Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

By Categories : Kesehatan

Nyeri atau sakit pinggang saat hamil adalah suatu kondisi yang sering dialami dan dikeluhkan oleh ibu hamil. Pada umumnya rasa nyeri dan pegal di pinggang merupakan hal wajar yang sering dialami oleh para ibu hamil. Sehingga Anda tak perlu khawatir, rasa sakit pinggang ini terjadi karena sebagai akibat dari perubahan fisik yang di alami ibu hamil  seiring membesarnya janin dalam rahim. Meskipun begitu,  sakit pinggang saat hamil dapat diatasi dan dicegah. Jika Anda mengalami hal ini, berikut cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang perlu diketahui.

sakit pinggang saat hamil

Inilah cara mengatasi sakit pinggang saat hamil

Menggunakan pakaian yang tepat

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan pakaian yang tepat. Ketika sedang bekerja ataupun sedang beraktifitas di luar ruangan, apstikan Anda menggunakan baju ataupun celana khusus untuk ibu hamil. Selain itu, Anda juga harus mengimbanginya dengan menggunakan sepatu hak rendah. Beberapa wanita hamil menyatakan bahwa menggunakan pakaian khusus hamil dapat membuat tubuh lebih nyaman.

Berlatih sikap tubuh yang baik

Mengingat bahwa janin yang Anda kandungan akan berkembang dalam setiap harinya, maka gravitasi tubuh Anda akan berpindah ke depan. Untuk mencegah Anda terjatuh akibat pertambahan berat badan ini, Anda bisa mencari sandaran untuk punggung. Beberapa sikap tubuh yang baik antara lain, berdiri dengan tegak, pastikan pundak Anda bersandar ke belakang dengan rileks. Ketika akan duduk,  pilihlah kursi yang dapat menyokong pinggang Anda dengan baik atau tempatkan sebuah bantalan kecil dibelakang punggung bawah Anda.

Tidur menyamping

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil selanjutnya adalah dengan tidur menyamping. Saat hamil,  pastikan Anda tidak tidur dengan punggung, dan sebaiknya tidur dengan posisi menyamping dan salah satu  atau kedua lutut tertekuk. Menggunakan bantal yang seukuran dengan tubuh atau menempatkan satu bantal diantara lutut  juga dapat membantu posisi tidur Anda.

Latihan fisik atau senam hamil

Aktivitas fisik yang rutin dalam setiap harinya juga dapat menjaga pinggang tetap kuat dan juga dapat mengatasi sakit pinggang selama kehamilan. Anda bisa melakukan beberapa olahraga yang baik untuk ibu hamil. Akan tetapi pastikan Anda sudah memiliki persetujuan dokter mengenai aktivitas fisik yang Anda lakukan. Apakah kondisi Anda memungkinkan untuk melakukan aktivitas ini atau tidak.

Mengangkat benda dengan posisi yang tepat

Berikutnya adalah mengangkat benda dengan posisi yang tepat. Tidak menutup kemungkinan jika ibu hamil harus bekerja. Ketika ibu hamil bekerja, ketika akan mengangkat benda, pastikan Anda berjongkoklah lalu angkat tubuh dengan menggunakan kaki dan jangan menekuknya di bagian pinggang atau mengangkat dengan pinggang Anda. jika tidak sanggup jangan terlalu dipaksakan, Anda bisa mencari bantuan orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Baca juga  obat sakit pinggang secara alami.

sakit pinggang sebelah kiri saat hamil - sakit pinggang saat hamil - sakit pinggang sebelah kanan saat hamil - cara mengatasi sakit pinggang saat hamil - sakit pinggang sebelah kiri saat hamil muda - ibu hamil sakit pinggang sebelah kanan - mengatasi pinggang sakit saat hamil - obat sakit pinggang saat hamil - nyeri sakit pinggang dikala hamil - obat sakit pinggang sebelah ibu hamil muda - mengobati sakit pinggang saat hamil - penyebab pinggang sakit pada ibu hamil - ramuan tradisional untuk sakit pinggang ibu hamil - cara mencegah sakit pinggang saat ham - cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan saat hamil -