Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

By Categories : Tips Perawatan

Cara mengatasi bau mulut tak sedap dengan cara-cara alami lebih banyak dicari dibandingkan dengan menggunakan obat kumur yang mengandung bahan kimia. Mulut dengan bau tak sedap tentu sangat mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri Anda ketika berbicara dengan orang lain.

Bau mulut merupakan masalah kesehatan  yang susah untuk dideteksi oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengecek bau mulut dengan cara meniup tangan kemudian menciumnya. Padahal cara tersebut kurang efektif. Cara yang efektif adalah dengan menjilat tangan kemudian diamkan hingga air liur mengering dan cium tangan Anda. Jika berbau berarti Anda mengalami masalah bau mulut. Bagi Anda yang mengalami bau mulut padahal rutin menggosok gigi perlu waspada karena bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada mulut Anda.

cara mengatasi bau mulut tak sedap

Lalu apa penyebab dari bau mulut tak sedap? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui

  • Makanan makanan pemicu bau mulut, seperti jengkol dan petai.
  • Kurang dapat menjaga kesehatan mulut. Ini biasanya karena jarang menggosok gigi.
  • Kebiasaan merokok,biasanya menimbulkan bau seperti tembakau.
  • Sakit sariawan.
  • Tidak sarapan pagi.
  • Gangguan pada gigi, seperti gigi berlubang.

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap dengan Cepat

Memiliki bau mulut yang tidak sedap akan menurunkan kredibilitas seseorang, sehingga menimbulkan persepsi jika orang tersebut kurang dapat menjaga kebersihan. Untuk itu berikut beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa Anda lakukan.

Teh hijau

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin. Teh hijau merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, teh hijau juga mampu menghilangkan plak serta membunuh bakteri yang menempel di gigi atau mulut berkat senyawa carechin yang ada di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi teh hijau 2-3 kali sehari, dan pastikan Anda tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Berkumur dengan garam

Cara mengatasi bau mulut tak sedap selanjutnya adalah dengan berkumur dengan garam. Terkadang setelah menggosok gigi dan berkumur, kuman-kuman yang menyebabkan bau mulut akan tetap tertinggal. Dengan menggunakan obat kumur juga tidak baik karena akan mengurangi produktivitas air liur. Solusinya adalah degan berkumur menggunakan air garam. Selain lebih terjangkau, air garam merupakan bahan alami yang aman untuk kesehatan mulut. Anda dapat berkumur dengan air garam setelah menggosok gigi.

Mengonsumsi permen karet

Permen karet juga cukup efektif menghilangkan bau mulut tak sedap. Dengan rutin mengonsumsi permen karet, mulut akan terus memproduksi air liur. Selain itu, permen karet juga berguna untuk menguatkan gigi. Jadi Anda dapat mengonsumsi permen karet untuk menghilangkan bau tak sedap dan mendapatkan gigi yang sehat.

Kencur

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kencur. Kencur memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata kencur juga cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Caranya adalah dengan menyiapkan 10 gram kencur, pinang, 15 gram daun sirih, tanaman adas, dan setengah liter air. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Setelah itu saring airnya dan Anda dapat meminumnya setiap akan tidur malam. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali seminggu.

Minum air putih

Fungsi dari air putih ini adalah dapat membuat mulut Anda terhindar dari dehidrasi. Jika air liur berkurang di dalam mulut maka akan menimbulkan bau mulut tidak sedap. Untuk itu, Anda disarankan untuk rutin minum air putih minimal 8 gelas perhari sebagai cara mengatasi bau mulut tak sedap secara mudah.

Mengonsumsi buah-buahan segar

Cara ini memang tergolong efektif untuk menghilangkan bau mulut. Ada banyak buah-buahan segar yang bisa Anda konsumsi. Selain menghilangkan bau mulut buah-buahan segar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun buah-buahan yang bisa Anda konsumsi adalah sebagai berikut.

  • Buah Stroberi. Buah ini dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut. Ini karena stroberi mengandung banyak vitamin C yang dapat membunuh bakteri dan kuman di dalam mulut.
  • Buah lemon. Rasa asam pada lemon mampu menetralisir bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Buah Pir. Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras sehingga mampu membersihkan sisa-sisa makanan uang menempel di permukaan gigi.

Rajin menggosok gigi

Ini merupakan cara paling umum digunakan orang untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Namun perlu Anda ketahui jika menggosok gigi minimal 2 kali sehari, dan jika Anda ingin menjaga mulut tetap sehari Anda dapat menggosok gigi setelah makan. Cara ini cukup efektif karena sisa-sisa makanan yang Anda makan akan langsung hilang dan membuat gigi selalu bersih.

baca juga : memutihkan gigi dengan cepat

Itulah beberapa cara mengatasi bau mulut tak sedap dengan cepat yang bisa Anda coba.

Loading...