Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah Akibat Jerawat

By Categories : Tips Perawatan

Cara menghilangkan noda hitam di wajah tentu bukan masalah yang mudah untuk dilakukan. Ini karena wajah merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif sehingga diperlukan perawatan khusus. Perawatan yang salah pada kulit wajah akan berisiko terjadi permasalahan baru pada wajah seperti iritasi dan sebagainya. Namun masalah ini bukan hal yang mustahil untuk dapat diselesaikan.

Noda hitam pada wajah merupakan masalah yang sering dialami oleh semua orang. Hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda, terutama bagi wanita. Setiap wanita tentu ingin memiliki wajah yang bersih, cerah, dan bebas dari noda hitam. Wanita yang memiliki permasalahan pada wajah akan merasa kurang percaya diri. Karena permasalahan tersebut banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan wajah, di antaranya adalah melakukan perawatan di salon kecantikan  dan membeli produk penghilang noda hitam.

Selain mahal, produk kecantikan tersebut biasanya mengandung bahan kimia dan memiliki efek negatif pada kulit wajah jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Padahal terdapat alternatif lain sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah, yakni menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami tentu jauh lebih baik karena aman digunakan walaupun dalam jangka waktu yang lama. Namun Anda juga harus mengetahui jenis noda hitam pada wajah agar perawatan Anda bisa disesuaikan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Alami

Noda hitam atau flek hitam pada wajah umumnya disebabkan karena jerawat. Berikut  jenis masalah noda hitam akibat jerawat yang perlu Anda ketahui.

  • Noda jerawat atrophic. Ini merupakan flek hitam akibat jerawat yang dapat menyebabkan hilangnya lapisan sel kulit wajah.
  • Noda jerawat hypertrohic. Merupakan tipe bekas jerawat yang dapat menyebabkan kulit wajah menghitam yang kemudian menimbulkan flek hitam.
  • Noda jerawat post-inflammatory pigmentation. Ini merupakan bekas jerawat yang dapt membuat kulit wajah berubah kemerahan

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah Secara Alami

Saat ini terdapat berbagai macam perawatan untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Namun dari sekian banyak perawatan Anda disarankan untuk melakukan perawatan wajah dengan bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami juga mudah didapatkan. Berikut bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam pada wajah Anda.

Buah Lemon

Buah yang satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Lemon mengandung asam sitrat yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, asam sitrat pada lemon juga dapat menumbuhkan sel-sel baru sehingga mampu mencerahkan kulit. Buah lemon baik untuk menghilangkan flek hitam di wajah, mencegah keriput, dan bintik-bintik penuaan. Saat menggunakan bahan ini biasanya terjadi efek samping speerti kesemutan dan kemerahan sementara pada kulit.

Cara menggunakanya adalah siapkan lemon serta kapas bola. Peras  buah lemon pada wadah dan tuangkan pada kapas bola. Usapkan perawan lemon tersebut di seluruh bagian wajah dan biarkan hingga mengering. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

Buah Pepaya

Cara menghilangkan noda hitam di wajah selanjutnya adalah menggunakan pepaya. Buah ini mengandung papain, yakni enzim yang mengeksfoliasi kulit serta memproduksi sel-sel kulit baru sehingga kulit akan lebih segar. Papain  juga dapat menghambat tirosinase enzim, yakni sel penghasil pigmen untuk mengasilkan melanin. Pepaya hijau atau yang masih mentah mengandung papain yang lebih banyak dibanding pepaya yang matang.

Untuk menggunakannya, Anda cukup melembutkan buah ini hingga menyerupai bubur. Kemudian usapkan pada kulit wajah yang terkena noda hitam. Jika perlu Anda juga dapat menambahakan perasan jeruk nipis. Diamkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain daging buahnya, kulit pepaya juga memiliki manfaat untuk scrub yang baik untuk lutut dan siku.

Kentang

Kentang juga dapat digunakan sebagai tips menghilangkan flek hitam pada wajah. Kentang mengandung banyak vitamin, mineral, asam lemak esensial, serta fitokimia seperti polifenol dan karotenoid. Dengan kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng membuat kentang mampu merangsang kolagen serta elastin sintesis.  Bahkan jus kentang dipercaya sebagai solusi terbaik dalam menghilangkan bintik hitam di kulit wajah. Vitamin C pada kentang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan 2 hingga 3 buah kentang. Parut kentang tersebut hingga halus dan tambahkan sedikit air. Setelah halus, peras parutan tersebut menggunakan saringan. Anda dapat menambahkan sedikit perasan jeruk nipis serta setengah sendok madu. Usapkan ke bagian wajah yang terkena flek hitam dan diamkan selama 20 menit. Langkah terakhir adalah bersihkan menggunakan air bersih.

baca juga : masker untuk mencerahkan wajah

Itulah beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selain mudah dibuat, cara tersebut juga aman untuk kesehatan kulit wajah. Agar hasilnya maksimal Anda disarankan untuk menggunakannya secara rutin.

loading...
menghilangkan minyak diwajah - apakah kentang bisa untuk menhilangkan jerawat flek hitam keriput dan kantung mata yang hitam dengan cepat tanpa efek samping - penyebab jerawat di punggung pada bumil -