Cara Mengatasi Telapak Kaki Kering dan Pecah Paling Ampuh

By Categories : Tips Perawatan

Cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah secara cepat memang paling diinginkan oleh setiap orang. Kaki kering dan pecah-pecah merupakan suatu masalah yang sering terjadi yang mengakibatkan rasa sakit di bagian tumit dan membuat rasa percaya diri seseorang menurun.

Kekurangan zat besi, vitamin, mineral, dan lemak omega 3 merupakan penyebab utama kulit menjadi kering dan tumit keki menjadi pecah-pecah. Banyak orang yang menganggap sepele persoalan ini, bahkan tidak sedikit yang tidak peduli dengan persoalan tersebut. Mereka beranggapan jika kulit kering dan pecah di bagian tumit dapat ditutup menggunakan sepatu dan kaus kaki. Padahal jika dibiarkan dan kondisinya semakin parah maka akan menimbulkan rasa sakit. Tumit kapalan serta membentuk garis pecah-pecah harus segera di atasi agar tidak semakin parah.

Kulit kering merupakan penyebab dari telapak kaki pecah-pecah. Selain kekurangan zat besi, vitamin, dan mineral, penyebab kulit kulit kering adalah kurangnya perhatian pada kaki. Jika retakan kulit semakin dalam maka dapat menyebabkan gangguan pada dermis. Hal yang paling parah adalah dapat mengalami pendarahan. Bagi penderita penyakit diabetes tentu hal kecil ini bisa menjadi masalah besar yang dapat menyebabkan infeksi. Dalam masalah ini Anda dapat melakukan berbagai cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah dengan bahan-bahan alami.

Cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah

Agar penanganan lebih tepat Anda harus mengetahui gejala awal tumit pecah-pecah, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kulit akan bersisik serta berwarna kemerahan.
  • Terjadi pengelupasan pada tumit kaki.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Jika lebih parah akan mengalami pendarahan.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Kering dan Pecah Secara Alami

Perlu Anda ketahui jika pengobatan secara alami merupakan langkah pertama untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Namun jika hal ini tidak memberi hasil yang diharapkan, maka Anda disarankan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

  • Cara pertama Anda dapat mengoleskan minyak sayur terhidrogenasi . Caranya adalah cuci kaki hingga bersih kemudian oleskan minyak sayur dan gunakan kasu kaki yang tebal. Lakukan hal tersebut setiap malam selama beberapa hati agar mendapatkan hasil positif.
  • Selanjutnya adalah Anda dapat mengoleskan bubur pisang matang di bagian tumit kaki yang pecah-pecah. Diamkan sekitar 10 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Cara ini juga dapat Anda kombinasi menggunakan alpukat yang diblender bersama pisang dan membentuk pasta. Campuran tersebut mengandung vitamin yang larut dalam lemak yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah berikutnya adalah dengan merendam kaki dalam jus lemon kurang lebih 10 menit. Lakukan hal ini sekali dalam seminggu hingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Kandungan pada leman mampu membantu menghilangkan sel kulit mati dengan mudah. Anda juga dapat menggosoknya menggunakan batu apung secara perlahan untuk menghilangkan sel kulit mati.
  • Menggunakan lilin parafin serta minyak mustard juga dipercaya dapat mengatasi telapak kaki kering dna pecah-pecah. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada tumit kaki Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat melakukannya setiap hari.
  • Selanjutnya adalah dengan menggunakan getah kulit pepaya muda. Caranya adalah dengan merendam kaki ke dalam air hangat yang sudah tercampur dengan sedikit garam. Setelah itu, oleskan getah kulit pepaya muda pada tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah dengan rata. Selain kulit pepaya muda, Anda juga memanfaatkan jeruk nipis, mentimun, minyak zaitun, atau ampas kopi dengan cara yang sama.
  • Tips mengatasi telapak kaki kering selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Adapun Anda dapat memanfaatkan daging lidah buaya sebagai pelembab serta nutrisi kulit dalam mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah.

Perawatan yang dilakukan secara rutin tentu akan lebih cepat menghilangkan kulit kaki kering dan pecah. Namun agar lebih mudah mengatasi hal tersebut, Anda harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kulit kaki Anda kering. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Telapak Kaki Pecah-Pecah

  • Jarang membersihkan kaki setelah bepergian atau terkena debu.
  • Faktor cuaca, salah satunya adalah cuaca dingin dan sinar matahari yang merusak kelembaban kulit.
  • Kekurangan nutrisi seperti zat besi, vitmain, mineral, dan seng.
  • Terlalu lama berdiri sehingga membuat tumit mudah retak.
  • Kaki sering terkena air secara terus menerus, sehingga kehilangan minyak alami kulit.
  • Kelebihan berat badan yang menyebabkan tekanan pada lemak di daerah tumit.
  • Faktor usia. Semakin bertambah umur maka elastisitas kulit semaki berkurang.
  • Penyakit kaki seperti eksim, diabetes, psioriasis, penyakit tiroid dan lainnya sehingga kondisi kulit kaki pecah-pecah.

baca juga : mengatasi kulit kering dan bersisik dengan mudah

Itulah beberapa cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Loading...
telapak kaki kering - obat kaki pecah pecah dan gatal - obat telapak kaki pecah dan gatal - cara membersihkan telapak kaki - telapak kaki pecah pecah dan gatal - obat telapak kaki kering - cara mengatasi kulit telapak kaki kering - mengobati telapak kaki kering - obat ramuan yradisional untuk kaki pexah2 - Cara mengatasi telapak kaki yang sakit - obat untuk penyakit telapak kaki kering - cara mengatasi telapak kaki kering - obat ampuh menyembuhkan kaki kering gatal - buah naga apa bisa untuk kaki pecah - vitamin untuk tumit -