Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah dan Kasar

By Categories : Kesehatan

Tumit pecah-pecah atau kasar merupakan masalah yang secara umum sering terjadi dan membuat seseorang menjadi tidak  percaya diri. Selain itu tumit pecah-pecah juga dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, maka dari itulah harus dilakukan penanganan untuk mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar. Nah sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar. Mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab tumit pecah-pecah dan kasar.

cara mengatasi tumit pecah-pecah
Berkaitan dengan penyebab tumit pecah-pecah dan kasar, secara medis mengatakan tumit pecah-pecah ini disebut dengan celah pada tumit yang disebabkan karena faktor-faktor tertentu diantaranya sebagai berikut :

  • Karena kekurangan vitamin, mineral dan asam lemak omega 3
  • Kondisi kulit kering atau xerosis
  • Berat bada berlebihan
  • Faktor cuaca yang terlalu panas ataupun dingin
  • Terdapat beberapa penyakit kronis seperti diabetes ataupun jenis penyakit lainnya.

Berikut Cara Mengatasi Tumit Pecah-pecah dan Kasar

Menggunakan Mentimun
Bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi tumit pecah pecah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun memang sudah sangat dikenal ampuh mengatasi segala macam masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak dan masih banyak lagi lainnya. Adapun cara untuk mengatasi tumit pecah-pecah adalah cukup dengan menghaluskan mentimun, setelah itu balurkan pada bagian tumit yang  pecah-pecah dan kasar. Selain dapat menyembuhkan tumit peceh-pecah dan kasar, mentimun juga ternyata memiliki manfaat untuk membantu memutihkan tumit dengan cepat.

Pisang
Kedua, Anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar. buah pisang terbilang sangat ampuh untuk mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar. Hal ini dikarenakan dalam buah pisang memiliki kandungan vitamin c yang sangat banyak. Caranya cukup dengan melembutkan pisang sampai seperti pasta. Setelah itu oleskan secara rata pada bagian tumit Anda yang pecah-pecah. Untuk mendaptkan hasil yang maksimal lakukan secara teratur.

Menggunakan Air Mawar Gliserin
Cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar yang ketiga adalah dapat memanfaatkan air mawar dan gliserin. Campuran antara kedua bahan tersebut memang terbilang sanga ampuh untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya cukup dengan mengoleskan pada tumit kaki yang pecah-pecah pada saat akan tidur dan melakukan aktivitas di luar rumah. Air mawar dan gliserin ini juga berfungsi sebagai pelembab kulit kering.

Buah Alpukat
Buah yang sudah sangat terkenal dengan manfaat yang dimiliki bagi kesehatan ini ternyata menyimpan khasiat lain di dalamnya yaitu membantu menghaluskan kulit kasar dan tumit pecah-pecah. Jika Anda ingin merasakan khasiatnya, dapat Anda coba sendiri di rumah. Caranya cukup dengan mengambil daging buah alpukat dan lembutkan sampai berubah menjadi pasta. Kemudian oleskan langsung pada tumit kaki Anda yang peceh-pecah dan kasar.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar yang dapat Anda ketahui.Baca juga artikel Cara Menghilangkan Kutu Air di Telapak Kaki