Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Saat Trimester Pertama

By Categories : Kesehatan

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang tepat seringkali ditanyakan para ibu hamil pada trimester pertama. Sebab pada masa ini ibu hamil sering mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Dan salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengonsumsi cemilan. Nah bagi Anda yang masih bingun mengenai  cemilan apa saja yang baik dikonsumsi ibu hamil muda, simak saja ulasan berikut ini.

Apakah Anda salah satu orang yang sering ngemil? Jika iya, pastinya kebiasaan ini akan selalu terbawa, meskipun Anda sedang hamil. Bagi sebagian banyak orang, ngemil adalah hal yang mengasyikkan terlebih lagi saat kita sedang nongkrong ataupun kumpul bersama pasangan, keluarga hingga sahabat. Tidak menutup kemungkinan seseorang yang hamil juga akan sering ngemil makanan yang mereka sukai.

Bagi wanita yang tidak suka ngemil, saat hamil pun mereka disarankan untuk melakukan hal ini. Mengapa demikian? Karena untuk menghilangkan rasa mual yang mereka alami. Hanya saja, tidak semua cemilan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. sebab jika tidak dikontrol dan nyemil asal-asalan justru dapat memicu masalah kesehatan pada ibu hamil. Cemilan yang bisa dikonsumsi adalah cemilan sehat yang kaya nutrisi dan gizi agar tumbuh dan kembang bayi tetap terjaga.

Lalu apa saja sih cemilan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ulasannya.cemilan sehat untuk ibu hamil

Moms, Inilah Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Kacang-kacangan

Yang pertama adalah kacang-kacangan. Ada beberapa kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi, seperti kacang mete, kacang kenari dan lainnya. Selain rasanya yang enak, kacang tersebut mengandung protein yang sangat tinggi.

Protein yang terkandung dalam kacang memiliki peranan penting untuk membangun sel-sel janin serta protein juga berguna untuk mendukung zat besi dalam proses pembentukan sel darah dan otot. Mencukupi asupan protein dalam setiap harinya, dapat menghindarkan bayi terkena penyakit marasmus ataupun kwashiorkor.

Baca juga manfaat jagung untuk hamil dan calon bayi

Salad Buah dan Sayur

Yang kedua adalah dengan mengonsumsi salad buah dan sayur. Seperti yang kita ketahui buah dan sayur kaya vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan calon ibu dan janin. Kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hindari sayuran seperti bayam, wortel ataupun tomat saat membuat salad, karena sayuran tersebut baik dikonsumsi matang daripada mentah.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah sayuran yang baik dikonsumsi mentah seperti mentimun, selada, paprika serta seledri. Sedangkan untuk buahnya, Anda bisa memilih buah-buahan kesukaan Anda. yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi salad adalah tingkat kebersihannya. Pastikan Anda mencuci hingga bersih buah dan sayur agar terbebas dari bakteri merugikan.

Keripik Bayam

Selain mengolahnya menjadi sayur, Anda juga bisa mengolah bayam menjadi camilan enak yang sehat. Salah satunya yaitu dengan membuat keripik bayam. Keripik bayam mengandung zat besi yang dapat menghindarkan ibu hamil dari serangan anemia atau kurang darah. Mineral yang terkandung di dalamnya juga berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dark Cokelat

Dark cokelat atau cokelat hitam adalah cemilan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi selanjutnya. Meskipun memiliki rasa yang tidak terlalu manis, namun dark cokelat ini kaya akan manfaat yang baik untuk calon ibu dan bayi. Salah satu manfaat cokelat hitam untuk kesehatan ibu hamil adalah untuk mencegah pre-eklamsia dan kelahiran prematur.

Selain itu, tingginya antioksidan yang ada juga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler. Untuk ibu hamil zat ini sangat berguna untuk mencegah bayi terlahir cacat. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi cokelat, karena cokelat mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan janin jika dikonsumsi berlebihan.

Kurma

Berikutnya adalah kurma. Bagi ibu hamil yang bekerja, membekali diri dengan beberapa butir kurma sangat dianjurkan. Sebab kandungan gula alami pada kurma dapat memulihkan energi yang terkuras selama melakukan aktivitas. Cemilan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi ketika jam istirahat ataupun saat waktu senggang.

Sereal gandum

Sereal gandum sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat untuk ibu hamil. Tak hanya dapat membuat perut kenyang lebih lama, sereal dari gandum juga rendah indeks glikemik sehingga sangat aman dikonsumsi oleh wanita hamil karena tak akan memicu diabetes. ketika mengonsumsi sereal gandum, Anda juga bisa mengimbanginya dengan makan buah-buahan seperti pisang ataupun apel.

Ubi

Umumnya ubi sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi bagi penderita diabetes. namun ibu hamil yang ingin nyemil ibu juga sangat disarankan. Ubi rebus mengandung beberapa vitamin serta nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi serta menjaga kesehatan ibu hamil. Nah bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga ibu hamil minum kopi, aman atau bahaya? berikut ulasannya

Nah itulah beberapa cemilan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama yang bisa Anda pilih.

Loading...
makanan pengganti nasi untuk ibu hamil trimester pertama - cemilan sehat ibu hamil trimester pertama - cemilan sehat ibu hamil - cemilan sehat untuk ibu hamil - cemilan sehat - cemilan ibu hamil - resep masakan ibu hamil trimester pertama - cemilan untuk ibu hamil - camilan yang baik untuk ibu hamil - cemilan yang baik untuk ibu hamil - cemilan sehat ibu hamil muda - pengganti nasi untuk ibu hamil muda - camilan ibu hamil - cemilan ibu - cemilan sehat trisemester pertama -