Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Asam lambung merupakan salah satu penyakit pencernaan  yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Umumnya asam lambung naik sering disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan makan tidak teratur. Jika dibiarkan begitu saja, lambung akan memproduksi asam yang lebih tinggi. Dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa sakit di bagian lambung hingga ulu hati. Tak hanya itu saja, seseorang yang mengalami asam lambung juga akan merasakan nyeri pada perut kepala pusing hingga mual dan muntah.

cara mengobati asam lambung

Gejala umum asam lambung yang sering dialami oleh seseorang yang terkena penyakit ini adalah, merasa lapar, perut kembung, susah buang air besar, perut dan dada perih dan juga sering bersendawa. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Selain mengindari makanan penyebab asam lambung, berikut adalah cara mengobati asam lambung secara alami yang dapat Anda coba.

Cara mengatasi asam lambung secara alami dan ampuh

Mengonsumsi buah pisang

Cara yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi buah pisang. Selain memiliki rasa yang enak, buah pisang juga kaya akan manfaat. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang mengandung sifat anti bakteri yang dapat melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab asam lambung. Tak hanya itu saja pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung. Selain dapat mengatasi asam lambung, kandungan potasium dalam buah pisang juga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung.

Memanfaatkan kunyit

Cara yang kedua adalah dengan cara menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun kunyit juga dapat Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit asam lambung. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu bersihkan beberapa ruas kunyit kemudian parut dan peras airnya,  minumlah air perasan tersebut secara teratur tiap pagi dan sore hari.

Jahe

Cara mengobati asam lambung selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Sudah menjadi rahasia umum jika jahe memang memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara mengolah jahe untuk mengobati penyakit yang satu ini yaitu ambil beberapa ruas jahe kemudian hancurkan. Lalu seduh dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil lebih maksimal Anda juga bisa menambahkan madu. Kandungan zat baik dalam jahe mampu menetralisir asam lambung.

Cuka apel

Berikutnya dengan menggunakan cuka apel. Sama seperti jahe cuka apel juga berguna untuk menetralisir asam lambung yang berlebih. Caranya,  campurkan 1 hingga 2 sendok teh cuka apel ke dalam segelas air. Anda juga harus melakukan pengobatan ini secara rutin hingga asam lambung yang Anda derita sembuh.

Akar licorice

Saat ini akar licorice sudah banyak dijual di toko-toko herbal. Anda bisa menggunakan obat herbal yang satu ini untuk mengatasi asam lambung. Caranya, seduhlah teh akar licorice ke dalam air panas. Untuk memberikan rasa manis Anda bisa menambahkan susu ataupun kreamer. Kandungan nutrisi di dalamnya, dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam lambung naik.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengobati asam lambung secara alami.

Baca juga obat tradisional asam lambung naik tinggi.

ramuan tradisional obat asamurat - akibat asam lambung naik -