Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

By Categories : Tips Perawatan

Rambut merupakan aset yang berharga bagi setiap orang, terutama wanita. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya bahwa rambut adalah mahkota bagi wanita. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menjaga rambutnya. Mereka selalu menjaga agar rambut tetap sehat, melindungi rambut dari sinar matahari, bahkan untuk merawatnya biasanya orang rutin pergi ke salon. Hal ini dilakukan karena rambut yang indah, rapi, dan sehat akan membuat rasa percaya diri bagi setiap orang.

Namun terkadang karena kesibukan seseorang, kesehatan rambut sering diabaikan. Terutama bagi mereka yang sering beraktifitas di luar ruangan. Karena kurangnya perawatan seringkali rumbut menjadi berketombe. Parahnya, jika kondisi kulit kepala tidak sehat orang akan mengalami kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan. Hal seperti ini sangat ditakuti setiap orang di dunia ini. Untuk menjaga agar rambut terhindar dari kebotakan, berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami.

ad

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat

Rambut yang rontok akan mudah teratasi jika Anda melakukannya secara rutin. Bagi Anda yang mengalami masalah rambut ini, coba ikuti tips sederhana mengatasi rambut rontok berikut ini :

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah terkenal dari dulu yang digunakan untuk merawat rambut. Bahkan produk-produk perawatan rambut sekarang banyak yang menggunakan lidah buaya seperti shampo dan tonik rambut. Kandungan mineral dan vitamin pada lidah buaya dapat bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan menjaga kulit kepala Anda agar tetap sehat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan batang lidah buaya kemudian potong menjadi dua. Kemudian dari potongan tersebut akan keluar lendir yang dapat Anda oleskan ke bagian kepala secara merata. Pijat kulit kepala Anda agar kandungan dalam lendir lidah buaya dapat meresap. Yang terakhir, bungkus rambut Anda dan diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air.

Menggunakan daun seledri

Daun seledri mempunyai kandungan vitamin, kalsium, natruim, dan zat besi. Kandungan yang terdapat di dalam daun seledri dapat membuat rambut Anda menjadi kuat dan berkilau. Selain itu daun seledri juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Untuk melakukannya Anda perlu menyiapkan 10 helai daun seledri yang sudah dibersihkan. Kemudian tumbuk seledri hingga halus, agar lebih mudah Anda bisa menggunakan blender. Setelah halus, oleskan dan pijat hingga merata di kulit kepala Anda. Diamkan selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih.

Menggunakan teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu teh hijau dipercaya mampu membuat rambut Anda lebih kuat. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin E, dan provitamin.Vitamn C yang terdapat pada teh hijau akan melindungi rabut dari sinar matahari secara langsung.

Cara menggunakannya adalah seduh teh hijau dengan air bersih hingga kental. Kemudian diamkan rebusan tersebut hingga basi. Biasanya memerlukan waktu satu malam. Setelah basi, oleskan ke rambut Anda dan pijat hingga merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

baca juga : manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh

Menggunakan jeruk nipis

Selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah dengan mengiris buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Kemudian Anda usapkan ke kepala Anda hingga rata. Setelah itu diamkan sekitar 15 dan bilas menggunakan air bersih. Anda juga dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe di rambut.

Menggunakan Bawang putih

Bahan alami yang biasa digunakan untuk bahan masakan ini ternyata mampu mengatasi rambut rontok secara ampuh. Selain mudah didapatkan, cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit. Anda cukup menghaluskan bawang putih menggunakan blender. Setelah halus Anda oleskan ke seluruh rambut sebelum tidur.

Diamkan hingga semalam dan Anda dapat membilasnya di pagi hari menggunakan air dan shampo penumbuh rambut agar lebih maksimal.

Menggunakan yoghurt

Tips mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt. Caranya adalah Anda harus memilih yoghurt tawar kemudian oleskan ke bagian rambut. Lakukan seperti halnya sedang creambath, Anda pijat pelan kulit kepala Anda. Diamkan sekitar 5 menit kemudian bersihkan menggunakan air.

Menggunakan Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki banyak manfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Selain kesehatan, madu juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah mengatasi rambut rontok. Madu merupakan bahan alami yang mampu menyuburkan rambut dan lebih kuat.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu keseluruh permukaan kulit kepala. Kemudian lakukan pemijatan selama 10 menit. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin akan hasilnya maksimal.

Semoga cara mengatasi rambut rontok secara alami di atas dapat bermanfaat bagi Anda, terutama yang sudah terlanjur mengalami kebotakan. Bahan-bahan di atas juga cukup aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Loading...
cara mengatasi rambut rontok dan melembutkan rambut - cara agar rambut rontok sembuh -