Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

By Categories : Kesehatan

Secara medis sakit kepala dikenal sebagai cephalagia dimana kondisi ini menyebabkan sakit pada bagian kepala baik sebelah, penuh ataupun bagian belakang kepala. Pada umumnya ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui salah satunya yaitu asap rokok, kurang istirahat, infeksi pada telinga, telat makan hingga masalah kehidupan yang sering terjadi pun dapat menjadi penyebab sakit kepala.cara mengatasi sakit kepala bagian belakang

Jika tidak segera diatasi hal ini pastinya akan mengganggu aktivitas setiap orang yang menderitanya. Berikut adalah cara mengatasi sakit kepala bagian belakang yang dapat Anda coba.

Cara mengatasi sakit kepala secara alami

Pijat

Cara yang pertama adalah adalah dengan melakukan pijat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Salwa H, Hanna, MD seorang pemilik dan direktur medis dari Headache Clinic of Denver menyatakan bahwa seseorang yang mengalami sakit kepala dapat melakukan pijat untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan sensasi pijat yang Anda lakukan dapat mengurangi rasa sakit serta dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Aerobik

Yang kedua adalah dengan cara melakukan aerobik. Menurut National Pain Foundation latihan aerobik seperti berenang, jalan kaki serta bersepeda dapat mengurangi intensitas sakit kepala. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Headache menyatakan bahwa seseorang yang rutin melakukan latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat mengatasi dan mencegah sakit kepala.

Mengonsumsi kari

Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kari. Memang terdengar aneh, akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rowerr Research Institute di Skotlandia menyatakan bahwa rempah-rempah yang ada di dalam kari berguna untuk meredakan rasa nyeri dan juga sakit pada kepala.

Peregangan

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab sakit kepala adalah tegangnya otot kepala. Oleh karena itu, selain beristirahat secara teratur Anda juga harus melakukan peregangan otot. Hal ini bertujuan agar otot lebih rileks dan melancarkan peredaran darah yang menuju ke kepala. Sehingga hal ini akan meringankan Anda saat mengalami sakit kepala. Caranya pun sangat mudah yaitu gerakkan bahu, leher secara isometrik selama 20 menit.

Terapi panas dan dingin

Selanjutnya yaitu dengan cara melakukan terapi panas dan dingin. Caranya Anda dapat menempelkan es ke daerah pelipis dan juga Anda bisa menempelkan rasa panas ke bagian belakang leher. Menurut dokter yang berpraktik di Michigan Headache Clinic, Edmund Missina, MD menyatakan bahwa saat sakit kepala dura (lapisan otak) akan meradang. Oleh karena itu menurunkan suhu pada pembuluh darah yang melewatinya diyakini dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

Minum air putih

Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang berikutnya adalah dengan minum air putih. Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi atau kurang minum air putih. Dan yang perlu Anda ketahui adalah air merupakan komponen utama yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika Anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Dan untuk mencegah penyakit yang satu ini biasakan minum air putih 8 hingga 10 gelas dalam setiap harinya.

Biji alpukat

Selain buahnya yang enak, biji alpukat juga kaya akan manfaat. Salah satu manfaat biji alpukat adalah dapat mengatasi sakit kepala bagian belakang. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu sediakan 2 biji buah alpukat lalu parut. Setelah itu campur dengan sedikit air dan tempelkan pada dahi kurang lebih 1 jam. Selain itu, biji alpukat juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk membuat smoothies.

Mengonsumsi kentang

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kentang. Selain karena dehidrasi, sakit kepala bagian belakang juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan elektrolit, seperti kalium. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi makanan kaya kalium, salah satunya yaitu kentang. Pastikan Anda memasak kentang dengan cara direbus ataupun dibakar dengan kulitnya, dan jangan di goreng.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint

Makanan dan minuman yang mengandung mint juga sangat ampuh untuk mengobati sakit kepala. Oleh karena itu jika sakit kepala menyerang, cara terbaik dan mudah mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint, seperti teh peppermint ataupun permen mint.

Menggunakan biji wijen

Biji wijen seringkali digunakan setiap orang untuk membuat aneka kue. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, kandungan vitamin E pada biji wijen dapat membantu menstabilkan esterogen dalam tubuh sehingga dapat mencegah migrain ataupun sakit kepala. Selain itu, makanan lain seperti gandum, minyak zaitun, kentang manis, kacang-kacangan juga kaya akan magnesium yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala bagian belakang. Jika sakit kepala tidak kunjung sembuh dan semakin parah dalam setiap harinya, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Baca juga tentang Tips mengobati amandel secara alami.