Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Menurunnya daya tahan tubuh bisanya ditandai dengan mudah sekali terkena penyakit seperti flu, demam, sakit tenggorokan, batuk dan terjadi infeksi-infeksi lainnya. Musim pancaroba seperti sekarang memang membuat orang sangat rentang mengalami penurunan imunitas atau daya tahan tubuh, maka dengan begitu tubuh akan mudah dikuasai oleh virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit. Maka dari itulah dibutuhkan cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh tersebut? Tapi sebelum kita membahas hal itu, kita ketahui terlebih dahulu penyebab penurunan daya tahan tubuh.

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Penyebab penurunan daya tahan tubuh sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya cuaca, dehidrasi dan aktivitas yang terlalu berat. Cuaca yang terlalu panas memang menjadi salah satu penyebab utama penurunan daya tahan tubuh. Apalagi disertai aktivitas yang terlalu berat, tanpa memperdulikan asupan cairan dalam tubuh sehingga tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi itulah yang akan semakin memicu terjadinya penurunan daya tahan tubuh. Berikut akan kami jelaskan mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun penjelasannya sebagai berikut!

Inilah Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak Minum Air

Tubuh terdiri 70% atas air, jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Karena air memiliki fungsi untuk membuang toxin yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu penuhi asupan cairan secara maksimal. Selain jika kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi, tentu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam meleawan berbagai bakteri dan virus yang merupakan sumber penyakit pada tubuh.

Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kedua makanan tersebut memang sangat menyehatkan tubuh. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang penting melindungi tubuh terhadap penyakit. Adapun cara terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah secara mentah atau dengan memasaknya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Karena manfaat olahraga bagi tubuh dapat membuat metabolisme meningkat. Selain itu pada saat melakukan olahraga dan keringat bercucuran, maka itu tandanya banyak racun yang dilepaskan sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar.

Melakukan Istirahat yang cukup

Cara terakhir untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Karena pada saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Selain itu tubuh juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit flu, batuk yang disebabkan oleh hormon kartisol yang dipicu oleh penurunan daya tahan tubuh.

Itulah penjelasan mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Manfaat karbohidrat bagi tubuh.