Cara Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

By Categories : Kesehatan

Meningkatkan metabolisme dalam tubuh sesuatu yang sangat penting, karena dengan meningkatkan metabolisme  dalam tubuh berarti juga meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh kita. Metabolisme itu sendiri adalah istilah yang berasal dari bahasa yunani yang berarti perubahan dan transformasi.

Meningkatkan Massa Otot

Maka bisa diartikan metabolisme adalah proses yang terjadi di dalam tubuh yang dapat mengubah asupan makanan dan minuman menjadi energi untuk menunjang aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Ketika metabolisme dalam tubuh lambat maka akan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan.

Sehingga meningkatkan metabolisme tubuh berarti mempercepat reaksi kimia yang ada di dalam tubuh. Adapun penyebab metabolisme tubuh seseorang lambat adalah karena perilaku seseorang yang tidak banyak bergerak atau olahraga, faktor usia, gaya hidup dan lainnya. Sekarang ini banyak orang kesulitan untuk menurunkan berat yang disebabkan karena metabolisme dalam tubuh yang lambat.

Nah sekarang Anda sudah tahu apa itu metabolisme dan akibat dari lambatnya metabolisme dalam tubuh. Maka dari itu berikut ini akan dijelaskan secara lengkap cara-cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh untuk Anda. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Cara Penting Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Massa Otot

Meningkatkan massa otot adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Untuk meningkatkan massa tubuh Anda tidak cukup melakukan cardio saja melainkan juga harus sering melakukan latihan. Hal tersebut dikarenakan otot memerlukan lebih banyak kalori sebagai salah satu pertahanan sistem metabolisme dalam tubuh setiap hari.

Istirahat Yang Cukup

Usahakan Anda mendapatkan jumlah istirahat atau tidur yang cukup, karena hal ini sangatlah penting untuk menjaga metabolisme dalam tubuh kita. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa kondisi dimana seseorang tidak memiliki waktu untuk melakukan istirahat yang cukup, maka akan meningkatkan resiko untuk terkena obesitas dan diabets. Kedua penyakit tersebut memang memiliki keterkaitan yang sangat erat pada metabolisme dalam tubuh.

Memperhatikan Pola Makan Yang Baik

Pola makan juga memiliki keterkaitan yang sangat berpengaruh terhadap kondisi metabolisme dalam tubuh. Jika seseorang menunjukkan tanda-tanda seperti mudah sakit, berat badan mengalami peningkatan dan penurunan secara drastis maka bisa dipastikan ia mengalami kekurangan metabolisme dalam tubuh yang dikarenakan asupan makanan yang tidak baik. Maka sebaiknya Anda mengonsumsi makanan lebih rendah 1200 kalori setiap harinya untuk membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

Meningkatkan Asupan Omega 3

Berikutnya adalah dengan cara meningkatkan asupan omega 3. Manfaat yang didapatkan ketika mengomsumsi omega 3 asam lemak setiap harinya dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 400 perharinya ketika Anda melakukan olahraga. Selain itu manfaat olahraga juga dapat membantu mengontrol berat badan Anda.

Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi

Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, makanan kaya kalsium juga digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain kaya akan kalsium, makanan seperti susu, oatmeal dan juga sereal kaya akan karbohidrat kompleks dan juga serat. Kandungan tersebut sangat berguna untuk menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap normal serta dapat mempercepat pembakaran kalori tubuh.

Mengonsumsi Daging 

Cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh selanjuntya adalah dengan mengonsumsu daging. Beberapa daging yang dapat Anda konsumsi adalah daging sapi, ayam, domba muda dan juga kalkun tanpa lemak. Daging tersebut kaya akan protein yang baik untuk membentuk massa otot. Mengonsumsi protein juga akan merangsang tubuh untuk mencerna sehingga pembakaran kalori dapat berlangsung lebih banyak. Akan tetapi Anda harus tetap hati-hati karena kalori yang berlebih akan tersimpan di dalam tubuh.

Konsumsi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan denyut jantung, sehingga ini membuat kalori dalam tubuh akan terbakar. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25%? Akan tetapi Anda pun tetap harus berhati-hati karena jika Anda memiliki saluran pencernaan yang sensitif, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Konsumsi Kopi dan Teh Hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika kedua minuman tersebut memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kopi dan teh hijau mengandung kafein dan EGCG yang dapat meningkatkan denyut jantung dan mempercepat kinerja saraf otak. Sehingga kalori tubuh dapat terbakar lebih banyak.

Hindari Diet Ekstrim

Yang dimaksud dengan diet ekstrim adalah diet yang mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori kurang dari 1000 kalori per hari. Meskipun dapat membantu berat badan, akan tetapi diet ekstrim juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan nutrisi untuk menjaga level metabolisme tetap optimal.

Demikian penjelasan mengenai cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan karena metabolisme memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Baca juga artikel tentang Jenis makanan rendah kalori yang baik untuk tubuh.

tanda kurang metabolisme dan cara mengibatinya -