Daftar Makanan Berprotein Tinggi

By Categories : Nutrisi

Seperti yang Anda ketahui protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tahukah Anda makanan berprotein tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan masa otot. Tak hanya itu saja, protein juga berguna sebagai zat pengatur. Yaitu sebagai pembantu untuk mengatur hormon-hormon yang memiliki fungsi dalam sistem pencernaan.

Daftar Makanan Berprotein Tinggi

Oleh karena itu, setiap orang harus mengetahui berapa kebutuhan protein harian. Karena berlebihnya protein di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, alergi, memperberat kerja hati dan juga ginjal. Lantas apa saja daftar makanan yang berprotein tinggi? Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Inilah makanan kaya protein tinggi

Telur

Yang pertama adalah telur. Sudah menjadi rahasia umum jika telur kaya akan protein. Selain itu, protein yang terkandung di dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang dimilikinya dapat mencukupi kebutuhan protein harian. Dalam satu telur yang memiliki ukuran besar mengandung 3,6 gram protein dalam putih dan juga 2,7 gram protein dalam kuning telur. Meskipun kaya akan protein, namun penderita kolesterol sebaiknya menghindari kuning telur. Hal ini dikarenakan kuning telur masuk ke dalam kategori berbahaya karena tinggi akan kolesterol.

Daging

Makanan berprotein tinggi selanjutnya adalah daging. Tidak ada salahnya jika sesekali kita mengonsumsi daging kambing ataupun sapi. Ini karena kandungan protein dalam daging sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan bagi anak-anak. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein, sedangkan dalam 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein. Tak hanya mengandung protein saja, daging kambing dan sapi juga kaya akan zat besi, vitamin B12, selenium serta fosfor yang baik untuk kesehatan.

Ikan laut

Hampir setiap orang menyukai lauk pauk yang satu ini. Selain enak, dan kaya akan protein ikan juga tidak memiliki kandungan lemak yang berlebihan. Manfaat mengonsumsi ikan secara teratur tidak akan menaikkan kolesterol di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, ikan juga kaya akan asam lemak omega 3, lemak baik tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak dan mencegah lahir cacat serta premature jika rutin dikonsumsi ole ibu hamil. sumber terbaik asam lemak omega 3 bisa Anda dapatkan dari ikan salmon, tuna dan juga sarden.

Aneka produk kedelai

Aneka produk kedelai ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dalam satu cangkir kacang kedelai mengandung sekitar 29 gram protein. Selain itu, kedelai juga rendah lemak, mengandung phytochemical, saponin dan juga sam phyct. Kandungan tersebut sangat baik untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan osteoporosis. Macam-macam produk kedelai yang dapat Anda konsumsi adalah susu kedelai, tempe dan juga tahu.

Kacang almond

Makanan berprotein tinggi berikutnya adalah kacang almond. Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya nutrisi serta vitamin. Dalam 100 gram kacang almond mengandung 21,22 gram  protein. Namun tak hanya kaya protein saja, kacang almond juga kaya akan vitamin E, vitamin B, serat serta mineral penting lainnya seperti tembaga, mangan, kalium dan juga kalsium. Dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya, maka jangan heran jika salah kacang almond seringkali digunakan untuk membantu program diet, menjaga kesehatan jantung dan lainnya.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari juga biasa disebut dengan kuaci. Kuaci merupakan salah satu cemilan rendah kalori  yang sering digunakan untuk membentu program diet seseorang. Selain enak, kuaci juga kaya akan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam 100 gram kuaci dapat menghasilkan 20,78 gram protein. Selain kaya protein, biji bunga matahari juga mengandung karbohidrat serta vitamin penting lainnya.

Akibat kekurangan protein bagi kesehatan tubuh

Marasmus

Yang pertama adalah sangat rentan terhadap penyakit marasmus. Marasmus juga sering disebut dengan gizi buruk dan penyakit ini paling banyak ditemui pada bayi di bawah 12 bulan. Penyakit ini tentu cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Ciri paling umum jika seseorang terkena penyakit marasmus adalah kehilangan nafsu makan, suhu tubuh rendah, berat badan kurang dari 60% dari berat badan seharusnya, diare serya kulit di tubuh melonggar dan mengkerut.

Cahexia

Akibat kekurangan protein bagi kesehatan tubuh yang kedua adalah dapat memicu penyakit cachexia. Menurut American Journal of Clinical Nutrion penyakit ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan drastis, gagal ginjal., kanker dan bahkan kematian. Ciri paling umum dari penyakit ini adalah menipisnya otot rangka, berat badan turun yang sangat ekstrim serta kerap merasa lelah meskipun beraktifitas ringan.

Edema

Berikutnya adalah edema. Edema juga disebut sebagai retensi air, yaitu penyakit kekurangan protein yang paling sering diderita manusia. Jika darah mengalir pada tubuh tidak memiliki protein yang cukup, maka seseorang bisa mengalami gejala tekanan darah rendah, sehingga sangat mudah pusing, lemas dan malas beraktivitas.

Nah itulah beberapa daftar makanan berprotein tinggi lengkap dengan akibat kekurangannya.

makanan berprotein tinggi - makanan berprotein - makanan protein tinggi - makanan yang mengandung protein - makanan yang mengandung protein tinggi - makanan tinggi protein - makanan yg mengandung protein - makanan yang berprotein tinggi - makanan protein - makanan yang berprotein - makanan yg mengandung protein tinggi - makanan kaya protein - makanan mengandung protein - makanan dan minuman ber protein tinggi - makanan yang tinggi protein -