Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

By Categories : Tips Perawatan

Cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat merupakan hal yang banyak dicari. Ini menandakan jika jerawat merupakan salah satu permasalahan yang umum dialami oleh masyarakat, terutama usia remaja. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang cukup mengganggu karena biasanya memiliki ukuran yang besar.

Memiliki wajah yang berjerawat tentu tidak diinginkan semua orang. Selain tidak enak dipandang, wajah yang berjerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Salah satu jenis jerawat yang sangat mengganggu adalah jerawat batu. Jerawat yang yang memiliki nama latin cystic acne ini memiliki ukuran yang besar karena terjadinya peradangan di sekitar kulit yang berjerawat sehingga membuatnya lebih besar dibanding jerawat pada umumnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Berikut ini beberapa faktor penyebab jerawat batu yang perlu Anda ketahui.

  • Kurang menjaga kebersihan. Biasanya awal timbulnya jerawat batu adalah muncul jerawat kecil-kecil, dan jika dibiarkan maka akan semakin besar dan banyak.
  • Kulit wajah yang sensitif. Biasanya terjadi pada kulit yang peka terhadap peradangan.
  • Faktor geneik atau keturunan. Jika orang tua Anda memiliki kelenjar minyak yang berlebih maka ini dapat menurun pada Anda.
  • Pertumbuhan sel kulit tidak normal. Ini menyebabkan sel kulit mati akan lama dalam meregenerasi sehingga akan menumpuk dan terjadi peradangan.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Sebenarnya untuk menghilangkan jerawat batu ada berbagai macam cara. Seperti melakukan perawatan ke dokter dan menggunakan produk untuk menghilangkan jerawat. Namun diantara cara-cara tersebut Anda disarankan untuk menggunakan bahan alami. Perawatan menggunakan bahan alami selain lebih terjangkau juga aman untuk kesehatan kulit wajah Anda. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Bawang Putih

Mengobati jerawat batu yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bumbu dapur ini memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Cara mengatasi jerawat batu menggunakan bawang putih cukup mudah, yakni dengan memotong kecil-keci bawang putih. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Kandungan pada bawang putih mampu mencegah timbulnya jerawat baru dan menghentikan proses peradangan. Sehingga selain utnuk menyembuhkan jerawat batu juga dapat mencegah munculnya jerawat.

Sidaguri

Cara menghilangkan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan sidaguri. Cara melakukannya adalah dengan penguapan. Langkah pertama adalah rebus sidaguri dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan air rebusan tersebut pada wadah. Langkah selanjutnya Anda posisikan wajah tepat di atas wadah yang berisi air rebusan sidaguri. Lakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Kentang

Mengatasi jerawat batu juga dapat menggunakan kentang. Gunakan kentang untuk dijadikan masker wajah. Caranya adalah kupas kentang kemudian bersihkan menggunakan air.  Setelah itu haluskan menggunakan blender hingga halus. Anda dapat menggunakannya untuk masker dan diamkan beberapa saat sampai mengering. Kemudian Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat. Jika dilakukan secara teratur maka jerawat batu pada wajah Anda akan cepat hilang.

Mahkota Dewa

Tanaman ini juga memiliki khasiat untuk meenghilangkan jerawat batu dengan mudah. Jika Anda memiliki jerawat batu dan mulai meradang maka segera Anda gunakan buah  mahkota dewa agar tidak lebih parah. Hampir semua bagian dari tanaman ini bermanfaat untuk perawatan wajah. Anda dapat menghaluskan buah, umbi, dan daun mahkota dewa dan tempelkan pada kulit yang berjerawat. Mahkota dewa mengandung anti iritan dan anti radang sehingga sangat efektif dalam mengatasi peradangan dan membasmi jerawat.

Mengkudu

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah mengkudu. Buah ini memiliki aroma khas dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Cara menggunakannya adalah dengan membuat jus buah mengkudu, jadi dapat disebut pengobatan dari dalam. Caranya, bersihkan buah mengkudu dan blender hingga halus dan tambahkan sedikit gula batu. Saring jus tersebut dan panaskan hingga mendidih, dan Anda dapat meminumnya selagi hangat. Campuran mengkudu dan gula batu berguna untuk membersihkan darah yang kotor di wajah.

Setelah Anda melakukan cara di atas dan jerawata Anda mulai sembuh maka Anda harus mengetahui beberapa hal agar jerwat batu tersebut tidak tumbuh lagi. Berikut beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan.

Pencegahan Terhadapa Jerawat Batu

  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, mengandung alkohol, dan makan makanan yang terlalu pedas.
  • Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.
  • Tetap menjaga kebersihan wajah dan biasakan mencuci wajah sebelum tidur.
  • Untuk wanita, bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan make up.
  • Perbanyak minum air putih dan cobalah minum teh herbal pada pagi hari.
  • Menggunakan masker alami seperti tomat, jeruk nipis, bengkoang, wortel, dan buah-buahan lannya.

baca juga : daftar makanan penyebab jerawat

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan bagaimana cara mencegahnya yang perlu Anda ketahui.

Loading...
obat batuk pilek dewasa ampuh - Obat jamur pd telapak kaki -