Cara Mengobati Herpes Secara Tradisional

By Categories : Obat

Herpes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Jenis penyakit ini terbagi menjadi dua yaitu herpes zoster dan herpes ginitalis. Untuk jenis herpes yang sering terjadi adalah herpes zoster yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Herpes ini memiliki ciri dan bentuk seperti cacar air yang menimbulkan gelembung-gelembung dan menyebabkan kulit berwarna kemerah-merahan. Gelembung itulah yang akhirnya akan menyebarkan virus ke seluruh kulit pada tubuh. Untuk proses penularannya biasanya dapat terjadi akibat kontak langsung dengan area kulit yang terkana herpes, atau bisa menggunakan barang seperti pakaian, handuk, sabun dari orang yang terkena herpes.

Cara Mengobati Herpes Secara Tradisional

Berbeda dengan herpes simpleks atau herpes genitalis yang disebabkan oleh virus yang berasa dari hubungan atau aktivitas seksual yang tidak sehat. Jenis virus ini sangat sulit untuk dimatikan, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses penyembuhannya. Sebelum mengetahui cara mengobati herpes, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa jenis penyakit herpes. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis penyakit herpes.

Jenis penyakit herpes yang perlu diwaspadai

Herpes zozter

Yang pertama adalah herpes zoster. Herpes ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster, yaitu virus yang menyebabkan cacar air. Virus ini akan menetap di dalam sel saraf dan berdiam di sana. Akan tetapi virus ini bisa berubah menjadi aktif jika virus tersebut menerima rangsangan, salah satunya yaitu ketika daya tahan tubuh lemah disertai dengan stres dan banyak pikiran.

Gejala umum dari penyakit yang disebabkan oleh virus ini adalah nyeri, ruam dan terasa gatal. Setelah dilakukan tindakan pengobatan ruam tersebut akan menghilang, akan tetapi rasa sakit akan masih terasa selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Setiap orang biasanya menyebut penyakit ini adalah cacar api atau cacar ular.

Herpes simplex virus

Yang kedua adalah herpes simplex. Jenis herpes yang satu ini terbagi dalam dua macam, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Dari kedua jenis tersebut masing-masing penyakitnya pun memiliki karakteristik yang berbeda. HSV-1 umumnya akan menginfeksi bibir sehingga ini akan menyebabkan luka di bibir. Sedangkan HSV-2 dapat menyebabkan herpes kelamin ataupun herpes pada bibir. Herpes ini dapat menular melalui kontak secara langsung ataupun melalui air liur.

Berikut ini terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati penyakit herpes yang menyerang kulit Anda. Meskipun herpes terbilang penyakit yang tidak berbahaya, namun penyakit ini menimbulkan rasa sakit dan membuat tidak nyaman pada area tubuh. Lantas apa saja cara mengobati herpes secara tradisional? Adapun penjelasan sebagai berikut.

Berikut Cara Mengatasi Herpes Secara Tradisional

Waru Landak

Cara mengatasi herpes secara tradisional yang pertama adalah dengan menggunakan waru landak. Waru landak adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit salah satunya penyakit herpes. Caranya penggunaanya, cukup dengan menyediakan daun waru landak sekitar 10 lembar. Setelah itu tumbuk halus, lalu oleskan pada kulit Anda yang terkana herpes. Setelah itu tutup dengan menggunakan kain kasa, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan setiap hari sampai herpes kering.

Daun Binahong

Cara tradisional yang kedua adalah dengan menggunakan daun binahong. Daun binahong memang sering dimanfaatkan untuk mengatasi semua jenis penyakit dan salah satunya adalah penyakit herpes. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki kandungan antibiotik alami yang daat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka-luka ringan. Caranya mudah, tumbuk halus daun binahong setelah itu oleskan pada kulit Anda yang terkena herpes.

Daun Dewa Merah

Terakhir yaitu menggunakan bahan alami daun dewa, untuk jenis daun dewa yang sangat efektif mengatasi penyakit herpes adalah daun dewa merah. Daun dewa merah juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional penyakit herpes karena memiliki kandungan akribiotik alami. Caranya pun sama seperti yang dia atas yaitu cukup menumbuk halus, lalu oleskan pada kulit yang terkena herpes.

Teh hijau

Cara mengobati herpes selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Kandungan zat baik dalam teh hijau sangat ampuh untuk mengatasi penyakit ini. Anda bisa menggunakan teh hijau celup. Caranya, celupkan teh pada air hangat lalu kompreskan pada luka herpes. Untuk hasil yang maksimal, tekan saat mengompres dan diamkan selama 30 menit.

Jintan hitam

Berikutnya adalah dengan menggunakan jintan hitam atau habbatusauda. Caranya, siapkan saru sendok teh jintan hitam, temu putih, umbi bidara upas, brotowali dan daun sambiloto. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 liter air hingga tersisa 2 gelas saja dan minumlah secara teratur.

Cara mencegah penularan herpes

Cara paling mudah untuk mencegah penularan herpes dan kambuhnya herpes adalah tidak menggosok dengan handuk, istirahat secara tertaur, menjaga kebersihan badan, tidak menggaruk luka herpes dan jangan berbagai perlengkapan pribadi, seperti handuk, baju ataupun perlengkapan mandi seperti sabun.

Nah itulah pembahasan mengenai cara mengobati herpes secara tradisional. Jika Anda tidak ingin repot dengan cara tradisional seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa melakukan pengobatan ke dokter kulit.

obat herpes - obat herpes alami - obat alami herpes - obat tradisional herpes - cara mengobati herpes - obat herpes tradisional - obat herbal herpes - obat tradisional penyakit herpes - obat herpes tradisional yang ampuh - cara mengobati herpes secara alami - obat alami untuk herpes - obat alami herves - cara menyembuhkan herpes - obat herves - Obat penyakit herpes -