Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Tumor dan Kanker

By Categories : Kesehatan

Banyaknya pertanyaan dari masyarakat terkait dengan perbedaan tumor dan kanker. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mudah mengetahui perbedaan tumor dan kanker. Kedua jenis penyakit berbahaya tersebut dapat dibedakan dengan mudah. Namun karena ketidaktahuan masyarakat terhadap perbedaan tumor dan kanker menjadikan permasalahan tersendiri. Perbedaan tumor dan kanker terletak pada reaksi dan perkembangannya. Nah sebelum kita membahas mengenai cara mudah mengetahui perbedaan tumor dan kanker, alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Tumor merupakan situasi dimana sel mengalami perkembangan yang tidak wajar berupa benjolan. Menurut sifatnya, tumor dibagi menjadi dua diantaranya jinak (tidak begitu berbahaya) dan tumor ganas (berbahaya). Tumor jinak bersifat diam dan tidak melakukan invasi pada sel-sel sekitarnya. Sedangkan tumor ganas dapat melakukan invasi ke sel, jaringan hingga organ tubuh lainnya.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Sedangkan pengertian kanker adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel kanker jika tidak ditangani dengan cepat maka akan membelah diri dan menyebar luas di dalam jaringan tubuh lainnya. Karena kanker memiliki sifat yang dapat tumbuh di semua jaringan tubuh di antaranya sel kulit, sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, dan masih banyak lagi lainnya. Sama seperti tumor, kanker juga memiliki jenis diantaranya karsinoma, sarkoma, lifoma, dan leukimia.

Nah dari penjelasan di atas terkait dengan tumor dan kanker maka bisa kita simpulkan mengenai perbedaan tumor dan kanker. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Cara Mudah Mengetahui Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor

  • Tumor berbentuk benjolan yang mempunyai selaput atau kantung yang menyelimutinya.
  • Sel tumor memiliki bentuk yang sama seperti sel pada awalnya.
  • Tidak merusak jaringan lainnya, namun hanya saja dapat bertambah besar.
  • Pertumbuhan relatif lambat.
  • Cara penanganannya dengan cara tindakan operasi untuk mengangkat benjola beserta selaputnya.

Kanker

  • Terdapat benjolan namun tidak berselaput.
  • Sel kanker memiliki bentuk yang berbeda dengan sel awalnya.
  • Bertambah besar dengan merusak jaringan di sekitarnya.
  • Perkembangan atau penyebarannya sangat cepat
  • Sel kanker dapat lepas melalui peredaran darah dan kelenjar limfe kemudian tumbuh di organ lainnya (menyebar).
  • Tindakan operasi dilakukan hanya mengangkat benjolan yang terlihat dan tidak bisa menangani dengan tuntas.
  • Masih menjalani proses kemoterapi, radiasi, terapi dan lain sebagainya untuk mematikan penyebaran sel kanker yang larut dalam aliran darah dan kelenjar limfe.

Nah itulah perbedaan tumor dan kanker yang dapat Anda ketahui dengan mudah. Sekian dan semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel tentang Jenis makanan pencegah kanker prostat.

Perbedaan Tumor Dan KankerPerbedaan Kanker Dan TumorTumor KankerBeda Benjolan Tumor Dan KankerBentuk Tumor Dan KankerPerbedaan Kanker Dengan TumorBeda Nya Tumor Dengan KankerTumor Dan Kanker