Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif

By Categories : Penyakit

Cara mengobati infeksi saluran kemih sebenarnya gampang-gampang susah. Ada yang memanfaatkan bahan alami ataupun berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalami masalah ini segeralah mengatasinya. Sebab meskipun terlihat ringan, jika dibiarkan dan tak segera diatasi infeksi yang ditimbulkan dapat menyebar ke ginjal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Infeksi saluran kemih (ISK) atau ayang-ayangan adalah jenis infeksi yang sangat umum terjadi baik laki-laki ataupun perempuan. Namun biasanya, wanitalah yang sering mengalami masalah ini terlebih ketika memasuki masa menopause, kehamilan serta seseorang yang menderita diabetes juga rentan mengalami masalah ini. ISK akan membuat penderitanya mengalami nyeri dan rasa perih ketika buang air kecil. Hal ini disebabkan karena terjadi peradangan pada salah satu bagian atau semua saluran yang terdiri dari uretra, ureter dan kandung kemih akibat terinfeksi oleh bakteri.

Lantas bagaimana cara mengetahui kita terkena infeksi saluran kemih? Umumnya ada beberapa gejala yang disa dijadikan indikasi bahwa kita terserang penyakit ini. selain rasa perih ketika buang air kecil, Anda pun akan merasakan rasa panas seperti terbakar saat buang air kecil, perubaan warna urine, lemas, demam dan juga urine yang dikeluarkan pun hanya sedikit.

Lalu bagaimana cara mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.Cara mengobati infeksi saluran kemih

Inilah Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita yang Efektif

Kompres Air Hangat

Cara yang pertama adalah dengan mengompres dengan air hangat. Ketika sedang datang bulan botol air panas juga sangat berguna bagi perempuan. Sebab air hangat yang Anda gunakan berguna untuk meminimalkan tekanan pada kantung kemih dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Tak hanya itu saja, mengompres perut dengan air hangat juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri yang Anda alami.

Baca juga makanan dan minuman yang mengandung antibiotik alami

Minum Jus Cranberry

Yang kedua adalah dengan meminum jus cranberry. Jus cranberry murni mengandung senyawa yang baik untuk membantu Anda mengatasi masalah ini. Jus ini juga mampu menetralkan pH yang ada di area kewanitaan agat bakteri penyebab infeksi tidak bisa hidup di sana. Mengonsumsi jus ini secara teratur juga sangat membantu untuk proses penyembuhan.

Minum Air Putih

Cara terbaik untuk mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan meningkatkan asupan cairan. Salah satu mencukupi asupan cairan dalam tubuh adalah dengan minum air putih. Air putih yang Anda minum tak hanya dapat membuat organ tubuh semakin sehat, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah urine yang diproduksi.

Setiap kali Anda buang air kecil tentu saja hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan sebab saluran kencing dan lainnya akan dibersihkan. Minum banyak air putih dalam setiap harinya juga akan membantu Anda untuk mengusir bakteri berbahaya. Ketika Anda merasa ingin buang air kecil, maka segeralah dikeluarkan, jangan ditahan. Sebab menahan buang air kecil justru dapat membuat masalah baru.

Konsultasikan dengan Dokter

Cara mengobati infeksi saluran kemih selanjutnya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Meskipun Anda sudah mengonsumsi obat infeksi saluran kemih alami, penting pula untuk memeriksakan ke dokter. Mintalah resep antibiotik untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Antibiotik yang diresepkan dokter juga sangat berguna agar infeksi tidak menyebar dan semakin parah.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih di Masa Mendatang

Cukupi Asupan Air Putih

Yang pertama adalah dengan mencukupi asupan air putih. Tidak harus mengonsumsi jus cranberry murni dalam setiap harinya, Anda juga bisa meminum air putih dan minuman sehat lainnya. Minum air putih dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan dapat membuat buang air kecil lebih lancar. Dan sebaiknya hindarilah minuman manis serta minuman berkafein tinggi sebab minuman tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Gunakan Pakaian dalam Dari Katun

Berikutnya adalah dengan menggunakan pakaian dalam dari katun yang bisa menyerap keringat. Sebab area lembab sangat disukai oleh bakteri. Pastikan pula untuk menggantinya setiap hari agar area genital tetap sehat tidak lembab.

Bersihkan dari Depan ke Belakang

Hindari membersihkan dan menyapunya ke arah depan. Menyapu dari arah depan ke belakang dapat mencegah  Anda menyeret kuman dari anus ke arah pembukaan uretra Anda.  Dan pastikan Anda membuang tisu bekas sekaan dengan gunakan tisu baru untuk sapuan berikutnya.

Jangan Berendam Saat Mandi

Anda juga sebaiknya menghindari berendam saat mandi, pastikan Anda mandi dengan air mengalir. Hal ini bertujuan agar bakteri yang menempel di tubuh bisa pergi bersama dengan air yang Anda gunakan. Sedangkan berendam di dalam bak mandi, dapat meningkatkan risiko Anda terserang infeksi akibat bakteri tersebut.

Baca juga efek samping antibiotik tanpa resep dokter untuk kesehatan tubuh

Demikianlah ulasan mengenai cara mengobati infeksi saluran kemih pada wanita lengkap dengan cara mencegahnya.

Loading...
Apakah Air hangat dapat mencegah penderita kemih - obat isk yang paling efektif - obat infeksi saluran kemih yang paling efektif - mengobati lemas efek sakit infeksi kandung kemih - mengobati isk dengan air putih - mengobati isk dengan air hangat - isk minum air putih - cara mengatasi infeksi saluran kemih terefektif - buah naga bgus tuk mengobati penyakit isk - tidak ada rasa saat hamil bahakah -