Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Selalu tampil cantik dan menarik merupakan harapan bagi setiap orang. Selain jerawat dan ketombe, masalah yang sering dialami oleh para wanita adalah bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa hal yang merupakan penyebab bibir kering dan pecah-pecah, antara lain kebiasaan menjilat bibir, beraktifitas di ruangan ber AC, lipstik yang tidak cocok dan masih banyak lagi. Pada umumnya bibir kering dan pecah-pecah bukanlah suatu penyakit. Akan tetapi bibir kering menandakan bahwa seseorang tersebut mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengonsumsi air putih secara teratur. Namun selain itu, Anda harus mengimbanginya dengan memberikan nutrisi dan vitamin pada bibir. Nah berikut adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami.

Cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Hindari kebiasaan menjilat bibir

Seperti yang Anda ketahui, menjilat bibir merupakan salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan saliva atau air liur akan menguap lebih cepat dan justru akan membuat bibir Anda lebih kering daripada kondisi sebelumnya. Sehingga terlalu sering melakukan kebiasaan ini dapat memperparah keadaan bibir.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Yang kedua adalah dengan cara memnuhi kebutuhan nutrisi. Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B, asam lemak esensial dan juga zat besi. Untuk mengatasinya pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung ketiga  nutrisi tersebut atau Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk vitamin ataupun suplemen.

Menggunakan madu

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada bibir secara rutin dan teratur. Madu yang Anda gunakan dapat menjadi pelembab bibir alami, sehingga dapat mengatasi bibir Anda yang kering. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C dan sifat antibakteri pada madu juga sangat berguna untuk melawan bakteri ataupun kuman penyebab masalah pada bibir, seperti sariawan.

Tomat

Selain menggunakan madu, Anda juga bisa memanfaatkan tomat. Sama halnya seperti madu, tomat kaya akan vitamin C yang sangat ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya pun mudah yaitu, iris tomat tipis-tipis kemudian oleskan irisan tomat tersebut pada bibir. Diamkan selama 2 hingga 5 menit dalam setiap harinya.

Wortel

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin dan nutrisi pada wortel juga sangat baik untuk mengatasi bibir kering. Caranya, parut satu buah wortel lalu peras hingga keluar sarinya. Minum sari wortel tersebut dan gunakanlah ampas sisa perasan wortel tersebut pada bibir hingga merata. Selain dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, cara ini juga dapat membuat bibir Anda lebih sehat dan cerah.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara alami. Baca juga artikel lainnya cara mengatasi bau mulut secara alami.