Mengonsumsi minuman sehat

Minum susu untuk ibu hamil secara rutin yaitu setiap pagi dan sore juga dapat menambah berat badan bayi. Selain itu, biasanya Anda pun akan dianjurkan untuk mengonsumsi camilan sehat lainnya seperti es krim, yoghurt kue manis dan lainnya. Selain susu, Anda juga tetap harus meminum air mineral sebanyak 8 hingga 10 gelas dalam setiap harinya dan hindari minuman bersoda.

Penuhi asupan air dan olahraga

Tak hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi saja, bagi ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan asupan air yang harus dikonsumsi selama hamil. Tak hanya berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin, air juga berguna untuk menjaga kesehatan serta  menaikkan berat badan bayi. Selain itu, ibu hamil juga harus berolahraga secara rutin. Beberapa olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah renang, lari kecil, jalan kaki dan lainnya.

Istarahat cukup

Memiliki kualitas tidur yang baik juga dapat menambah berat badan bayi. Selama hamil, pastikan ibu hamil tidak terlalu capek dan tentunya Anda harus beristirahat cukup dalam setiap harinya.

Hindari stres

Cara menambah berat badan janin selanjutnya adalah pastikan ibu hamil menghindari stres. Ketika hamil, banyak para ibu yang akan mengalami ketakutan dan kecemasan yang berlebih dan pastinya hal ini dapat membuat ibu hamil merasa stres dan depresi. Padahal seorang ibu hamil harus menghindari stres, karena stres yang berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu hamil dan janin. Tak hanya itu saja, stres juga dapat membuat ibu hamil tidak nafsu makan. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan berat badan janin akan sulit bertambah.

Menyediakan camilan

Kata cemilan seringkali dianggap tidak sehat dan harus dihindari. Menjadi tidak sehat jika cemilan tersebut mengandung pengawet, pewarna dan zat berbahaya lainnya. Namun jika Anda mengonsumsi camilan sehat, pastinya akan memiliki dampak positif bagi kesehatan Anda dan pertumbuhan janin. Anda bisa memanfaatkan buah-buahan segar sebagai camilan sehari-hari.

Konsultasi ke dokter

Agar usaha Anda tidak sia-sia, pastikan Anda selalu berkonsultasi ke dokter ataupun bidan Anda. Hal ini dikarenakan dokter dan bidan Anda pastinya akan memberikan vitamin atau suplemen agar Anda dan janin tetap sehat dan normal.

Demikianlah ulasan mengenai cara menambah berat badan janin di dalam kandungan. Baca juga artikel terkait lainnya pantangan untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

makanan penambah berat badan janin didalam kandungan - makanan yang membuat janin besar didalam kandungan - cara mempercepat pertumbuhan janin dalam kandungan - jus alpukat apa cepat menambah berat badan bayi dlm kandungan - apakah alpukat bisa menambah berat badan janin - artikel makanan penambah berat badan janin - mempercepat pertumbuhan janin - jus alpukat bisa menambah berat janin - googleapa susu hamil cepat menaikan bb janin - es krim yg mempercepat janin tumbuh - cara mempercepat perkembangan janin - cara besarkan berat janin - cara menambah berat badan janin dlm kandungan - benarkah avokad bisa membesarkan janin - apa alpukat bisa menaikkan bb janin -