Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dengan Cepat

By Categories : Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum  jika sebagian besar wanita biasanya akan mengalami kenaikan berat yang cukup drastis. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menganggu penampilan dan kesehatan tubuh. Sehingga untuk menjaga kesehatah dan penampilan tubuh tak jarang para ibu melakukan berbagai macam hal seperti diet ketat dan olahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh mereka.

cara menurunkan berat badan

Dalam berolahraga, dr Michael Triangto, SpKO  tidak menganjurkan para ibu berolahraga di pusat kebugaran dan menggunakan  peralatan angkat beban. Ini dikarenakan setelah melahirkan para wanita setelah melahirkan belum mempu melakukan aktivitas normal seperti biasanya. Ia pun menyarankan untuk melakukan olahraga di rumah dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menurunkan berat badan secara alami setelah melahirkan.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami setelah melahirkan

Jangan terburu-bubu menurunkan berat badan

Setelah melahirkan umumnya berat badan wanita akan bertambah sekitar 12 hingga 16 kg. Dan normalnya berat badan tersebut dapat turun hingga 4 kilogram dalam setiap bulannya. Dalam menurunkan berat badan, salah satu kunci suksesnya adalah jangan terburu-buru dalam menurunkannya. Seorang ahli gizi Rira Ramayulis DCN, M.Kes menganjurkan jangan terburu-buru dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Karena  setelah melahirkan juga memerlukan gizi untuk mengembalikan stamina tubuh.

Mengonsumsi buah dan sayur

Yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur juga merupakan salah satu makanan sehat yang jangan lupa untuk memasukkannya dalam daftar makanan.Waktu terbaik untuk mengonsumsi buah dan sayur adalah sebelum dan sesudah makan. Sehingga ini akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Tak hanya itu saja hal ini juga merupakan salah satu cara meningkatan produksi ASI agar lebih lancar.

Lakukan olahraga ringan

Seperti yang dituturkan dr. Michael, olahraga ringan juga merupakan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan ibu setelah melahirkan adalah mengangkat beban, sit up, push up atau menggendong bayi. Beberapa olahraga tersebut sangat ampuh untuk mengencangkan otot, mengecilkan perut dan pastinya menurunkan berat badan.

Menghindari gorengan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya  adalah menghindari gorengan. Gorengan kaya akan lemak jenuh yang dapat membuat berat badan turun lebih lama. Jika lemak yang terbentuk ketika hamil tidak segera dihilangkan dalam kurun waktu 2 tahun, maka akan sulit untuk dibakar. Tak hanya itu saja gorengan juga dapat menaikkan kada kolesterol kahat dalam tubuh.

Hindari menurunkan berat badan secara drastis

Penurunan berat badan pun jangan dilakukan secara drastis. Jika hal ini terjadi biasanya akan mengalami gangguan kesehatan, seperti penurunan imunitas tubuh, infeksi, batuk dan flu. Tak hanya itu saja penurunan berat badan secara drastis juga dapat menimbulkan gangguan metabolisme, osteoporosis dan anemia.

Demikianlah ulasan mengenai cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan cepat dan alami.

cara agar menurunkan berat badan sesudah melahirkan -