Cara Merawat Rambut Rontok Parah Paling Ampuh

By Categories : Tips Perawatan

Cara merawat rambut rontok parah mungkin hal yang paling dicari oleh sebagian besar wanita di dunia. Rambut rontok merupakan masalah yang paling sering dialami oleh wanita. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman karena akan berpengaruh terhadap penampilan seseorang.

Seperti yang kita ketahui jika rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Memiliki rambut yang sehat, bersih, dan berkilau merupakan keinginan semua wanita di dunia. Selain terlihat subur, rambut yang indah berkilau juga mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maka dari itu orang akan takut jika terjadi permasalahan pada rambut. Beberapa permasalahan rambut yang sering terjadi adalah kerontokan, rambut kering, dan kusam.

Jika dilihat secara normal, seseorang akan mengalami kerontokan rambut antara 50 – 100 helai per hari. Namun jika Anda mengalami kerontokan rambut yang parah maka diperlukan perawatan yang baik agar rambut Anda bisa kembali normal. Terdapat berbagai cara merawat rambut rontok parah yang bisa Anda lakukan. Saat ini banyak produk perawatan rambut yang banyak dijual di pasaran. Tetapi Anda disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami. Karena selain murah, bahan alami juga tidak memiliki efek samping.

Cara Merawat Rambut Rontok Parah

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui penyebab rambut rontok terlebih dahulu. Hal ini penting agar kebiasaan Anda yang mungkin jadi penyebab masalah pada rambut segera ditinggalkan. Penyebab rambut rontok adalah sebagai berikut.

  • Gangguan hormon.
  • Pengaruh gizi dan vitamin.
  • Penggunaan bahan kimia.
  • Salah memilih shampo.
  • Terlalu kencang mengikat rambut.
  • Penggunaan alat penata rambut, seperti catok.

Cara Merawat Rambut Rontok Parah Secara Alami

Bahan tradisional atau alami merupakan pilihan yang tepat untuk merawat rambut rontok Anda. Bahan alami tentu tidak berbahaya, selain itu bahan alami juga mudah di dapatkan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Putih Telur

Tips merawat rambut rusak yang pertama adalah menggunakan putih telur. Penggunaan bahan alami ini mampu memelihara tekstur serta kelembutan rambut Anda. Caranya cukup mudah, pertama Anda harus memisahkan putih dan kuning telur. Kemudian aduk putih telur hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta tersebut pada rambut Anda, pijat perlahan dan langkah terakhir adalah bilas dengan shampo dan air.

Bawang Merah

Bawang memiliki kandungan belerang yang tinggi sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan belerang tersebut mampu memperlancar sirkulasi darah di bagian kepala. Bawang merah juga bersifat antibakteri yang dapat menumpas kuman dan berbagai jenis parasit. Cara menggunakannya adalah Anda parut bawang merah hingga lembut  dan saring airnya. Gunakan air tersebut untuk keramas dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Santan

Cara merawat rambut rontok parah selanjutnya adalah menggunakan santan. Selain digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan, santan juga dipercaya mampu mengatasi permasalahan pada rambut, salah satunya adalah rambut rontok. Caranya adalah tambahkan parutan kelapa dan air kemudian panaskan dengan menggunakan panci hingga mendidih. Setelah itu saring rebusan santan tersebut dan diamkan hingga dingin. Gunakan santan tersebut pada kulit kepala dan diamkan hingga 30 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

Jahe

Cara alami mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah menggunakan jahe. Bahan alami yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata memiliki manfaat untuk rambut. Cara menggunakannya adalah dengan memarut jahe dan tambahkan sedikit minyak wijen dan campurkan hingga merata. Setelah rata oleskan campuran bahan tersebut pada kulit kepala  dan diamkan 10 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh, salah satunya adalah bagian rambut. Dengan asupan protein yang cukup maka kerontokan rambut dapat dicegah. Rambut akan mengalami peningkatan pertumbuhan. Untuk itu Anda disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan berprotein tinggi. Untuk sumber protein terbaik dapat Anda dapatkan dari ikan dan telur.

Vitamin B12

Selain protein, asupan vitamin B12 juga dapat digunakan sebagai cara merawat rambut rontok parah. Vitamin B12 ini mampu menjaga sel pada rambut serta dapat membut kulit kepala menjadi lebih sehat. Selain itu, vitamin B12 juga dapat membantuk tubuh untuk membentuk sel darah merah sehingga dapat membantu dalam menyediakan oksigen di dalam tubuh. Terdapat berbagai makanan yang merupakan sumber vitamin B12 terbaik, antara lain adalah daging, unggas, susu, dan telur.

Teh Hijau

Teh hijau memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah mencegah rambut rontok. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat mengalami kerontokan serta mampu memberi efek kesegaran pada rambut. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau kemudian diamkan semalam. Setelah basi, basuhlah teh hijau tersebut pada rambut kemudian bersihkan dengan air hangat.

baca juga : bahan alami penyubur rambut

Itulah beberapa cara merawat rambut rontok parah yang bisa Anda lakukan di rumah. Agar hasilnya lebih maksimal Anda dapat melakukannya secara rutin.

loading...