Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

By Categories : Nutrisi

Memiliki kulit putih dan mulus adalah impian bagi setiap orang, baik wanita ataupun pria. Bagi sebagian orang bekas luka merupakan hal yang sangat mengganggu penampilan. Terutama di bagian wajah, paha ataupun daerah yang terlihat lainnya. Tak jarang permukaan kulit pun menjadi tidak rata. Biasanya bekas luka akan menimbulkan warna keputih-putihan atau warna gelap pada kulit Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Hal ini menyebabkan seseorang terutama wanita berusaha menghilangkan dengan cara apapun, misalnya ke dokter atau membeli krim pembersih luka. Dan bahkan ada juga seseorang yang nekat melakukan operasi plastik untuk mengembalikan kecantikan ataupun ketampanan wajahnya. Namun, tidak semua yang dianjurkan dokter, krim pembersih luka ataupun operasi plastik bisa langsung menghilangkan bekas luka Anda. Selain harganya mahal, cara tersebut pun biasanya mempunyai efek samping.

Salah satu efek samping operasi plastik adalah dapat menyebabkan pendarahan, mati rasa hingga dapat mengganggu sistem kerja tubuh. Untuk itu cobalah Anda mulai menggunakan cara-cara alami yang mungkin bisa lebih efektif dan tanpa resiko. Berikut cara menghilangkan bekas luka secara alami.

Buah Pare

Walaupun rasanya pahit, buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah pare dapat digunakan untuk menghilangkan luka bakar pada kulit Anda. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet dan meregenerasi sel kulit baru. Untuk menghilangkan luka bakar, Anda dapat menjadikannya sebagai masker pada kulit yang terkena luka bakar.  Caranya hancurkan buah pare, Anda juga bisa menambahkan madu lalu oleskan pada bekas luka yang ingin Anda hilangkan. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Kunyit

Kunyit bagi banyak orang dipercaya efektif untuk menghilangkan luka bakar. Anda dapat menggunakannya sebagai masker di bagian kulit yang terluka. Caranya cukup mudah, Anda cukup menumbuk satu ruas kunyit kemudian campurkan dengan air hngga berbentuk pasta. Kemudian Anda oleskan pada bagian yang terluka, untuk lebih efektif Anda dapat elakukannya 2 kali sehari.

Madu

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Anda disarankan untuk menggunakan madu alami agar lebih efektif. Caranya, oleskan madu pada bekas luka kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah terlihat mengering bilas dengan air hangat, Anda dapat melakukannya 2-3 sehari secara rutin.

Teh Hijau

Teh hijau telah terbukti efektif menghilangkan bekas luka. Kandungan antioksidan pada teh hijau memiliki manfaat 200 kali lebih baik dari vitamin E sehingga dapat mengurangi aktivitas hormon yang menyebabkan jerawat, mengurangi peradangan kulit, mengontrol produksi minyak pada kulit, serat menghilangkan bekas luka. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda dapat menggunakan kapas kemudian basahkan dengan air daun teh hijau yang telah diseduh. Kemudian usapkan pada bekas luka yang telah dibersihkan. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan bekas kantung teh yang sudah di seduh.

Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas luka paling ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung asam amino dan ligmin yang dapat merangsang sel kulit baru. Selain itu, asam amino juga menyebabkan kulit menjadi lembab. Untuk menghilangkan bekas luka bakar, oleskan gel lidah buaya pada bekas luka yang akan dihilangkan, diamkan selama 15 menit. Setelah kering Anda bisa membilasnya hingga bersih. Anda dapat melakukannya secara rutin 3 kali sehari.

Mentimun

Mentimun juga sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Cara memanfaatkan buah yang satu ini pun sangat mudah, yaitu hancurkan buah mentimun hingga halus lalu letakkan pasta mentimun pada bekas luka. Diamkan selama 6 jam lalu bilas hingga bersih. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur dan rutin. Disarankan untuk melakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur. Selain dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka, mentimun juga sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.

Daun mint

Cara mengatasi bekas luka selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint. Tanaman yang memiliki nama latin Mentha Piperita ini seringkali digunakan sebagai bahan tambahan berbagai macam produk, seperti odol, obat kumur ataupun minyak angin. Hal ini dikarenakan tanaman ini juga memiliki beberapa vitamin serta nutrisi. Namun tak hanya itu saja  manfaat daun mint, daun mint dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka. Carannya, ambil beberapa daun mint lalu cuci hingga bersih. Setelah itu oleskan pada bekas luka Anda lalu bilas hingga bersih.

Lemon

Selain nikmat dan menyegarkan ketika dibuat jus, lemon juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah yang satu ini. caranya iris lemon tipis-tipis lalu tempelkan pada bekas luka. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus melakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.

Itulah cara menghilangkan bekas luka secara alami. Semoga cara di atas dapat membantu memutihkan kulit Anda kembali. Baca juga perawatan wajah berjerawat secara alami.