Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

By Categories : Obat

Kuku cantengan atau dalam bahas dokter adalah paronychia merupakan kuku bernanah yang disebabkan terjadinya infeksi kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada dasar kuku jari tangan atau jari kaki. Cantengan ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan ditandai dengan warna kemerah di sekelilingnya, jika sudah terdapat muncul nanah di dalamnya maka kondisinya bisa kategorikan parah. Maka dari itu perlu dilakukan segera penanganan supaya meringankan rasa sakit pada penderita. Pengobatan cantengan itu sendiri bisa dikatakan sangat mudah namun juga sedikit sulit. Hal ini karena dalam proses penyembuhnnya dibutuhkan ketelatenan dan perhatian khusus untuk menanganinya.

Burung Bayan

Mungkin Anda juga bertanya-tanya mengenai penyebab cantengan kan? Adapun penyebab cantengan itu sendiri dikarenakan oleh beberapa hal yaitu pemotongan kuku yang salah seperti kependekan atau melampaui batas, pemotongan kuku yang terlalu tajam, karena gigitan serangga dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa faktor tersebut sangat beresiko sekali menimbulkan penyakit cantengan. Hal itu dikarenakan kuku akan mudah mengalami infeksi dan memudahkan banyak bakteri yang bersarang pada kuku yang terinfeksi. Namun Anda jangan khawatir karena semua penyakit itu pasti ada obatnya dan berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengobati cantengan secara alami. Adapun penjelasannya adalah berikut ini.

Cara Mengobati Cantengan yang Bisa Anda Coba

Merendam Dengan Air Hangat

Ketika kuku mulai menandakan terinfeksi atau cantengan seperti ditandai dengan rasa gatal dan mulai sakit Anda bisa langsung merendam kuku jari Anda tersebut dengan menggunakan air hangat. Setelah itu Anda bisa mendiamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Terapi ini sangat efektif sekali jika dilakukan setiap hari untuk mengatasi atau pencegahan penyakit cantengan pada jari kuku Anda.

Daun Tempuh Wiyah

Cara mengobati cantengan yang kedua adalah dengan memanfaatkan bahan alami yaitu menggunakan daun tempuh wiyah. Tumbuhan ini dipercaya dapat mengatasi masalah cantengan, hanya cukup dengan mencampurkan daun tempuh wiyah dengan sedikt gula pasir setelah itu haluskan. Anda bisa menempelkan pada kuku jari Anda yang cantengan dan balut dengan kain kasa.

Menggunakan Daun Pacar Kuku

Selain menggunakan daun tempuh wiyah Anda juga bisa menggunakan daun pacar kuku untuk mengatasi masalah cantengan pada kuku jari Anda. Caranya hampir sama dengan menggunakan daun tempah wiyah namun perbedaannya dalam menggunakan daun pacar kuku ini ditambahkan air jeruk nipis. Lalu haluskan dan tempelkan pada bagian kuku jari Anda yang sakit dan balut dengan menggunakan kain kasa. Setelah itu Anda bisa mendiamkan selama 3 jam dan bersihkan dengan air bersih.

Menggunakan Jahe

Cara mengobati cantengan yang terakhir adalah menggunakan jahe. Bahan dapur yang satu ini juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati cantengan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba dengan menggunakan jahe. Cara penggunaannya Anda cukup mencampurkan parutan jahe dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan pada daerah kuku jari Anda yang cantengan.

Itulah cara mengobati cantengan secara alami. Baca juga Tips menaikan berat badan ideal.

cara mengobati cantengan - obat cantengan alami - cantengan - sumbinen - obat tradisional can - cara mengobati kuku kaki sumbingen - kaki uleran gatal - obat untuk sumbinen - sumbinan - obat sumbinan - obat kuku sumbinen - obat jari sumbiyen apa - cara mengobati sumbi - cara mengobati cantangan com - cara mengobati sumbinan -