Cara Menyembuhkan Amandel Pada Anak Secara Alami

By Categories : Penyakit

Cara menyembuhkan amandel pada anak secara alami dan tanpa obat sebenarnya gampang-gampang susah. Namun di rutin mengobatinya, masalah kesehatan ini dapat dengan mudah teratasi. Apakah saudara atau bahkan Anda sendiri mengalami masalah kesehatan ini? Jika iya, tak perlu khawatir karena kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi dan menyembuhkan amandel pada anak yang tepat.

Siapa yang tidah tahu amandel? Hampir semua orang pasti amandel. Ya, amandel merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di belakang tenggorokan. Amandel sendiri sering disebut sebagai organ penangkal kuman dan penyakit. Meskipun tidak salah, pendapat tersebut juga tidak sepenuhnya benar? Mengapa demikian? Dr dr Cita Herawati Sp THT-KL dari RS Kanker Dharmais mengatakan amandel merupakan organ yang bergungsi untuk menangkal infeksi, baik infeksi virus atau bakteri.

Hanya saja, manfaat amandel hanya bisa dirasakan sampai manusia berusia lebih 12 tahun. Setelah daya tahan tubuh sempurna kira-kira di usia 12 tahun, amandel akan kehilangan fungsinya. Amandel pelan-pelan juga akan mengecil dan hilang sendiri namun ada pula amandel yang tidak hilang meski usia sudah mencapai usia 12 tahun. Jika hal ini terjadi maka amandel yang sudah kehilangan fungsinya justru digunakan sebagai sarang kuman penyakit.

Akibatnya hal tersebut menyebabkan masalah kesehatan seperti radang amandel, radang tenggorokan dan lainnya. Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi pada anak? Apa yang harus dilakukan? Untuk mengetahui cara menyembuhkan penyakit amandel yang tepat simak saja ulasan berikut ini.cara-menyembuhkan-amandel-pada-anak

Cara Menyembuhkan Amandel Pada Anak Tanpa Operasi

Pemberian Obat

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika pemberian obat amandel merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan gejala penyakit amandel yang menyakitkan, seperti susah dan sakit tenggorokan saat menelan makanan, bau mulut tak sedap dan masih banyak lagi. Biasanya, penderita amandel akan diberikan obat seperti analgetik, obat kumur, antipiretik, antibiotik spektrum luas sesuai dengan indikasi.

Baca juga obat sakit amandel paling ampuh dan mujarab

Jika Anda merasakan tanda dan gejala seperti batuk, sakit saat menelan, nyeri tenggorokan, tidur mendengkur disertai demam, waspadailah penyakit amandel dan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan diagnosis yang tepat.

Istirahat Cukup dan Perbanyak Asupan Vitamin C

Yang kedua adalah dengan beristirahat cukup serta memperbanyak  asupan vitamin C. Istirahat cukup dan vitamin C sangat baik untuk menguatkan sistem imun serta berfungsi untuk memperbaharui sel-sel tubuh yang rusak karena sakit.  Selain karena amandel, jikalau tubuh sedang tak enak badan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen dan makanan sumber vitamin C serta tidur teratur agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Selanjutnya adalah hindari makanan pedas dan berminyak. Tetap mengonsumsi makanan pedas dan berminyak saat amandel meradang sangat tidak disarankan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan amandel semakin membengkak dan meradang. Hindari pula makanan panas, sebab dapat membuat tenggorokan serta amandel makin teriritasi.

Sebaiknya konsumsilah minuman yang hangat serta makanan sehat yang dapat mempertahankan imunitas tubuh. Lengkapi pula dengan rutin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat agar amandel bisa sembuh dengan sendirinya.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan amandel pada anak selanjutnya adalah dengan minum air putih secara teratur minimal 8 gelas air putih dalam setiap harinya. Air putih dapat membuat racun, virus serta bakteri yang ada di tubuh cepat keluar melalui urine saat buang air kecil ataupun melalui keringat saat berolahraga.

Dengan Menggunakan Jintan Hitam

Jintan hitam merupakan obat sakit amandel alami yang sering digunakan oleh semua orang. Saat ini pun ada banyak sekali produk herbal yang menggunakan jintan hitam sebagai bahan utamanya. Cara mengobati amandel dengan menggunakan jintan hitam pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengonsumsinya secara bertahap agar amandel akan sembuh dan tidak meradang lagi.

Bawang Merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga merupakan salah satu makanan yang mengandung antibiotik alami. Antibiotik alami pada bawang merah dapat membantu tubuh untuk mengurangi infeksi serta peradangan yang terjadi pada amandel.

Lakukan Tindakan Operasi

Melakukan operasi pengangkatan amandel mungkin sangat disarankan jika amandel sudah parah dan tidak bisa disembuhkan dengan cara di atas. Untuk mengetahui indikasi perlu tidaknya operasi, perlu dilakukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Selain itu, Sebelum operasi Anda harus mengetahui apa saja efek samping dari operasi amandel. Meskipun tidak berbahaya dan sering dialami oleh sebagian besar orang, namun operasi amandel memiliki efek samping yang cukup menganggu seperti suara berubah, sakit menelan dan lainnya.

Nah itulah beberapa cara menyembuhkan amandel pada anak yang bisa dijadikan sebagai referensi.

loading...