Cara Tepat Menghemat Paket Data di Android

By Categories : Uncategorized

Paket data yang boros menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Android. Paket data memang sangat penting bagi pengguna Android. Ini karena dengan adanya kuota internet pengguna dapat melakukan segala hal seperti browsing, aktif di media sosial, bermain game online, dan sebagainya. Saat ini sudah banyak sekali operator yang menawarkan paket data dengan harga yang bervariasi. Anda harus pandai memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebenarnya untuk menghemat paket data cukup mudah, namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bagi yang merasa penggunaan paket data boros dan cepat habis. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

pulsa

Gunakan Google Chrome untuk Browsing Internet

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat paket data di Android adalah dengan memilih menggunakan Google Chrome saat browsing. Chrome mampu menghemat paket data Anda karena memiliki fitur data saver. Dengan mengaktifkan fitur tersebut Chrome akan mengompres file-file yang besar sehingga tidak membuat kuota menjadi boros. Untuk mengaktifkan fitur ini, Silahkan masuk ke Chrome dan buka Setting > Data Saver > ON. Perlu Anda ketahui bahwa fitur tersebut dapat mengompres data hingga 50%.

Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi

Cara menghemat paket data selanjutnya adalah dengan menonaktifkan opsi sinkronisasi yang Anda gunakan. layanan sinkronisasi memang dapat membuat kuota internet menjadi lebih boros karena layanan ini akan meng-update semua aplikasi yang mengunakan layanan tersebut. Untuk menonaktifkan layanan ini, Anda dapat masuk ke menu setting > Accounts > kemudian pilih akun yang ingin Anda nonaktifkan. Aplikasi yang sudah tidak sinkron tidak akan otomatis tersambung ke internet sehingga akan menghemat paket data Anda.

Restrict Background Data

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan Restrict Background Data atau membatasi penggunaan data di background. Untuk melakukan cara ini Anda dapat masuk ke meu Setting > Data Usage > Tap tiga garis vertikal ke kanan atas > Restrict Background Data > Ok.

Identifikasi Aplikasi yang Menguras Banyak Paket Data

Untuk menghemat paket internet di Android Anda dapat melakukannya dengan mengindentifikasi aplikasi yang menguras banyak kuota internet. Perlu Anda ketahui bahwa setiap aplikasi pada Android membutuhkan paket data yang berbeda-beda. Jika Anda ingin lebih hemat maka Anda harus tahu aplikasi mana yang dirasa tidak penting dan menyedot kuota terlalu besar. Cara mengetahui aplikasi yang menyedot banyak kuota internet adalah Anda cukup masuk ke menu Setting > Data Usage > scroll ke bawah dan temukan aplikasi yang menyedot kuota terlalu besar. Anda dapat uninstall aplikasi yang kurang penting dan menyedot banyak paket data.

Batasi Penggunaan Data di Berbagai Aplikasi

Cara selanjutnya untuk menghemat paket data di Android adalah dengan membatasi penggunaan data di berbagai aplikasi. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting. Sebagai contoh Google Photo, Anda dapat membuka menu Setting > Back Up dan Sync. Hal tersebut dapat membuat paket data Anda menjadi lebih hemat.

Sebagai tambahan, Anda juga harus memperhatikan sinyal yang ada di daerah Anda. Tidak semua operator memiliki sinyal yang bagus. Untuk itu Anda harus menyesuaikan dengan lokasi dimana Anda berada. Selain itu, pemilihan paket data juga sangat penting. Saat ini sudah banyak sekali pilihan paket data yang ditawarkan oleh operator. Mulai dari paket internetan khusus malam, 24 jam, dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin membeli paket internet sesuai kebutuhan dapat mengunjungi website pulsabos.com. Pulsa Bos menawarkan berbagai macam pulsa, paket internetan, hingga voucher game online dan token PLN. Semua dapat dilakukan dengan mudah karena Pulsa Bos memiliki sistem transaksi otomatis 24 jam dan sangat terpercaya.

loading...