Cara Mudah Smoothing Rambut Sendiri di Rumah yang Benar

By Categories : Tips Perawatan

Cara mudah smoothing rambut sendiri di rumah seringkali menjadi pilihan para wanita yang tak memiliki waktu untuk pergi ke salon kecantikan. Namun selain itu, melakukan smoothing rambut di rumah tentu saja dapat menghemat biaya.

Smoothing merupakan salah satu perawatan rambut yang tidak asing bagi kaum hawa. Dengan perawatan yang satu ini rambut akan lebih lurus, lembut dan mudah diatur. Bagi setiap wanita, memiliki rambut yang lurus, lembut dan mudah diatur adalah sebuah impian.  Karena rambut merupakan mahkota bagi setiap orang yang harus dijaga kesehatan dan kecantikannya. Tak hanya itu saja, rambut yang indah tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang jika bertemu dengan seseorang lainnya.

cara mudah smoothing rambut sendiri di rumah

Untuk mendapatkan hal tersebut salah satu caranya adalah dengan melakukan smoothing. Berbeda dengan rebonding yang hanya dapat meluruskan rambut, smoothing yang Anda lakukan dapat melembutkan dan melemaskan rambut. Tak hanya itu saja, dalam pelurusannya smoothing rambut tidak menggunakan catok hanya disisir biasa. Hasil akhirnya pun rambut masih bisa dirubah karena tidak terlalu lurus seperti jarum. Smoothing rambut sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang memiliki rambut lurus namun mengembang ataupun seseorang yang memiliki rambut bergelombang.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan smoothing rambut, tak perlu jauh-jauh pergi ke salon kecantikan. Karena Anda juga bisa melakukan perawatan yang satu ini di rumah. Selain dapat menghemat waktu, cara ini tentu saja dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Lalu bagaimana caranya? Jika Anda penasaran, berikut adalah cara smoothing rambut sendiri tanpa harus ke salon.

Inilah  Langkah dan Cara Mudah Smoothing Rambut Sendiri di Rumah

Sebelum melakukan smoothing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah kondisi rambut, mengetahui kondisi rambut berguna agar obat smoothing dan perawatan rambut yang dilakukan cocok dengan kondisi rambut Anda. Yang kedua adalah panjang pendeknya rambut. Rambut pendek umumnya lebih cepat dalam penyerapan obat yang digunakan. Hindari pendiaman yang terlalu lama setelah mengapliksikan obat, karena dapat menyebabkan kerontokan serta dapat merusak rambut.

Baca juga tips melembabkan rambut secara alami dan cepat

Langkah Pertama

Jika ingin melakukan smoothing sendiri, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan rambut dengan shampo. Setelah memastikan rambut bersih, keringkan rambut setengah kering dengan menggunakan hairdryer. Jangan terlalu kering dalam mengeringkannya, karena dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan kusam.

Langkah Kedua

Setelah rambut sudah setengah kering Anda bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian. Bisa, 2, 3 ataupun 4 bagian sesuai dengan ketebalan rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut yang tebal tak ada salahnya membaginya menjadi beberapa bagian agar obat untuk smoothing dapat meresap dan merata pada rambut.

Langkah Ketiga

Langkah yang ketiga adalah dengan menyiapkan sisir dan cream yang digunakan untuk smoothing. Setelah itu, ambil salah satu bagian rambut lalu olesi bagian rambut tersebut dengan menggunakan cream smoothing sampai merara. Pastikan cream smoothing yang Anda gunakan tidak terkena kulit kepala. Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi, yaitu perih dan gatal-gatal.

Langkah Keempat

Langkah ke empat dan cara mudah smoothing rambut sendiri di rumah selanjutnya adalah dengan mendiamkan rambut selama kurang lebih 15 hingga 30 menit. Biarkan cream smoothing tersebut meresap pada rambut. Namun hindari pendiaman yang terlalu lama. Sudah dijelaskan tadi, bahwa pendiaman yang terlalu lama dapat menyebabkan rambut rusak dan mudah rontok.

Langkah Kelima

Setelah itu, cucilah rambut dengan menggunakan air hangat sampi cream smoothing benar-benar bersih. Jika ingin menggunakan air dingin, pastikan Anda menggunakan shampoo agar creamnya dapat hilang dengan mudah. Kemudian keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan ataupun menggunakan haidryer agar semakin cepat.

Langkah Keenam

Setelah rambut kering, Anda bisa menyisirnya. Dan lihat apakah smoothing yang Anda lakukan berhasil atau tidak. Selain itu, agar hasil lebih maksimal Anda juga bisa melakukan pencatokan. Aturlah suhu catok Anda hingga 180 sampai 200 derajat. Sebelum melakukan pencatokan, jangan lupa untuk menyemprotkan anti frizz. Hindari mencatok rambut terlalu lama karena dapat menyebabkan masalah rambut lainnya.

Langkah Ketujuh

Setelah dicatok, rambut biasanya akan kering. Untuk menghindari hal ini pastikan Anda mengoleskan pelembab rambut setelah melakukan pencatokan. Apabila tidak memiliki pelembab rambut, Anda bisa menggunakan pelembab ataupun minyak rambut alami seperti gel lidah buaya, minyak zaitun, minyak kelapa ataupun minyak kemiri.

Baca juga cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami

Nah itulah beberapa cara mudah smoothing rambut sendiri di rumah yang dapat Anda coba. Beauty & Hair Trainer, Vstalin Githa menyarankan untuk tidak mencuci rambut selama tiga hari dan tidak menguncir rambut setelah melakukan smoothing. Tak hanya itu saja, jika Anda ingin mewarnai rambut sebaiknya lakukan hal ini lebih dari tiga hari setelah smoothing agar rambut tetap sehat dan terawat.

Loading...
cara smoothing rambut sendiri tanpa catok - cara smoothing rambut sendiri - cara smoothing rambut - smoothing tanpa catok - cara smoothing rambut yang benar dengan matrix - cara smoting rambut - cara smoothing rambut sendiri dengan bahan alami - cara meluruskan rambut sendiri - cara smoothing matrix - cara rebonding rambut sendiri di rumah - cara smoothing rambut matrix - cara smoothing rambut sendiri dirumah tanpa catok - cara smoothing dirumah - smoothing rambut - cara smooting rambut -