Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, akan tetapi bayi pun dapat mengalaminya. Tak perlu khawatir ataupun cemas ketika si kecil mengalami cegukan. Karena cegukan yang terjadi dapat hilang dengan sendirinya dan tidak membahayakan kondisi kesehatan si kecil. Cegukan yang terjadi pada bayi biasaya disebabkan karena bayi mengalami perubahan emosi.

Cara Mengatasi Cegukan

Meskipun tidak berbahaya, cegukan yang pada bayi yang berlangsung lama, tentu saja dapat menyebabkan bayi tidak nyaman serta dapat menyebabkan bayi rewel, tidak mau makan, batuk-batuk bahkan muntah.

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Tahukah Anda bahwa cegukan terjadi ketika otot-otot diafragma tiba-tiba berkontraksi yang disebabkan oleh stimulasi atau iritasi pada otot. Menurut beberapa dokter anak yang terkemuka, cegukan biasanya disebabkan oleh aktifitas makan atau minum seperti menyusu ASI, susu formula ataupun makanan lainnya. Tak hanya itu saja, cegukan pada bayi juga dapat disebabkan karena penurunan suhu bayi secara mendadak, seperti mandi air dingin ataupun bayi terkena udara dingin. Bayi yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) biasanya akan sering mengalami cegukan disertai batuk, muntah dan sering menangis.

Nah jika bayi Anda sering mengalami cegukan, berikut adalah cara mengatasi cegukan pada bayi yang dapat Anda coba.

Inilah cara mengatsi cegukan pada bayi

Ubah posisi ketika menyusui

Selain dapat menyebabkan perut kembung pada bayi, posisi menyusui yang tidak tepat juga dapat membuat bayi Anda menelan udara yang berlebih. Hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya cegukan. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah mengubah posisi ketika menyusui. Pastikan si kecil tidak menelan udara dari luar. Apabila cegukan yang dialami bayi lebih sering, sebaiknya hentikan sementara memberikan ASI, karena ini dapat menyebabkan bayi tersedak.

Tepuk-tepuk punggung bayi

Jika cegukan belum juga berhenti, Anda juga bisa melakukan cara lainnya yaitu dengan cara menepuk-nepuk punggung bayi. Caranya, sandarkan bayi secara tegak menghadap Anda dengan kepala berada di bahu Anda, kemudian tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam. Lakukan hal ini hingga cegukan yang dialami berhenti.

Mengusahakan bayi bersendawa

Cara mengatasi cegukan selanjutnya adalah dengan mengusahakan bayi bersedawa setelah mendapatkan ASI. Dengan bersendawa tentu saja ini dapat membantu bayi untuk mengeluarkan udara yang berlebih yang ada di dalam perut. Agar bayi lebih mudah bersendawa, caranya adalah memposisikan bayi Anda berada dibagian pundak.

Membuat jadwal makan yang teratur

Memberikan makanan secara teratur pada bayi juga dapat membuat si kecil terbebas dari cegukan. Pemberian makan yang baik adalah sebelum lapar dan menghentikan makanan setelah kenyang. Pemberian makan teratur yang dimaksudkan adalah ketika bayi Anda sudah berusia enam bulan ke atas. Sehingga Anda dapat memberikan  MPASI  atau  makanan pendamping ASI  yang tepat.

Pijat punggung bayi

Cara berikutnya adalah dengan memijat punggung bayi. Memijat perlahan bagian belakang, salah satunya punggung bayi dapat membuat bayi Anda lebih tenang. Sehingga hal ini dapat membuat cegukan yang dialami semain berkurang.

Pilih botol susu yang tepat

Jika si kecil tidak minum ASI, maka yang perlu Anda perhatikan adalah botol susu yang ia gunakan. Perhatikan apakah kempeng botol susu tersebut memiliki lubang yang terlalu besar atau kecil. Pastikan lubang kempengnya memiliki ukuran yang lebih kecil, dan tentu saja hal ini dapat mencegah udara masuk ke dalam tubuh.

Hentikan dulu proses menyusui bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan menghentikan terlebih dahulu proses menyusui bayi. Sandarkan si kecil tegak menghadap Anda dengan kepalanya di bahu Anda. setelah itu tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggunnya sama seperti ketika Anda menyendewakannya. Hal yang satu ini dapat membantu bayi Anda untuk mendorong udara dari diafragma ke atas dan bisa mengatasi cegukan. Setelah cegukannya berhenti, Anda bisa menyusuinya kembali.

Peluk bayi

Meskipun terlihat sepele akan tetapi pelukan dan dekapan ketika bayi mengalami cegukan juga dapat mengatasi hal ini. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk memberikan pelukan kepada bayi ketika ia mengalami cegukan.

Beri bayi makan sedikit demi sedikit

Cara berikutnya adalah dengan cara memberi bayi makan sedikit demi sedikit. Jika si kecil sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) sebiknya berikanlah ia makanan sedikit demi sedikit. Selain dapat mencegah gangguan pencernaan pada bayi, memberikan makanan sedikit demi sedikit juga dapat mencegah cegukan pada bayi.

Tenangkan bayi

Ketika si kecil lapar pastinya ia akan bersemangat ketika menyusui. Padahal hal ini dapat menyebabkan cegukan dan bahkan perut kembung pada bayi. Ini karena ketika bayi terlalu bersemangat dan kurang tenang pastinya dapat membuat udara masuk ke dalam diafragmanya. Jika sudah begini Anda harus menenangkan si kecil dan gosoklah punggungnya secara perlahan untuk mengatasi cegukan.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi cegukan pada bayi. Baca juga tips memilih susu formula yang bagus untuk bayi.

Loading...
bagaimana menghilangkan cegukan yang berlangsung - www cara mengacilkan liher belakang bayi kembung -